Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Hp Samsung Asli atau Palsu (100% Benar)

Punya rencana beli handphone Samsung baru, tapi masih ragu tentang keasliannya. Jika begitu, Kamu wajib baca tips bagaimana cara mengecek hp Samsung asli atau palsu dalam artikel yang akan semutimut bagikan ini.

Hp Samsung merupakan salah satu vendor smartphone yang sudah mendunia dan mempunyai kualitas bagus, alhasil banyak oknum yang memanfaatkannya untuk membuat hp Samsung KW.

Hp Samsung tiruan ini selain merugikan para konsumen juga produsen selaku pembuat dan pemilik produk.

Hal ini lantaran harga hp Samsung replika dibanderol dengan harga yang murah di bawah harga hp Samsung Original.

Kualitas material bahan pembuat hp Samsung palsu memang lebih jelek dan di bawah standar hp Samsung asli yang notabennya memiliki kekuatan dan daya tahan yang lebih bagus.

Langsung saja berikut tutorial cara mengetahui hp Samsung asli atau palsu dengan mudah.

Cara Mengecek Hp Samsung Asli atau Palsu

cara cek hp samsung asli atau palsu
Banyak cara untuk mengecek keaslian hp Samsung, mulai dari pengamatan secara fisik dan pemeriksaan sistem hingga pengujian (Test) hp Samsung tersebut jika hanya dengan melihat hp Samsung asli atau replika masih kurang cukup akurat.

Metode-metode tersebut ternyata cukup efektif untuk mengetahui keaslian hp Samsung, langsung saja berikut panduan singkatnya.

1. Kode Tes Samsung

Cara cek hp Samsung asli atau palsu dengan kode rahasia yaitu semacam kode khusus untuk perangkat gadget Samsung, kode ini tidak akan bekerja pada merk ponsel lainnya.

Ada banyak kode rahasia yang bisa Kamu coba satu per satu untuk mengecek hp Samsung ori atau KW, berikut di penjelasannya.

cara cek hp samsung asli pake kode

1. Silakan Kamu buka menu Dial Up (Telepon), karena kita akan menggunakan kode USSD sebagai perintahnya.

2. Kamu langsung saja masukkan kode seperti ini *#0*#

3. Setelah itu Kamu tekan Call (Panggil) atau pilih OK/YES.

4. Biasanya setelah itu akan muncul pop up menu LCD Test yang dapat Kamu coba untuk menguji keaslian hp Samsung tersebut.

Kamu dapat memasukkan kode-kode berikut dan amati apakah bekerja atau tidak, jika merespon itu tandanya hp Samsung asli atau ori.

  • #12580369# : Cek Samsung SW and HW
  • *#9999# atau *#1234# : Cek PDA dan Modem SW Version serta CSC
  • *#197328640# : Cek Samsung Service
  • #0# : Cek Samsung General Test
  • #7828# atau *#232331# : Cek Samsung Bluetooth Test
  • *#0228# : Cek Samsung ADC Reading
  • #9998246# : Cek Samsung Battery Status/Memory
  • *#32489# : Cek Samsung Ciphering Information
  • *#232337# : Cek Samsung Bluetooth Address

Sudah tahu belum yang satu ini tentang kode rahasia hp Samsung Galaxy J7 Pro untuk mengakses banyak fitur tersembunyi

Silakan Kamu masukkan dan test menggunakan Dial Pad pada Hp Samsung. Jika setelah kode dimasukkan muncul respon itu tandanya kode itu bekerja dan hp Samsung tersebut asli bukan palsu.

2. Cek Nomor IMEI

Alternatif cara cek hp Samsung ori lewat IMEI (International Mobile Equipment Identity) mungkin sudah sering kita lakukan untuk memeriksa keaslian suatu produk hp seluler.

Hal ini lantaran nomor IMEI sendiri adalah identitas dari sebuah produk hp, artinya nomor IMEI ini tidak bisa disamakan atau diduplikasi antara satu ponsel dengan ponsel lainnya meskipun itu masih dalam seri produk dan merk yang sama.

Adapun cara cek nomor IMEI hp Samsung tidak jauh berbeda dari ponsel lainnya, Kamu cukup menekan tombol kombinasi simbol dan angka seperti di bawah ini.

*#06#
cara cek hp samsung asli dengan imei

Setelah itu maka otomatis nomor IMEI akan muncul, Kamu dapat mencocokannya dengan spesifikasi hp Samsung tersebut.

