Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Split Screen Samsung Galaxy A10 A20 A30 A50 A70

Multi window atau split screen di Hp Android Samsung kini sudah bisa dilakukan khususnya untuk Galaxy A Series seperti Galaxy A10, A20, A30, A40, A50, A60, A70, A80, dan A90. Hal ini lantaran produk smartphone Samsung terbaru tahun 2019 ini sudah didukung teknologi One UI yang memiliki tampilan layar interface yang telah disempurnakan sehingga mampu bekerja multitasking menjalankan Dual screen (Double screen).

Cara split screen di Hp Samsung Galaxy A series ini sangat mudah dilakukan, terlebih manfaat dari split screen ini banyak sekali. Fitur yang membagi dua tampilan layar dalam satu perangkat, memungkinkan kita dapat menjalankan dua aplikasi berbeda dalam satu Hp Android tersebut.

Kelebihan ini memungkinkan kita membuka dua aplikasi secara bersamaan misalnya layar satu untuk membuka WhatsApp dan layar satunya untuk membuka browser. Kita dapat aktif membaca dan membalas chat WA tanpa perlu berpindah-pindah jendela atau window pada Hp Android tersebut.

Lantas bagaimana cara mengaktifkan fitur split screen pada Hp Samsung Galaxy A Series ini?

Cara Split Screen Samsung Galaxy A10 A20 A30 A40 A50 A60 A70 A80 dan A90

Cara Split Screen Samsung Galaxy A10 A20 A30 A40 A50 A60 A70 A80 A90
Dual screen Samsung Galaxy A Series ini sebenarnya juga bisa dilakukan untuk merk Hp Android lainnya, akan tetapi biasanya kita memanfaatkan pihak ketiga untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan.

Langkah-langkah Mengaktifkan Multi Window Samsung Galaxy A Series (Semua Tipe)

1. Tahap pertama kita musti membuka salah satu aplikasi yang mau dijalankan secara bersamaan. Di sini kita ambil contoh saja untuk apk pertama yang akan dibuka yaitu WhatsAPP.

2. Setelah itu Kamu tekan tombol Home untuk berpindah ke laman utama atau beranda Hp Android kita.

3. Selanjutnya Kamu ketuk tombol Recent Apps biasanya berupa tiga tombol vertikal di navigasi bar layar Android.

4. Nah, aplikasi apa saja yang baru kita buka ada di tab Recent Apps tersebut.

5. Pilih icon aplikasi Android lalu ketuk Buka Dalam Tampilan Layar Pisah, maka secara otomatis tampilan layar Androit menjadi dua bagian.

6. Nah, untuk tahap selanjutnya Kamu tinggal menentukan aplikasi kedua untuk Kamu jalankan secara bersamaan. Di sini kita akan membuka apk Youtube, jadi nanti kita bisa tetap aktif di WA sekaligus bisa menonton video di Youtube.

7. Lantas setelah membuka aplikasi kedua maka secara otomatis tampilan layar Samsung Galaxy A Series akan terbagi menjadi dua bagian.

8. Biasanya posisi aplikasi kedua berada di bawah aplikasi pertama yang kita buka. Nah, untuk mengatur besaran baik secara vertikal atau horizontal Kamu dapat menyesuaikannya pada garis pembatas tampilan layar aplikasi.

Setelah semuanya sekarang Kamu dapat menikmati fitur split screen di Hp Android Samsung. Kamu dapat melakukan dua aktivitas sekaligus dalam satu layar smartphone.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Mode Aman di Hp Samsung

Namun, terkadang ketika mendapati error dan tidak bisa mengaktifkan multi window di Hp Samsung tersebut. Kita dapat mengatasinya dengan cara berikut.

cara split screen hp samsung galaxy a series

Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengaktifkan Multi Window

Ini adalah solusi untuk masalah split screen yang suka tidak bisa berjalan sebagaimana mustinya, terkadang suka error alhasil aplikasi jadi tidak bisa dijalankan.
  • Kamu dapat periksa di bagian Easy Mode, cek apakah fitur tersebut aktif atau nonaktif.
  • Buka Easy Mode kemudian pilih untuk menonaktifkan fitur tersebut.

Fitur Easy Mode ini sebenarnya sangat menarik karena membuat tampilan tata letak aplikasi pada layar menjadi lebih simpel dan minimalis. Namun, hal tersebut dapat membatasi fitur-fitur lainnya pada perangkat Android Samsung. Oleh karena itu kita perlu mematikan fitur Easy Mode tersebut, untuk memaksimalkan kinerja split screen.

Baca Juga: Cara Screenshot Pada Hp Samsung

Cara split screen di Hp Samsung Galaxy A Series (A10, A20, A30, A40, A50, A60, A70, A80, dan A90) semoga dapat membantu Kamu dalam membuka dua aplikasi sekaligus secara bersamaan dalam satu ponsel Android. Dual screen ini juga memudahkan kita dalam aktivitas sehari-hari seperti chatting dan browsing yang bisa dilakukan dalam satu waktu atau multitasking. Baca Juga: Cara Menampilkan Persentase Baterai Samsung Galaxy A Series