Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Hp Oppo Semua Tipe Tanpa Tombol Praktis

Screenshot seringkali kita gunakan untuk menyimpan gambar di layar Hp Android untuk di simpan ke galeri penyimpanan internal smartphone kita. Metode yang umum kita lakukan untuk mengambil gambar atau screenshot yaitu dengan menekan tombol kombinasi volume dan home.

Lantas bagaimana cara screenshot Hp Oppon? Apa ada teknik khusus atau sama saja dengan yang lainnya, berikut ulasannya.

Menanggapi hal tersebut kita akan mencoba membahasnya, karena banyak sekali metode screenshot Hp Android yang dapat kita lakukan.

Misalnya saja untuk screenshot Hp Oppo yang bisa dilakukan dengan aplikasi dan tanpa aplikasi, penggunaan gesture layar sentuh memungkinkan kita dapat mengambil objek gambar tanpa menekan tombol volume dan home.

Lebih dari itu juga screenshot di hp Oppo juga bakalan lebih mudah lagi dengan adanya dukungan fitur andalannya yang memungkinkan kita dapat mengambil screenshot panjang di Hp Oppo tersebut.

Screenshot panjang memungkinkan kita dapat mengambil gambar objek secara keseluruhan atau full screen, contohnya saja seperti screenshot chat WA, postingan artikel, dan lainnya.

Cara Screenshot di Hp Oppo

cara screenshot hp oppo
Penting untuk diketahui juga bahwa tutorial screenshot Oppo ini dapat Kamu lakukan untuk semua tipe Hp Oppo, seperti Oppo A83, Oppo A71, Oppo F9, Oppo F7, Oppo NEO 7, Oppo A7, Oppo A37, Oppo A3S, Oppo A5S, A1K, A5, dan lainnya.

Langsung saja berikut cara menangkap tampilan layar di Hp Android Oppo yang bisa Kamu lakukan.

1. Cara Screenshot Hp Oppo Tanpa Aplikasi

Kita dapat menscreenshot layar Hp Oppo tersebut tanpa perlu menginstal aplikasi screenshot Hp terlebih dahulu, hanya dengan memanfaatkan fitur bawaan dari smartphone Oppo.
cara screenshot hp oppo dengan menekan tombol
1. Silakan hidupkan ponsel pintar Kamu terlebih dahulu.

2. Jika sudah Kamu dapat langsung mengatur posisi objek yang mau diambil gambarnya, Kamu bisa menggeser secara vertikal atau horizontal.

3. Posisi gambar sudah tepat, sekarang Kamu dapat mulai melakukan proses pengambilan gambar tersebut dengan menekan tombol kombinasi Power + Volume secara bersamaan.

4. Kamu dapat bebas memilih tombol antara volume bawah dan atas, karena sama saja fungsinya.

5. Tekan tombol power dengan ibu jari (jempol) dan volume dengan jari telunjuk untuk mempermudah saat menekan tombol secara bersamaan.

6. Biasanya saat kita berhasil melakukan screenshot, maka secara otomatis layar Hp Oppo akan berkedip dan mengeluarkan bunyi shutter.

7. Nah, untuk hasil penyimpanan gambar hasil screenshot biasanya berada di galeri Hp Android Kamu.

Kekurangan untuk teknik screenshot Hp Oppo tanpa aplikasi ini yaitu kita sering kesulitan menekan tombol kombinasi antara volume dan home secara bersamaan. Alhasil tidak jarang screenshot gagal karena masalah tersebut.

2. Cara Screenshot Panjang Hp Oppo

Nah, buat Kamu yang ingin mengambil gambar chat WA atau lainnya. Kamu dapat melakukannya dengan teknik screenshot panjang atau full screen Hp Oppo berikut.
cara screenshot panjang hp oppo
1. Adapun tutorialnya masih sama dengan yang di atas dengan memanfaatkan tombol Volume dan Power yang kita tekan dan tahan sebentar secara bersamaan.

2. Biasanya setelah kita menekan tombol kombinasi tersebut, ada sebuah opsi Next Page. Kamu ketuk saja untuk mulai mengambil screenshot ke bawah (vertikal) secara keseluruhan atau full screen.

3. Jika sudah selesai Kamu tekan saja tombol Save untuk menyimpannya.

Adapun untuk batas panjang gambar hasil screenshot biasanya hingga 8 kali proses captured (jepretan).

Teknik dan cara factory reset Hp Lenovo yang benar untuk mengatasi Hp Android yang lemot.

3. Cara Screenshot Area Hp Oppo

Kamu juga bisa screenshoot untuk area tertentu sesuai keinginan kita, jadi gambarnya tidak full layar Hp.

1. Caranya cukup mudah sama seperti sebelumnya, Kamu cukup pilih opsi Screenshot Area untuk mengaktifkannya.

2. Kamu dapat menentukan area mana yang akan discrenshot untuk diambil gambarnya dengan cara menggeser tanda bulat putih pada layar Hp Oppo secara vertikal ke atas dan bawah.

