Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Hp Oppo Asli Apa Palsu dengan Kode Rahasia (Work)

Smartphone Oppo belakangan ini memang lagi mencuat penjualannya di tanah air, tidak heran jika sekarang banyak beredar replika atau tiruannya.

Hp Oppo palsu atau KW memang dijual dengan harga yang lebih murah, oleh karena itu tidak heran jika banyak dari kita yang kejebak beli smartphone palsu tersebut.

Menanggapi hal tersebut penting bagi kita agar lebih waspada agar tidak kena tipu hp palsu. Salah satunya kita bisa mempelajari cara mengecek hp Oppo asli atau palsu sebagai awal tindakan pencegahannya.

Banyak metode yang bisa kita gunakan untuk mengetahui hp Oppo asli apa KW, salah satunya kita bisa mengeceknya dengan kode rahasia smartphone tersebut.

Selengkapnya Kamu bisa mengecek keaslian hp Oppo di bawah ini.

Cara Mengecek Hp Oppo Asli atau Palsu

cara mengecek hp oppo asli apa palsu
Cara membedakan hp Oppo asli dan palsu sebenarnya cukup mudah, asal kita jeli pasti akan mengetahuinya.

Maka dari itu langsung saja berikut trik mengetahui hp Oppo asli sama palsu yang bisa Kamu ikuti dengan mudah untuk semua tipe Oppo mulai dari Oppo F1s, Oppo F11, Oppo A37, Oppo A39, Oppo A57, Oppo A3s, Oppo A5s, Oppo A71, Oppo F5, Oppo A1k, dan lainnya.

1. Cek Garansi Hp

Sebelum Kamu memutuskan untuk membeli hp Oppo baru, ada baiknya Kamu terlebih dahulu melakukan pengecekan terkait kelengkapan surat-surat misalnya saja kartu garansi.

Silakan Kamu buka dan cek apakah sama dengan ponselnya, Kamu bisa mencocokan data yang terdapat di kartu garansi dengan hp Oppo tersebut.

cara cek hp oppo asli dan kw

Adapun cara untuk mengecek smartphone Oppo sebagai berikut.

  1. Hidupkan hp Oppo terlebih dahulu.
  2. Kemudian Kamu cek nomor IMEI hp Oppo dengan memasukan kode *#06# lalu tekan Dial (Panggil).
  3. Setelah muncul, Kamu catat nomor IMEI smartphone Oppo tersebut.
  4. Jika sudah Kamu catat langsung saja masukkan nomor IMEI Oppo tersebut ke laman resmi hp Oppo di link berikut Cek Garansi Oppo.
  5. Kamu dapat memeriksanya antara informasi yang terdapat di hp dan surat pelengkapnya apakah sama dengan yang tertera di website resmi Oppo tersebut.

Cukup mudah bukan untuk mengecek keaslian hp Oppo tersebut.

2. Cek Nomor IMEI

Alternatif lainnya Kamu juga dapat mengecek hp Oppo asli sama palsu menggunakan metode ini.

cara cek handphone oppo asli atau palsu

Adapun tahapannya sangat mudah sekali, Kamu cukup menggunakan nomor IMEI ponsel tersebut.

  1. Kamu langsung saja buka nomor IMEI hp Oppo dengan menekan *#06# kemudian Dial.
  2. Setelah muncul Kamu perhatikan antara nomor IMEI hp dengan dus box hp Oppo tersebut.
  3. Apakah sama atau tidak, jika berbeda dapat dipastikan bahwa hp Oppo tersebut adalah produk tiruan atau KW.

Nomor IMEI ini bersifat tunggal artinya tidak ada dua nomor IMEI yang sama, meskipun itu diproduksi dari perusahaan yang sama dengan tipe produk yang sama juga.

Ini lho cara mengecek tipe hp Samsung Android dan jadul dengan mudah.

3. Cek Engineer Mode


cara cek hp oppo asli dengan kode rahasia

Salah satu langkah untuk mengetahui hp Oppo asli atau tidak yaitu dengan mengetestnya melalui Engineer Mode (Kode Rahasia).

