Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Layar Hp Berubah Warna Kuning (100% Cerah)

Smartphone hadir dengan beragam fitur yang dapat memanjakan setiap penggunanya. Namun, dibalik itu semua tidak sedikit juga yang mengeluhkan tentang performa ponsel pintar ini. Salah satunya adalah layar hp berubah warna.

Bukan hanya layar LCD yang berubah warna saja melainkan juga ikut memudar, hal ini bisa saja terjadi lantaran kualitas panel LCD memiliki kualitas rendah. Lebih dari itu faktor lainnya seperti hp terkena air bahkan hingga terjatuh membuat layar bergaris sampai retak-retak.

Kebanyakan layar hp dapat berubah warna menjadi hijau, hitam, putih, ungu, kuning, kecoklatan, hingga berwarna negatif jadi klise. Adapun cara mengembalikan warna layar hp Android seperti sediakala Kamu bisa memakai metode yang akan laman SemutImut berikan di bawah ini.

Nah, sebelum beranjak ke tutorial cara menghilangkan warna di layar hp Android Kamu. Kita simak terlebih dahulu tentang apa saja penyebab layar hp berubah warna sebagai berikut.

Penyebab Layar Hp Berubah Warna

Ada beberapa penjelasan kenapa layar hp dapat berubah warna, biasanya dikarenakan faktor kelalaian kita yang mengakibatkan kerusakan layar LCD hp.

Hp Terkena Air

Pernah tidak suatu saat ponsel Kamu masuk ke dalam air (kecebur), biasanya dalam beberapa waktu ponsel tidak bisa digunakan atau mati total.

Kalaupun masih menyala biasanya akan menyisakan bercak kuning pada layar hp tersebut, adapun cara mengembalikan warna layar hp karena masalah ini cukup sulit dan harus dilakukan penggantian suku cadang seperti LCD.

Sistem Hp Error

Selain dari hal tersebut layar hp yang berubah warna dan buram juga bisa datang dari hal sepele ini.

Hal ini biasanya dapat kita selidiki khususnya pada menu pengaturan temperatur warna yang berguna dalam mengatur intensitas warna di hp Android Kamu.

Permasalahannya ada di kombinasi intensitas cahaya biru yang berkurang dan mengakibatkan warna hp pudar kekuningan. Alhasil tampilan layar hp seperti kekurangan warna yang hanya terdiri dari hitam dan putih saja.

Pengaturan intensitas warna hp ini berjalan secara otomatis mengikuti kondisi ruang, apakah dalam keadaan gelap atau terang. Biasanya secara otomatis pencahayaan layar hp akan mengikuti, hal ini bertujuan agar pengguna smartphone betah berlama-lama memainkan ponselnya tanpa matanya capek.

Oleh karena itu jika terjadi perubahan warna layar hp secara tiba-tiba, kemungkinan besar disebabkan karena masalah pengaturan intensitas warna tersebut.

Nah, selanjutnya kita akan mengulas cara memperbaiki layar hp berubah warna yang sudah ada di bawah ini.

Cara Mengatasi Layar Hp Berubah Warna

cara mengatasi layar hp berubah warna
Banyak alternatif cara mengembalikan layar hp yang berubah warna mulai dari yang paling mudah hingga yang memerlukan penangan khusus.

Tutorial perbaiki layar yang berubah warna ini bisa Kamu praktikan untuk semua merk hp mulai dari Samsung, Xiaomi, Asus, Advan, Oppo, Lenovo, Realme, Vivo, dan lainnya,

Selain itu masalah seperti layar hp yang buram atau tidak cerah dan jelas, juga bisa dicoba dengan metode ini karena pada dasarnya sama saja untuk permasalahan dan penanganannya.

1. Kalibrasi Warna

Pernah menyetel intensitas warna layar sebelumnya. Nah, kali ini kita akan mencoba melakukannya.

Kalibrasi ulang warna hp memungkinkan kita mendapatkan tampilan layar hp lebih hidup.

Settingan kalibrasi warna ini dapat kita atur secara manual yang hasilnya dapat langsung kita lihat di layar hp Kamu.

penyebab layar hp berubah warna

1. Hp masih dalam keadaan hidup, silakan Kamu masuk ke menu Pengaturan (Settings).

2. Setelah itu Kamu akses menu Tampilan (Display) di Android Kamu.

3. Nah, pada bagian tersebut Kamu pili LiveDisplay. Setelah itu Kamu masuk ke bagian Lanjutan.

4. Pada bagian Lanjutan (Advanced) ini Kamu pilih Kalibrasi Warna, setelah itu Kamu atur warna layar hp Android Kamu.

5. Biasanya saya menggunakan settingan 100, artinya semua kolom (Merah, Hijau, Biru) saya isi angka 100 agar didapatkan perpaduan warna yang seimbang.