3. Terakhir Kamu bisa menyimpannya dengan ketuk tombol Save.

Jangan sampai kelewatan terkait cara hard reset Hp Vivo biar performa smartphone makin responsif.

4. Cara Screenshot Hp Oppo dengan 3 Jari

Salah satu cara mengatasi screenshot Hp yang gagal hanya karena kurang saat menekan tombol power dan home, Kamu bisa menggunakan fitur Quick Gesture Oppo.

Fitur ini dapat memudahkan Kamu dalam mengambil gambar atau screenshot Hp Oppo tanpa menekan tombol power dan volume.
cara screenshot hp oppo dengan 3 jari

1. Hidupkan ponsel pintar Kamu terlebih dahulu, setelah itu masuk ke menu Pengaturan (Settings).

2. Setelah itu Kamu aktifkan fitur Quick Gesture pada Hp Oppo tersebut untuk menu pengaturan screenshot oppo dengan 3 jari ada di bawah ini.

3. Pilih pada bagian Gesture and Motion untuk membuka pengaturan lanjutannya.

4. Pada menu tersebut Kamu ketuk saja Quick Gesture untuk dapat mengaktifkan fitur ini.

5. Lanjut pilih Gesture Screenshot maka secara otomatis fitur ini aktif dan Kamu dapat menangkap gambar di layar Hp Oppo Kamu tanpa repot-repot menekan tombol lagi.

6. Tahap pertama berhasil kita lakukan, langkah selanjutnya Kamu sudah bisa mulai mengambil gambar pada layar Hp secara mudah.

7. Nah, untuk cara screenshot di Hp Oppo sendiri Kamu cukup menggerakan 3 jari secara bersamaan dari atas ke bawah (vertikal).

8. Tanda bahwa kita berhasil melakukan screenshot Hp Oppo dengan 3 jari yaitu layar akan berkedip dan berbunyi shutter yang menandakan proses pengambilan gambar telah berhasil dilakukan. Setelah itu Kamu Save (Simpan).

9. Kamu dapat melihatnya di penyimpanan internal Hp Android Kamu, biasanya secara default terletak di galeri Hp.

Teknik ini sangat dianjurkan karena mudah dilakukan ketimbang harus menekan tombol secara bersamaan yang terkadang susah untuk kita lakukan.

Sedikit bocoran tips cara root Hp Asus lengkap yang dapat Kamu baca agar lebih mudah mendapatkan banyak akses fitur tersembunyi di ponsel pintar tersebut.

5. Cara Screenshot Hp Oppo dengan Aplikasi

Alternatif lainnya yang dapat kita lakukan ketika sulit screenshot menggunakan tombol, kita bisa melakukan screenshot Hp Android Oppo dengan aplikasi screen capture yang dapat kita download di Google Play Store.

Ada banyak sekali aplikasi screenshot Android yang bisa kita gunakan. Namun, kali ini kita hanya akan menggunakan beberapa saja.

Salah satunya aplikasi Screenshot and Screen Recorder yang memiliki performa bagus dan mudah digunakan.

Buat Kamu pengguna Hp Realme ada sedikit info menarik tentang cara mengembalikan foto yang terhapus di Hp Realme tersebut.

cara screenshot hp oppo dengan aplikasi

Cara Screenshot Oppo dengan Aplikasi Screenshot and Screen Recorder

1. Tahap pertama Kamu dapat mengunduh aplikasi Screenshot and Screen Recorder di Play Store melaluli tautan tersebut.

2. Kamu instal dan jalankan apk screenshot Hp Android tersebut.

3. Kamu dapat menscreenshot Hp Oppo tersebut hanya dengan menekan tombol satu kali untuk dapat menangkap tampilan layar Hp tersebut.

4. Fitur unggulan lainnya yang terdapat pada aplikasi screenshot ini, yaitu Kamu dapat melakukan screenshot hanya dengan menggoyangkan hp Oppo Kamu.

Maka proses pengambilan gambar akan berjalan secara otomatis, tanpa kita bersusah payah menekan tombol.

5. Kelebihan aplikasi screenshot ini, selain kita dapat melakukan proses pengambilan gambar secara cepat.

Kita juga dapat merekam aktivitas layar di Hp Android Oppo kita. Kita bisa merekam atau membuat video dari tampilan layar Hp Android tersebut.

Hal ini lantaran adanya dukungan fitur Screen Recorder yang dapat merekam segala kegiatan di layar Hp Android tersebut.

Simak juga cara screenshot Hp Samsung A50S terbaru dengan aplikasi dan tanpa aplikasi Android.

Selain itu aplikasi screenshot ini juga gratis (Free) atau tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Dari sekian banyak alternatif cara screenshot di Hp Android Oppo, manakah yang menjadi favorit Kamu. Screen Capture menggunakan aplikasi Android adalah salah satu pilihan yang banyak digunakan, hal ini lantaran kita tidak perlu susah-susah menekan tombol kombinasi volume dan power. Selain itu screenshot tanpa tombol dengan memanfaatkan fitur Quick Gesture Oppo juga menjadi pilihan yang bagus.