  1. Engineer Mode atau yang sering disebut kode rahasia hp Oppo adalah suatu fitur tester yang berlaku untuk menguji kinerja dari hardware seperti konektivitas, baterai, speaker, telepon, dan lainnya.
  2. Adapun untuk cara cek hp Oppo asli atau palsu dengan kode rahasia yaitu menggunakan kode USSD *#800#. Silakan Kamu masukkan kode tersebut kemudian tekan Dial.
  3. Biasanya kita akan secara otomatis dibawa ke mode testing (Engineer Mode). Kamu bisa mulai melakukan testing atau percobaan di mode ini.
  4. Misalnya saja Kamu ingin menguji baterai hp Oppo, silakan saja Kamu coba pilih bagian baterai biasanya akan menampilkan kondisi baterai saat itu juga.
  5. Selain itu Kamu juga bisa mengujinya untuk kinerja hardware lainnya seperti speaker apakah berbunyi atau tidak.
  6. Cek semuanya dengan memilih dan menekan tombol test satu persatu, jika terdapat error atau rusak bisa dipastikan hp Oppo tersebut adalah palsu atau KW.

Hal ini dikarenakan hp Oppo yang masih baru tidak mungkin dilepas di pasaran dalam keadaan sudah rusak.

Tips dan trik cara cek hp Samsung asli atau tidak agar tidak kena tipu barang tiruan.

4. Cek Hardware Hp


cara cek hp oppo asli sama palsu

Jika Kamu ingin mengecek hp Oppo asli atau bukan, Kamu bisa melihatnya secara visual melalui pertimbangan berikut.

  1. Amati kualitas casing ponsel, kualitas casing hp Oppo asli biasanya lebih bagus daripada yang palsu.
  2. Perhatikan fitur-fitur unggulan yang ada di smartphone Oppo, biasanya untuk hp Oppo palsu tidak memilikinya. Hal ini lantaran fitur tersebut sulit ditiru dan biayanya mahal. Misalnya saja untuk fitur sensor sidik jari hp Oppo.
  3. Dimensi ukuran dan berat juga tidak lupa untuk dicek, hp Oppo ori cenderung lebih berat daripada hp Oppo KW. Hal ini dikarenakan oleh kualitas material penyusunnya, semakin bagus biasanya semkin tebal atau berat.
  4. Cek juga kualitas kamera hp Oppo yang dihasilkan, apakah sama dengan yang tertulis di dus box hp atau tidak. Biasanya hp Oppo asli memiliki kualitas kamera yang jernih dan hasil rekaman videonya pun bagus serta tidak buram sama seperti spesifikasinya.

Simak juga bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus di hp Oppo berhasil.

5. Cek Harga Hp


cara cek keaslian hp oppo

Tips ini sangat umum tetapi paling ampuh untuk mengetahui hp Oppo asli atau tiruan, yaitu dengan melakukan perbandingan harga pasaran hp Oppo baru.

  1. Silakan Kamu cari informasi tentang harga hp Oppo terbaru bisa melalui laman resminya atau situs terpecaya lainnya.
  2. Cek harganya dan bandingkan dengan harga hp Oppo yang mau Kamu beli tersebut, apakah terdapat selisih harga yang mencolok atau tidak.
  3. Biasanya harga hp Oppo palsu lebih murah dengan selisih yang jauh berbeda dengan hp Oppo asli.
  4. Jika bukan hp Oppo ori kemungkinan juga barang BM atau Black Market, hp selundupan tanpa melalui izin. Harap jangan membeli barang tersebut karena dapat dikenakan pidana karena masuk tanpa izin.

Melalui tips sederhana ini setidaknya Kamu bisa terhindar dari tindakan penipuan penjualan hp Oppo palsu yang tentunya merugikan banyak pihak salah satunya konsumen.

Tips cara screenshot hp Oppo tanpa tombol dijamin praktis lengkap dengan gambar.

Daripada membeli hp palsu lebih baik kita mencari hp Oppo bekas, sama-sama memiliki banderol harga yang murah tetapi dengan kualitas yang jauh berbeda dari Oppo Kw.

Tips cara mengecek hp Oppo asli atau palsu ini semoga dapat menjadi acuan sebelum membeli smartphone baru. Mencari dan membaca banyak refrensi sebelum melakukan transaksi memang lebih baik daripada tidak sama sekali.