Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Tipe Hp Samsung Android Terbaru & Jadul Lengkap

Smartphone atau ponsel pintar menyimpan sejuta rahasia yang belum banyak diketahui, salah satunya kita bisa mengetahui spesifikasi hingga fitur tersembunyi yang sudah dibenamkan. Nah, pada tips kali ini kita akan mengulas cara mengecek tipe hp Samsung Android untuk semua seri.

Seperti yang kita ketahui bahwa seri hp Samsung itu banyak dan beraneka ragam misalnya saja untuk Samsung Galaxy J2 Prime, J5, J1 ACE, Duos, Grand Prime, hingga tipe hp Samsung terbaru A10, A20, A50, dan lainnya.

Selain itu cara ini juga dapat Kamu coba untuk melihat tipe hp Samsung jadul (senter) semua model baik lipat atau flip. Hal ini lantaran kita akan cek hp Samsung dengan kode MMI, semacam serial kode berupa kombinasi huruf dan angka.

Nah, buat Kamu yang penasaran dan berniat ingin segera mengetahui tipe hp Samsung yang digunakan berikut tutorialnya.

Cara Mengecek Tipe Hp Samsung

cara cek tipe hp samsung
Ada beragam metode yang dapat kit gunakan bukan hanya menggunakan kode MMI saja, kita juga bisa cek tipe hp Samsung dengan berbagai cara seperti melalui sistem ponsel itu sendiri hingga melihatnya melalui box hp.

Banyak manfaat jika kita mengetahui tipe dan spesifikasi Hp Samsung diantaranya kita bisa melihat tahun keluaran hp Samsung tersebut.

Tahun produksi pembuatan hp bisa kita jadikan patokan untuk mengukur performa sistem hp tersebut, semakin tua biasanya kinerja sistem perangkat seluler akan semakin lambat atau lemot.

Tips ini berguna buat Kamu yang ingin membeli hp Samsung bekas atau second, silakan Kamu dapat cek tipe hpnya terlebih dahulu sebelum terjadi transaksi pembelian.

1. Menu Pengaturan (Settings)

Sebenarnya untuk mengecek tipe hp Samsung yang kita gunakan itu sangat mudah dan praktis, kita cukup buka menu pengaturan di hp Samsung tersebut.

cara cek tipe hp samsung android
 
1. Silakan Kamu buka hp Samsung Android Kamu, setelah itu Kamu ketuk Settings atau Pengaturan (Biasanya icon aplikasi berbentuk kunci atau gear).

2. Setelah itu Kamu gulir ke bawah hingga menemukan menu About Device (Tentang perangkat), silakan Kamu ketuk untuk membukanya.

3. Selanjutnya akan muncul semua informasi tentang perangkat hp Samsung yang Kamu gunakan, mulai dari tipe hp dan CPU serta versi kernel dan Android hingga hal lainnya yang berhubungan dengan perangkat tersebut.

Salah satu cara termudah untuk mengecek tipe hp Samsung Android Kamu yaitu melalui sistem pengaturannya.

2. Bodi Handphone

Cek model hp Samsung Kamu melalui cara yang sedikit berbeda yaitu dengan melihat serial produk yang ada di belakang body hp tepatnya berada di dalam tempat baterai hp.

cara cek tipe hp samsung jadul
 
Adapun caranya sangat mudah berikut penjelasannya.

1. Pastikan hp Samsung Kamu dalam keadaan mati, jika belum matikan segera.

2. Setelah itu Kamu buka casing belakang hp Samsung tersebut, silakan Kamu lepas baterai yang masih tertanam di bodi hp.

3. Nah, pada bagian tempat baterai tersebut. Biasanya terdapat informasi berupa tulisan kecil seputar kapasitas baterai dan tipe hp Samsung tersebut.

4. Kamu bisa mencarinya di bagian Model atau Type, biasanya itu menunjukan tipe hp Samsung yang Kamu gunakan.

Salah satu metode yang dapat Kamu gunakan untuk cek tipe hp Samsung jadul dengan sangat mudah tanpa dipusingkan membuka menu pengaturan seperti hp Android.

3. Kardus Handphone

Selain melalui cara di atas kita juga bisa mengecek tipe hp yang kita pakai dengan hanya melihat seri model yang tertera di kardus tempat menyimpan hp Samsung tersebut.

Adapun caranya sangat mudah, silakan Kamu cari pada bagian belakang atau samping kardus hp. Biasanya tulisannya dalam bentuk serial model yang digunakan dengan abjad huruf yang besar.

cara melihat tipe hp samsung

Lebih dari itu juga biasanya di bagian bawah atau atasnya terdapat informasi seputar ponsel seluler tersebut di buat oleh PT Samsung Electronics Indonesia daerah mana beserta negara pembuatnya.

