Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MEMBUAT DAFTAR ISI DI BLOG TERLENGKAP

Daftar isi Anda sering mendengarnya bukan? Kalimat tersebut sering Anda lihat ketika Anda sedang membaca buku, kemudian mencari judul bacaan yang ada dalam buku lewat sajian dari daftar isi buku tersebut. Hal ini tentu saja dimaksudkan agar pembaca tidak kesulitan dalam hal menemukan judul bacaan yang diinginkan, karena secara tidak sadar Anda tentu akan mencari satu persatu judul bacaan dari setiap halaman buku tersebut yang tentunya sangat melelahkan.

Nah, maka dari itu setiap buku yang kita baca selalu terdapat daftar isi. Akan tetapi, di sini kita tidak akan membicarakan daftar isi dalam buku melainkan daftar isi yang terdapat di blog. Kenapa di blog daftar isi juga diperlukan ? Cukup simpel, karena sekali lagi demi memudahkan pembaca dalam melihat seluruh isi bacaan atau konten-konten yang terdapat pada blog.

Di blog sendiri Anda bisa menambahkan daftar isi, agar semua konten artikel Anda dapat terlihat secara mudah dan jelas. Oleh sebab itu kita akan belajar bersama membuat daftar isi pada blog. Oke tidak perlu lama-lama lagi ayo kita mulai, lets go !

Cara Membuat Daftar Isi Blog Terlengkap

Bahan yang harus Anda siapkan yaitu berupa script kode sebagai berikut.

<script type="text/javascript" src="http://yourjavascript.com/23121475561/daftar-isi-blog.js"></script>
<script src="http://settingers.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=bloggersitemap"></script>
<style>
p.labels a{color: #242424; text-transform: uppercase;font-size: 14px;}
ol li{list-style-type:decimal;line-height:25px;}
.sitemap-link a{color: #242424; font-size: 12px;}
p ol li a{font-weight: bold;}
</style>

Keterangan :
  • Salin semua script di atas. 
  • Ganti alamat "http://settingers.blogspot.com" dengan alamat URL blog Anda.

#1. Login ke akun blogger Anda terlebih dahulu, pilih menu Pages (Poin 1) kemudian pilih New Page (Poin 2) untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut.
 
cara membuat daftar isi blog

#2. Pilih mode HTML (Poin 3) agar script yang dimasukkan dapat bekerja dan paste script tadi di sini kemudian ubah alamat url http://settingers.blogspot.com (Poin 4) dengan alamat URL blog Anda.

cara membuat daftar isi blog


#3. Jika sudah disimpan serta dipublikasikan, selanjutnya klik View (Poin 5) untuk mengecek laman tersebut sekaligus untuk mengetahui alamat url dari laman daftar isi tersebut.

cara membuat daftar isi blog

#4. Setelah terbuka langsung Anda salin alamat url laman daftar isi tersebut pada address bar.


cara membuat daftar isi blog


#5. Langkah selanjutnya, kembali ke akun blogger Anda. Pilih Template kemudian Edit HTML (Poin 6) guna memasukkan alamat url laman daftar isi ke dalam blog Anda.


cara membuat daftar isi blog


#6. Setelah terbuka cari kodenya biar lebih jelas lihat contoh gambar di bawah ini, kalau sudah Save template. Perlu diingat biasanya letak kode-kode html masing-masing template berbeda-beda namun kurang lebih tampilannya seperti ini.


Oke, mudah bukan caranya. Semoga dapat bermanfaat oretan saya kali ini hehe salam settingers, see you next time.