Adapun caranya Kamu dapat melihatnya di dalam hp Samsung tersebut atau mencocokannya dengan kardus hp Samsung yang Kamu beli.

cara cek hp samsung asli atau tidak

Biasanya untuk setiap produk hp asli atau original, akan memberikan informasi nomor IMEI pada setiap kardus produknya.

Kamu bisa mencocokan nomor IMEI ponsel dengan nomor IMEI kardus, jika hasilnya sama dapat dipastikan bahwa hp Samsung asli.

Letak nomor IMEI biasanya tertera di luar kardus yang berada di samping kode barcode.

cara cek hp samsung asli atau replika

3. Cek Hardware Hp

Salah satu metode cara untuk cek hp Samsung asli atau bukan, bisa Kamu lihat secara visual. Hp Samsung yang asli pastinya memiliki tampilan yang meyakinkan dengan gesture khas Samsung.

Berbeda dengan hp Samsung palsu yang cenderung memiliki bodi atau casing yang seadanya, selain itu kenyamanan saat pemakaiannya juga jauh berbeda.

Hp Samsung replika biasanya terbuat dari material yang memiliki kualitas rendah, bisa Kamu amati jika hp tersebut jatuh. Biasanya layar sentuh (Touchscreen) mudah retak, karena tersusun dari bahan yang murahan.

Selain itu dari berat hp Samsung tiruan juga lebih ringan dan pastinya mudah panas karena piranti elektronik yang kurang mumpuni dan sekelumit masalah lainnya.

Buat Kamu yang ingin mengembalikan hp Android Samsung ke pengaturan pabrik, Kamu bisa simak tutorial cara mereset hp Samsung Galaxy M20 untuk mengatasi lupa pola dan lemot.

Jika dilihat dari performanya sendiri juga kurang memuaskan, khususnya untuk hasil jepretan kamera yang terkesan seadanya. Hasil kamera cenderung mempunyai resolusi rendah dan tidak sama dengan yang tertera pada spesifikasinya.

cara cek hp samsung asli atau bukan

5. Cek Harga Hp

Saat kita membeli hp Samsung baru, biasanya banderol harga yang murah membuat kita kepincut untuk segera memboyongnya.

Namun, tunggu sebentar sebaiknya kita cek terlebih dahulu tentang produk yang ditawarkan tersebut.

Cara mengetahui hp Samsung asli atau tidak dilihat dari banderol harga hp biasanya dijual di bawah pasaran normal.

Selain itu untuk surat-surat hp Samsung juga kurang meyakinkan, tanpa disertai lisensi dan segel produk.

Berikut beberapa tips sederhana agar antisipasi penipuan penjualan hp Samsung palsu yang bisa Kamu ikuti.

Tips seputar cara split screen Samsung Galaxy A10S membagi tampilan layar menjadi dua bagian yang menakjubkan.

Tips Membeli Hp Samsung Agar Tidak Kena Tipu

cara mengecek handphone samsung asli atau palsu
Selain menggunakan cara cek hp Samsung di atas, Kamu juga bisa melakukan tindakan lainnya guna mencegah pembelian hp Samsung KW.

Silakan Kamu beli hanya di toko-toko elektronik yang sudah memiliki reputasi bagus terhadap barang yang dijualnya.

Akan lebih baik jika Kamu mau membelinya langsung di gerai resmi hp Samsung, di tempat ini dapat dipastikan hp Samsung 100% asli dan aman dari tindakan penipuan.

Jaminan garansi biasanya juga diberikan jika Kamu membeli di gerai resminya, baik garansi barang pembelian hingga pengembalian barang. Terutama jika mendapatkan barang yang rusak, Kamu bisa langsung mengembalikannya beserta nota pembeliannya.

Bacaan menarik lainnya seputar tips cara screenshot Samsung Galaxy J2 Prime tanpa tombol praktis.

Banyak manfaat jika kita lebih teliti dalam membeli sebuah produk, khususnya barang elektronik seperti gadget yang sangat rawan sekali terkena tindakan pembajakan.

Produk tiruan memang lebih menggiurkan dari segi biaya. Namun, dari segi kualitas hp Samsung KW jelas lebih rentan rusak dibandingkan dengan hp Samsung original yang memiliki kualitas lebih bagus dan tahan lama. Semoga tips cara mengecek hp Samsung asli atau palsu tersebut dapat menghindarkan kita dari aksi penipuan pembelian produk handphone.