Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Mode Aman di Hp Android Samsung (Work)

Ada beragam cara menghilangkan mode aman atau safe mode di Hp Android Samsung yang bisa kita lakukan, bukan hanya melalui reset factory saja. Kita dapat menggunakan metode lainnya. Namun, sebelumnya Kamu sudah tahu belum apa maksud dari mode aman tersebut?

Maka dari itu kali ini kita akan mengulas secara lengkap mulai dari maksud dari mode aman, fungsi, penyebab, hingga cara keluar dari mode aman di Hp Android.

Pengertian Mode Aman

Mode Aman adalah sistem perlindungan dini ponsel pintar (smartphone) untuk mencegah tindakan yang bersifat mencurigakan dan berpotensi merusak sistem operasi atau perangkat lunak tersebut dengan cara mengkarantina dan menghentikan semua aplikasi dari pihak ketiga yang ada di dalam Hp Android.

Oleh karena itu tidak heran ketika muncul pesan mode aman di Hp Android, kita tidak bisa menjalankan suatu program atau aplikasi. Lebih daripada itu akses yang diberikan memang terbatas dan tidak bise leluasa seperti dalam keadaan normal.

Apa fungsi mode aman di Android?

Fungsi Mode Aman

Adapun kegunaan atau manfaat mode aman di Hp Android untuk mengetahui letak error atau kesalahan suatu sistem perangkat lunak di Hp tersebut. Selain itu di dalam mode aman kita juga bisa lebih leluasa memperbaiki celah atau bug yang terdapat pada sistem tersebut.

Sebenarnya mode aman di Hp Android ini dapat bermanfaat untuk melindungi dan menjaga sistem tetap terjaga.

Kenapa muncul mode aman di Samsung?

Penyebab Mode Aman

Beberapa penyebab munculnya mode aman di Hp Android Samsung, berikut diantaranya.

  • Terjadi kerusakan atau error suatu sistem perangkat lunak itu sendiri.
  • Adanya program atau aplikasi yang bersifat mencurigakan dan dapat merusak kinerja sistem utama.
  • Kesalahan pengguna karena tidak sengaja mengaktifkan mode aman.

Lebih dari itu penyebab Hp tiba-tiba masuk ke mode aman juga bisa diakibatkan dari pengijinan akses root pada sistem Android. Maka tidak heran jika tiba-tiba masuk ke safe mode, karena Hp Android telah di root.

Jadi sudah jelas bukan kenapa mode aman tidak bisa hilang di Hp Samsung, biasanya karena masih ada kesalahan atau error yang dapat membahayakan sistem operasi perangkat tersebut.

Bagaimana menonaktifkan mode aman?

Cara Menghilangkan Mode Aman di Hp Samsung

cara menghilangkan mode aman di hp samsung
Mematikan mode aman di Hp Android bisa kita lakukan dengan mudah, hanya dengan beberapa langkah saja kita sudah bisa menonaktifkan mode aman Samsung tersebut.

Adapun trik paling ampuh cara menghilangkan mode aman yang susah hilang yaitu dengan melakukan factory reset atau reset pabrik mengembalikan default pengaturan Hp seperti semula.

Lantas ada tidak alternatif lainnya untuk menghilangkan mode aman di Hp Samsung? Pastinya ada solusi lainnya yang lebih mudah, berikut beberapa cara keluar dari mode aman di Hp Android Samsung.

Langkah-langkah Menghilangkan Mode Aman pada Hp Samsung


1. Uninstal Aplikasi

Safe mode Samsung bisa saja terjadi karena ada sebuah program atau aplikasi yang berjalan yang bersifat mengganggu kinerja sistem utama Hp Samsung tersebut.

Kebanyakan aplikasi ini berjalan dan bisa dioperasikan setelah mendapatkan izin akses sistem root Hp Android, oleh karena itu silakan Kamu cari aplikasi apa yang sekiranya mencurigakan.

Cara untuk mencari aplikasi tersebut yaitu dengan menyortirnya langsung pada kumpulan icon aplikasi di layar Hp, setelah itu Kamu dapat melakukan penghapusan atau pencopotan aplikasi seperti biasanya.

Namun, jika masih tidak menemukan apk tersebut ada metode lainnya yaitu dengan mengakses melalui layanan Google Play Store Android Kamu.

cara menghilangkan mode aman pada hp samsung

Langkah-langkah Menghapus Apk Android

1. Jalankan aplikasi Google Play Store

2. Selanjutnya Kamu ketuk menu pada bagian pojok kiri atas.

3. Nah, Kamu dapat memilih menu Aplikasi dan game saya untuk mencari apa saja program yang sudah diinstal.

4. Lanjut ke tab Terinstall silakan Kamu cari Apk tersebut di dalam tab ini.

5. Selanjutnya Kita beralih ke menu setelan (settings) pada Hp Android.

6. Buka kategori Aplikasi untuk mencarinya.

7. Setelah Kamu tentukan apk yang ingin Kamu buang, kemudian Kamu tekan tombol Hapus Instalasi untuk melepas apk tersebut.

8. Setelah Aplikasi berhasil Kamu hapus, terakhir Kamu matikan dan hidupkan kembali Hp Samsung tersebut. Hal ini cukup penting untuk merefresh sistem perangkat Android tersebut.

Baca Juga: Cara Screenshot Hp Samsung Galaxy J2 Prime Tanpa Menekan Tombol Power

Jika masalah munculnya safe mode diakibatkan oleh aplikasi corrupt atau rusak, kemungkinan besar metode ini akan berhasil.