6. Terakhir Kamu pilih Oke untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Sangat sederhana sekali bukan untuk memperbaiki layar hp yang berubah warna tersebut.

2. Menu Pengaturan Layar

Sama seperti sebelumnya kita akan mencoba mengatasi layar hp yang berubah warna tersebut melalui menu Pengaturan.

Dalam hal ini kita juga dapat mengatur intensitas warna hp agar lebih seimbang.

layar hp berubah warna kuning

Langsung saja berikut langkah-langkahnya.

1. Silakan hidupkan hp Android Kamu, setelah itu masuk ke menu Pengaturan atau Settings.

2. Kemudian Kamu buka menu Tampilan atau Display, lanjut Kamu pilih LiveDisplay.

3. Nah, pada bagian ini Kamu buka opsi Suhu Pada Warna untuk mengatur intensitas warna berdasarkan temperatur.

4. Sampai pada bagian temperatur Siang dan Malam, Kamu geser poinnya ke arah kanan hingga melebihi 6500K.

5. Jangan lupa Simpan dengan memilih tombol Oke.

Semakin besar nilai poin yang digunakan semakin cerah juga layar hp Android Kamu, hal ini karena ada penambahan warna biru yang semakin menguat. Hasilnya secara perlahan warna kuning akan menghilang karena intensitasnya yang rendah.

3. Nonaktifkan Reading Mode

Terkadang tanpa kita sadari sewaktu mengutak-atik pengaturan hp kita tidak tahu efek yang akan ditimbulkannya setelah mengaktifkan suatu fitur.

Salah satunya adalah fitur mode baca atau reading mode yang memang memudahkan kita dalam membaca di smartphone melalui fiturnya yang dapat memanjakan mata kita saat menatap layar hp.

Kendati demikian fitur ini jika aktif terus, mungkin karena kita lupa menonaktifkannya. Biasanya akan membuat tampilan layar hp Android menjadi kekuning-kuningan.

layar hp berubah warna ungu

Oleh karena itu coba Kamu cek lagi apakah fitur reading mode ini masih aktif di hp Kamu atau tidak, adapun langkahnya sebagai berikut.

1. Silakan Kamu buka menu Pengaturan (Settings) di hp.

2. Jika sudah Kamu masuk ke bagian menu Tampilan (Display).

3. Terakhir Kamu nonaktifkan fitur Reading Mode tersebut.

Setelah berhasil mengubah mode baca, coba Kamu amati pastinya layar hp jadi lebih cerah bukan dan kembali normal.

Tips cara menangkap tampilan layar hp Oppo tanpa tombol dan sangat mudah dilakukan.

Alternatif lainnya

kenapa layar hp berubah warna
Kamu juga bisa mengatasi layar hp berubah warna tersebut dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi BlueLight Filter yang cocok Kamu gunakan untuk hp jadul di bawah tahun 2016 yang belum mensuport menu Pengaturan Temperatur Warna.

Aplikasi ini mampu menggantikannya dengan lebih mudah karena dapat diakses melalui notifikasi bar hp Kamu, silakan Kamu download dan instal di hp Android Kamu melalui laman Google Play Store.

Terakhir Kamu juga bisa menggunakan opsi reset hp. Tidak ada salahnya mencoba metode ini untuk mengembalikan performa hp seperti sediakala, sebelum membawanya ke tempat servis untuk diganti layar LCD hp dengan yang baru.

Sudah pernah coba belum fitur keren yang bisa membagi tampilan layar hp menjadi dua bagian? ini dia cara split screen hp Samsung yang dapat Kamu coba praktikan.

Efek Layar Hp Berubah Warna

layar hp berubah warna
Banyak sekali akibat layar hp yang berubah warna ini, salah satunya kita jadi tidak dapat menikmati lebih saat menonton film. Kita berasa kembali ke jaman dahulu saat menonton tv dengan layar hitam putih saja.

Selain itu kita jadi tidak tahu warna sesungguhnya terkait apa yang kita lihat di layar hp. Sedikit membingungkan karena harus menebak-nebak terlebih dahulu.

Mungkin itu saja sih, dampak dari layar hp yang berubah warna. Kehilangan satu warna saja akan mempengaruhi warna lainnya.

Simak juga cara mengatasi kecerahan layar hp yang tidak berfungsi dengan baik atau susah diatur.

Tidak di layar hp atau tv kebanyakan warna yang sering menghilang kalau tidak biru atau merah. Biasanya warna tersebut membuat tampilan lebih cerah dan hidup.

Banyak cara untuk mengembalikan layar hp yang berubah warna, baik menggunakan aplikasi atau melalui menu pengaturan juga sudah bisa mengatasi layar hp yang buram atau pudar tersebut.