Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Screenshot HP Samsung Galaxy A Series Panjang Tanpa Tombol

Dalam pembahasan kali ini kita akan mengulas tutorial cara mengambil screenshot di Hp Samsung Galaxy A Series seperti A10, A20, A30, A40, A50, A60, A70, A80, dan A90 terbaru di tahun 2019. Seri terbaru Hp Android Samsung ini memang memiliki fitur dengan kelas premium yang memiliki spesifikasi lebih unggul dari versi sebelumnya.

Oleh karena itu untuk meng-screenshot Hp Samsung Galaxy A Series juga semakin lebih mudah dan praktis bahkan tanpa menekan tombol fisik pun sudah bisa. Selain itu untuk memaksimalkan tangakapan layar, juga sudah dilengkapi dengan fitur gulir yang mampu mengambil gambar full screen panjang ke bawah atau ke atas.

Adanya fitur tersebut tentu saja memudahkan pengaturan screenshot Samsung Galaxy A Series dan pastinya sudah tidak membutuhkan bantuan aplikasi screenshot untuk memaksimalkan hasil tangkapan layar Android. Cukup dengan menggunakan jari-jari kita saja untuk menekan tombol kombinasi screen capture.

Bagaimana cara screenshot Hp Samsung Galaxy A Series?

Cara Screenshot Samsung Galaxy A Series

Ada beberapa cara mudah screenshot Samsung Galaxy A Series ini, Kamu bisa memilih salah satunya untuk dipraktikan. Mau biasa atau long screenshot juga bisa.

I. Screenshot Samsung Galaxy A Series dengan Tombol

Cara ambil screenshot di Hp Samsung Galaxy A Series seperti saat meng-screen capture Hp Android lainnya. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Hidupkan Samsung Galaxy A Series, setelah itu siapkan beberapa objek yang mau diambil gambarnya.

2. Atur posisi objek agar presisi dan tepat, bisa dengan menggeser objek tersebut.

3. Setelah itu Kamu tekan tombol kombinasi Power + Volume Bawah (-) secara bersamaan selama beberapa detik.

4. Biasanya proses screenshot berhasil jika layar Hp Android Kamu berkedip dan mengeluarkan suara (Shutter).

5. Lihat gambar hasil screenshot Kamu di galeri penyimpanan internal Android Kamu.

Kamu dapat mengedit gambar tersebut menggunakan aplikasi editing gambar terbaik kesukaan Kamu.

II. Screenshot Samsung Galaxy A Series dengan Palm Swipe Gesture

Nah, ini adalah spesial fitur yang terdapat pada Hp Android Samsung Galaxy A Series. Aktifkan terlebih dahulu pada menu setting untuk dapat mengambil gambar atau screenshot.

1. Ponsel Android Samsung masih dalam keadaan hidup.

2. Kamu buka menu Pengaturan atau Settings pada Galaxy A Series.

3. Pada bagian Pengaturan ini Kamu buka Advanced Features untuk mengaktifkan fitur Palm Swipe Gesture.

4. Jika sudah terbuka Kamu aktifkan dengan memilih Motion and Gestures, maka secara otomatis fitur tersebut telah aktif.

5. Fitur Palm Swipe Gesture telah berhasil diaktifkan, sekarang Kamu dapat mengambil gambar di layar Hp Samsung Galaxy A Series Kamu.

6. Nah, untuk meng-screenshot tampilan layar Hp. Kamu dapat memulainya dengan mengatur letak posisi objek yang akan diambil gambarnya.

7. Setelah itu posisikan atau letakan telapak tangan pada layar Hp kemudian usap atau sapu layar dari kanan ke arah kiri. Nah, dengan metode ini Kamu dapat mengambil screenshot Samsung Galaxy A Series tanpa tombol Power dan Volume.

8. Selanjutnya seperti biasa layar akan berkedip dan mengeluarkan bunyi shutter yang menandakan screenshot telah berhasil.

9. Kamu dapat membuka hasil screen capture Samsung Galaxy A Series di galeri Hp Android Kamu.

Fitur Palm Swipe Gesture memungkinkan kita untuk melakukan screenshot di Galaxy A Series jadi lebih mudah dan praktis.

III. Cara Screenshot Samsung Galaxy A Series Panjang

Buat Kamu yang ingin mengambil screenshot chat WhatsApp atau web browser, Kamu dapat mengikuti tutorial screenshot Samsung Galaxy A Series bergulir berikut.

1. Atur letak posisi objek terlebih dahulu untuk mendapatkan gambar yang menarik dan sesuai dengan keinginan.

2. Seperti biasa Kamu tekan tombol Power + Volume Bawah (-) secara bersamaan hingga layar berkedip dan berbunyi shutter.

3. Biasanya setelah proses screenshot kita akan mendapati sebuah navigasi bar yang berisikan menu screen capture.

Dalam NavBar tersebut Kamu pilih simbol dua tanda panah ke arah bawah, menu ini berguna sebagai tombol gulir atau scroll screenshot Samsung Galaxy A Series.

4. Kamu dapat mengetuk tombol scroll tersebut untuk dapat mengambil gambar ke arah bawah secara otomatis dan untuk menghentikannya Kamu dapat mengetuk pada layar maka otomatis proses screenshot akan terhenti.

5. Buka hasil dari screenshot tersebut di galeri Samsung Galaxy A Series.

IV. Cara Cepat Screenshot Samsung Galaxy A Series

Cara praktis screenshot Samsung Galaxy A Series dengan menggunakan bantuan menu Asisten, atau yang sering disebut tombol pintas.

Cara Mengaktifkan Tombol Asisten

1. Silakan Kamu masuk ke pengaturan (Settings) lanjut ke Accessbility kemudian pilih Agility and interaction terakhir Kamu dapat menyalakan menu Asisten.

2. Nah, langkah selanjutnya Kamu dapat memilih tombol pintas yang mau dijalankan. Dalam kasus ini kita akan membuat tombol pintas screenshot Samsung Galaxy A Series, maka kita gunakan itu sebagai pilihannya.

3. Tombol Asisten ini dapat kita geser kemana saja sesuai keinginanan kita dan akan selalu muncul di beranda Hp. Jadi sangat mudah digunakan dan bisa mempercepat screenshot.

Nah, untuk mematikan tombol Asisten ini sama seperti saat pertama kali mengaktifkannya. Biasanya fitur ini dinonaktifkan karena dirasa mengganggu tampilan layar homescreen.

Dari beberapa tutorial cara mengambil screenshot di Hp Android Samsung Galaxy A Series dengan jari dan tanpa tombol di atas, baik screen capture biasa atau panjang (long screenshot) sebenarnya tidak jauh berbeda hanya saja untuk pengaturan screenshot memang diperlukan untuk dapat mengambil gambar secara full screen atau penuh pada layar Hp Android.