Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Root Hp Oppo dengan Aplikasi Tanpa PC (Berhasil)

Rooting atau akses penuh (SuperUser) ke sistem operasi Android sering kita lakukan untuk membuka fitur tersembunyi smartphone. Hal tersebut tentunya sangat menarik dan kabar baiknya khusus buat Kamu pengguna Oppo, kali ini kita akan mengupasnya dalam edisi cara root hp Oppo terbaru untuk semua tipe atau seri produknya.

Lebih dari itu sekarang untuk me-root hp Oppo dengan aplikasi sudah dapat kita lakukan, hanya bermodalkan aplikasi root hp Android yang bisa kita download dan instal di situs resminya secara gratis.

Boleh dibilang metode ini lebih mudah dilakukan daripada harus ngeroot hp Oppo tanpa aplikasi yang mana kita harus mengaksesnya melalui Recovery Mode.

Selain menggunakan apk, root hp Oppo dengan PC atau laptop juga bisa kita lakukan. Bedanya metode ini sedikit lebih ribet dari lainnya.

Oleh karena itu root hp Oppo tanpa PC (Komputer) lebih sering dicari karena dinilai lebih praktis dan cepat.

Langsung saja berikut ulasan tutorial root hp Android Oppo terbaru.

Cara Root Hp Oppo Android Terbaru untuk Semua Tipe

cara root hp oppo semua tipe
Panduan rooting hp Oppo ini berlaku untuk semua varian produk buatan merk Oppo mulai dari Oppo A5S, Oppo A37F, Oppo A3S, Oppo A33W, Oppo A71, Oppo A1K, Oppo F1S, Oppo F5, Oppo F7, Oppo F9, Oppo F11, Oppo NEO 7, dan lainnya.

Selain itu metode root hp Oppo ini bisa dipakai untuk versi Android apa saja mulai dari Android 6.0, Android 9, Android Oreo, Android Lollipop, Android Marshmallow, Android Nougat, Android KitKat, Android Ice Cream Sandwich, dan versi lainnya.

Langkah-langkah Root Hp Oppo dengan Mudah


cara root hp oppo dengan aplikasi

Root Hp Oppo dengan Aplikasi KingRoot

1. Jalankan browser di hp Oppo Kamu lalu buka unduh apk root di https://kingroot.id.uptodown.com/android

2. Kemudian Kamu install aplikasi KingRoot di smartphone Oppo Kamu.

3. Selesai instalasi silakan Kamu buka aplikasi KingRoot, lalu lakukan pemeriksaan (Checking) apakah hp Oppo tersebut dapat diroot atau tidak.

4. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai, terakhir Kamu tekan tombol Root maka secara otomatis proses rooting akan berjalan dengan sendirinya.

Root smartphone Oppo dengan aplikasi KingRoot ini sangat mudah dilakukan dan pastinya praktis.

Alternatif lainnya aplikasi root hp yang bisa Kamu gunakan seperti Oppo Tools, Towelroot, VRoot, dan KingoRoot yang bisa Kamu dapatkan di situs resminya.

cara root hp oppo dengan pc

Root Hp Oppo dengan PC

1. Buka menu Pengaturan (Settings) lalu pilih About Phone (Tentang Perangkat).

2. Silakan buka opsi Build Number lalu ketuk beberapa kali hingga keluar pemberitahuan 'You are now a developer'

3. Balik lagi ke menu Pengaturan (Settings) lalu buka menu Developers Option dan aktifkan USB Debugging.

4. Buka kembali menu Pengaturan (Settings) kemudian pilih Security dan aktifkan Unknown Source.

5. Setelah berhasil menyambungkan perangkat hp Oppo ke PC (USB Debugging), selanjutnya kita bisa melakukan root hp Oppo dengan aplikasi root Android.

Kamu bisa memakai KingRoot, KingoRoot, OneClick Root, iRoot, dan lainnya. Metode ini dinilai lebih ampuh dalam melakukan rooting di hp Oppo tanpa takut gagal.

Jangan lupa untuk sediakan kabel data untuk menghubungkan hp Oppo dengan laptop (PC).

cara root hp oppo tanpa pc

Root Hp Oppo Tanpa PC

1. Download aplikasi Framaroot Kamu bisa mendapatkannya di https://framaroot.vip/apk

2. Buka aplikasi Framaroot lalu pilih opsi Install Superuser (SuperSU).

3. Setelah itu terdapat dua pilihan metode rooting yaitu antara Aragorn atau Gandalf, pilih saja yang Gandalf.

4. Silakan tunggu hingga proses rooting hp Oppo selesai dilakukan, biasanya akan muncul pemberitahuan bahwa rooting telah sukses dilakukan.

5. Restart atau hidupkan ulang smartphone Oppo Kamu untuk mengakhirinya.

Selain menggunakan KingRoot, apk Framaroot ini menjadi pilihan terbaik untuk root hp Oppo tanpa PC terutama untuk pengguna Chipset Mediatek dengan persentase keberhasilan yang besar.

Artikel menarik lainnya terkait cara mengecek hp Oppo asli atau palsu dengan kode rahasia agar terhindar dari penipuan smartphone Oppo KW.

cara root hp oppo tanpa aplikasi

Penyebab Hp Oppo Gagal Diroot

Gagal root pada hp Oppo bisa saja terjadi hal ini karena ponsel Oppo tersebut sebelumnya pernah diroot. Terlebih untuk file binary (SuperUser) sudah kehapus dari perangkat tersebut.

Adapun solusinya Kamu bisa mengikuti tips singkat berikut.

cara ngeroot hp oppo

Cara Mengatasi Hp Oppo Tidak Bisa Diroot

  1. UnRoot hp Oppo terlebih dahulu, Kamu bisa menggunakan aplikasi unroot Android.
  2. Setelah ponsel kembali normal Kamu bisa melakukan rooting ulang.
  3. Jika masih gagal, lakukan Downgrade sistem.
Masalah ini sering terjadi ketika kita membeli hp bekas yang mana kemungkinan sudah dioprek sistemnya.

Terlepas dari itu semua ada beberapa konsekuensi jika Kamu ingin melakukan rooting di hp Oppo tersebut, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Tutorial lainnya tentang cara reset hp Oppo dengan tombol Power secara mudah dan cepat yang wajib Kamu coba untuk mengatasi ponsel lemot atau lupa kata sandi.

cara meroot hp oppo

Efek Root Hp Oppo

  • Performa Hp Oppo Turun: Hal ini diakibatkan karena kebanyakan tweak yang terjadi dan pastinya tidak singkron pada smartphone Android tersebut.
  • Malfungsi Hp Oppo: Timbul kerusakan sistem hal ini karena munculnya banyak bug baru pada smartphone.
  • Rentan Terkena Virus (Malware): Terbukanya akses root otomatis mematikan fitur update sistem operasi dan ini beresiko lebih mudah terkena virus.
  • Garansi Hp Oppo Hangus: Sesuai ketentuan yang berlaku setiap perangkat Android yang sudah dimodifikasi akan dihentikan garansinya, termasuk pada merk smartphone Oppo.
  • Update Sistem OTA Tidak Tersedia: Resiko yang akan kita dapatkan ketikan mengakses root hp Opp yaitu update sistem yang terhenti.
Beberapa akibat dari root hp Oppo di atas setidaknya bisa menjadi gambaran awal buat Kamu yang ingin ngeroot hp Oppo tersebut.

Tutorial cara ngeroot hp Oppo tanpa PC atau rooting smartphone Oppo dengan aplikasi ini dapat membantu Kamu dalam ngeroot Android Oppo milik Kamu.