2. Restart Hp

Cara untuk menonaktifkan mode aman Samsung yang sangat mudah dilakukan yaitu dengan menghidupkan ulang sistem operasi Android tersebut.

Langkah ini bisa bekerja apabila munculnya mode aman dikarenakan kita tidak sengaja mengaktifkan dan masuk mode aman Samsung. Dilihat dari hal tersebut memang tidak ada kerusakan atau corrupt pada Hp Android tersebut.
cara menonaktifkan mode aman pada hp samsung

Langkah-langkah Restart Hp Samsung

1. Silakan Kamu tekan tombol Power sedikit lama untuk memunculkan opsi daya Hp.

2. Kamu bisa memilih untuk restart atau mematikan daya, terserah karena semuanya sama saja.

3. Setelah Hp kembali menyala silakan Kamu cek apakah masih masuk di safe mode apa sudah keluar. Biasanya jika masih masuk masih terdapat notifikasi safe mode tersebut.

4. Jika hal tersebut belum membuahkan hasil dan masih masuk di mode aman, Kamu dapat menekan serta menahan tombol volume bawah (-) ketika Hp sudah hidup dan muncul logo Samsung sampai tampilan layar masuk ke homescreen.

Kombinasi restart plus tombol volume bawah biasa digunakan untuk mengatasi Hp Android ngelag atau ngehang.

Baca Juga: Cara Memperbesar dan Mengecilkan Icon Aplikasi di Hp Samsung

Jika masih gagal keluar dari mode aman, Kamu dapat mengulanginya sekali lagi. Jika masih sama coba langkah selanjutnya.

3. Lepaskan Baterai

Menghilangkan safe mode di Hp Samsung juga bisa menggunakan cara ini, karena terkadang kita sudah merestart Hp tetapi masih masuk lagi ke mode aman.

Hal itu terjadi karena sistem kelistrikan Hp masih berjalan lantaran sumber daya atau baterai masih terhubung ke ponsel pintar kita.

Oleh karena itu dengan mencabut baterai tersebut diharapkan mampu mematikan Hp sepenuhnya.

cara mematikan mode aman di hp samsung

Langkah-langkah Melepas Baterai Hp yang Benar

1. Kamu matikan Hp seperti biasanya dengan menekan dan menahan tombol Power hingga layar Hp mati dan bergetar.

2. Setelah itu Kamu lepas semua komponen mulai dari tutup baterai atau casing belakang Hp hingga baterai Hp Samsung itu sendiri.

3. Selanjutnya pasang kembali komponen tersebut mulai dari baterai hingga casing sebagai penutupnya.

4. Terakhir Kamu tekan kembali tombol Power untuk menghidupkan kembali ponsel Android tersebut.

5. Tunggu beberapa saat hingga proses booting berjalan sempurna, biasanya kita sudah bisa keluar dari mode aman Samsung dengan cara sepele ini bisa Kamu cek sudah tidak terdapat lagi notifikasi safe mode pada Hp.

Lakukan cara ini jika dirasa tidak ada program atau aplikasi yang bersifat membahayakan perangkat.

4. Factory Reset

Cara menghilangkan mode aman di Android Samsung paling ampuh yang bisa Kamu coba yaitu dengan mereset ulang dan mengembalikan ke pengaturan default pabrikan Samsung.

Langkah ini dapat Kamu tempuh jika sudah mentok dan tidak ada jalan lain lagi, karena ini cukup beresiko dan dapat menghapus semua data yang ada di penyimpanan internal Hp Android Kamu.

Oleh karena itu sebelum melakukan Factory Reset ini, sebaiknya Kamu cadangkan atau backup file penting dengan cara memindahkan semua file ke memory eksternal (SD Card).

cara menghilangkan mode aman yang susah hilang di android samsung

Cara Reset Hp Samsung

1. Ponsel Android masih dalam keadaan hidup, Kamu bisa langsung buka menu Pengaturan atau Settings. Pada menu ini Kamu dapat melakukan beberapa perubahan penting pada smartphone Samsung.

2. Setelah itu Kamu pilih dan buka menu Cadangkan dan Reset atau Factory Data Reset, untuk mengembalikan default pengaturan ponsel Android.

3. Selanjutnya Kamu pilih saja Reset Phone untuk memulai proses penghapusan semua data-data di Hp Android.

4. Selama proses berlangsung Kamu bisa menunggunya sampai Hp reboot dengan sendirinya, setelah itu biasanya kita sudah keluar dari mode aman Hp Samsung.

Baca Juga: Kode Rahasia Hp Android Samsung Lengkap

Metode ini masih menjadi yang paling work untuk mengatasi masalah notifikasi mode aman di Hp Android Samsung.

Kesimpulan

Dalam sekian banyak metode yang digunakan untuk menghilangkan mode aman di Hp Samsung memang ada beberapa yang dirasa kurang efektif.

Namun, hal tersebut bukan disebabkan oleh metodenya yang tidak bekerja. Tetapi karena faktor penyebab munculnya mode aman di Android itu sendiri juga beraneka ragam dan memiliki cara penyelesaian yang berbeda-beda.

Nah, adapun untuk menghilangkan safe mode pada Hp Android lainnya seperti Hp Vivo, Xiaomi, Andromax, Smartfren, dan lainnya kurang lebih sama hanya berbeda sedikit saja.

Tutorial cara menghilangkan mode aman di Hp Android Samsung ini dapat Kamu terapkan pada semua versi seperti Samsung J1 Mini, J1 Ace, J5, Duos, J3 Pro, Grand Prime, J7 Prime, Core 2, dan lainnya.