Metode ini cocok diterapkan buat Kamu yang ingin membeli hp Samsung baru atau bekas yang dilengkapi dengan kardus hp.

Tips sederhana cara keluar dari mode aman hp Samsung yang cukup membantu mengembalikan sistem hp seperti semula.

4. Cek Secara Online

Metode ini cukup praktis dan mudah Kamu terapkan karena tanpa perlu melihat-lihat kardus hp lagi. Kamu cukup mengecek tipe hp Samsung secara online melalui situs penyedia informasi spesifikasi dan fitur handphone.

Melalui situs ini Kamu bisa mengetahui apa saja yang terdapat pada sebuah hp tersebut, mulai dari spesifikasi, fitur, tipe atau model hp, dan hal menarik lainnya.

Adapun cara menggunakan layanan ini sangat mudah, kita hanya perlu memasukkan nomor IMEI hp Samsung kita. Selanjutnya secara otomatis semua informasi yang kita butuhkan akan tampil di layar.

cara mengetahui tipe hp samsung
 
1. Silakan hidupkan ponsel Kamu terlebih dahulu, kemudian cek nomor IMEI hp Samsung tersebut.

2. Nah, untuk mengetahui nomor IMEI hp. Kamu dapat menggunakan kode USSD *#06# setelah itu Kamu tekan Call atau Panggil.

3. Secara otomatis nomor IMEI hp Samsung Kamu akan muncul, setelah itu Kamu catat nomornya.

4. Nah, langkah selanjutnya Kamu dapat mengunjungi layanan https://imei.info dalam situs ini tersedia tool pengecekan tipe hp Samsung dan lainnya.

cara cek model hp samsung
 
5. Kamu masukkan saja nomor IMEI hp Samsung ke dalam kolom yang sudah disediakan.

6. Biasanya akan ada kuis untuk menebak gambar atau captcha, Kamu selesaikan terlebih dahulu lalu tekan Check untuk memeriksanya.

cara cek tipe hp samsung lipat

Tunggu sebentar hingga prosesnya selesai, setelah berakhir Kamu dapat melihat dan mengetahui model atau tipe hp Samsung yang Kamu pakai.

Metode ini sangat praktis karena hanya memerlukan akses internet saja untuk menjalankan programnya.

Tutorial mengembalikan performa smartphone dengan cara reset hp Samsung Galaxy M20 yang lemot dan sering ngehang.

5. Kode MMI

Buat Kamu yang penasaran bagaimana cara cek spesifikasi hp Samsung dengan kode MMI, ini dia solusinya yang dapat menjawab rasa penasaran Kamu.

Kode MMI ini sering juga disebut dengan kode USSD yang berisikan simbol dan angka, melalui kode ini kita dapat memanggil perintah sebuah perangkat seluler.

cara mengecek tipe hp samsung dengan kode

Langsung saja berikut cara cek tipe hp Samsung dengan kode MMI.

1. Hp masih dalam keadaan hidup, silahkan Kamu akses menu Dial Up (Telepon).

2. Jika sudah langsung saja Kamu masukkan kode MMI berikut ini *#1234#

3. Setelah itu Kamu tekan Call atau Panggil untuk menjalankan perintah tersebut.

4. Biasanya secara otomatis sistem akan menampilkan versi perangkat hp yang digunakan.

5. Jika tidak Kamu buka terlebih dahulu menu Version, lalu Kamu ketuk menu Model untuk membuka tipe dari merk hp Samsung tersebut.

6. Nah, pada tahap ini Kamu sudah mengetahui tipe hp Samsung yang Kamu gunakan.

Daftar kode rahasia hp Samsung yang dapat membuka banyak fitur tersembunyi yang jarang diketahui.

Buat Kamu yang ingin melihat spesifikasi dan fitur hp Samsung tersebut, silakan Kamu masukkan tipe hp ke dalam kotak pencarian Google.

Biasanya secara otomatis akan muncul di laman hasil pencarian tentang perangkat hp Samsung tersebut.

Tips penting buat Kamu agar terhindar dari penipuan karena membeli hp tiruan, simak semuanya dalam cara cek hp Samsung asli atau palsu secara mudah dan cepat.

Nah, untuk perangkat smartphone lainnya seperti merk hp Oppo, Vivo, Xiaomi, Asus, Nokia, Realme, dan sebagainya. Akan kita bahas di artikel lainnya tentang tips-tips hp Android di laman semutimut ini.

Dari beragam cara untuk mengecek model atau tipe hp Samsung yang digunakan, manakah yang menurut Kamu paling mudah untuk diterapkan? Semoga tutorial cara cek tipe hp Samsung terbaru ini dapat menjadi solusi buat Kamu yang belum tahu tentang seri smartphone Android Kamu.