Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Hp Vivo Asli atau Palsu (100% Benar)

Ada banyak cara membedakan smartphone Vivo ori atau KW (Replika) salah satunya yang cukup familiar menggunakan kode IMEI. Namun, apakah hanya itu saja? Tentu saja tidak ada cara mengecek hp Vivo asli atau palsu dengan trik lainnya yang lebih akurat.

Peredan hp Vivo palsu memang cukup meresahkan kita sebagai calon konsumennya, oleh karena itu dengan mengetahui hp Vivo asli atau palsu setidaknya kita sudah terhindar dari tindakan penipuan hp bajakan.

Sekilas untuk membedakannya hanya dengan melihat hp Vivo asli apa palsu memang cukup sulit. Hal ini lantaran ponsel Vivo tiruan sudah memiliki desain yang hampir sama atau mirip.

Maka dari itu diperlukan metode pengecekan data hp dengan kelengkapan surat-surat paket penjualan produk tersebut.

Daripada penasaran langsung saja berikut cara mengecek hp Vivo asli atau tidak secara akurat dan tepat.

Cara Mengecek Hp Vivo Asli atau Palsu

cara mengecek hp vivo asli dan palsu
Panduan tips membedakan hp Vivo asli dan palsu ini dapat Kamu pakai untuk semua tipe Vivo mulai dari Vivo lama dan keluaran terbaru sekalipun.

Misalnya saja beberapa tipe hp Vivo yang cukup ramai di pasaran seperti seri Vivo Y53, Vivo Y93, Vivo V7, Vivo Y5, Vivo Y15, Vivo Y12, Vivo Y71, Vivo Y91, dan lainnya.

Langkah-langkah Mengecek Hp Vivo Asli atau KW dengan mudah


cara mengecek hp vivo asli dengan kode

Cek Kode IMEI Vivo

Kode cek hp Vivo asli atau palsu dengan nomor IMEI hp ini sangat akurat sekali untuk mengetahui keaslian hp Vivo tersebut.

Melalui nomor IMEI tersebut kita bisa mengetahui spesifikasi hp Vivo mulai dari tipe hp Vivo dan tahun pembuatan hingga negara pembuat hp Vivo tersebut.

cara cek hp vivo asli

Langsung saja berikut cara untuk mengecek keaslian hp Vivo dengan nomor IMEI.
  1. Aktifkan hp Vivo Kamu lalu buka Dial Pad.
  2. Masukkan kode USSD *#06# untuk cek serial number Vivo tersebut.
  3. Tekan tombol Panggil (Dial Up).
  4. Catat nomor IMEI Vivo tersebut.
  5. Buka laman resmi dukungan Vivo di https://www.vivo.com/id/support/IMEI
  6. Terakhir Kamu dapat memasukkan nomor IMEI yang sudah Kamu catat sebelumnya, lalu tekan tombol Kirim.
  7. Secara otomatis laman tersebut akan menampilkan seluruh informasi terkait nomor IMEI tersebut.
Lantas bagaimana jika tidak muncul? Dapat dipastikan hp Vivo palsu (Fake). Melalui situs resmi Vivo ini kita dengan mudah mengetahui tipe produk Vivo yang sudah resmi terdaftar atau tidak.

Baca juga kumpulan kode rahasia Xiaomi untuk membuka banyak fitur terlarang di smartphone.

Selain menggunakan menu Dial Up Kamu juga bisa mengetahui nomor IMEI hp lewat Menu Settings > System > About Phone.

cara-mengecek-hp-vivo-ori-atau-palsu

Cek Kelengkapan Dokumen

Kelengkapan surat dokumen adalah syarat wajib penjualan barang legal yang mana hal ini untuk menguatkan status barang tersebut.

Termasuk untuk sektor penjualan hp, Kamu bisa menanyakan hal ini kepada penjual hp Vivo tersebut.

Biasanya hp Vivo asli pasti dilengkapi dengan dokumen pembuatan, spesifikasi hp, buku panduan, hingga nama toko tempat membeli hp Vivo tersebut.

cara mengecek hp vivo asli atau replika

Cek Garansi Hp

Masa garansi diberikan untuk setiap konsumen yang membeli perangkat secara resmi atau legal. Selama masa garansi berlaku dengan ketentuan syarat dari setiap produsen, kita bisa melakukan klaim jika terjadi kerusakan terhadap produk tersebut.

Biasanya akan ada penggantian perangkat atau perbaikan (Service) jika produk mengalami kerusakan.

Sebaliknya jika perangkat tersebut adalah palsu atau barang ilegal yang tentunya tidak akan dilengkapi dengan dokumen resmi dan masa garansi produk.

Biasanya untuk hp akan diberikan masa garansi hingga 1 tahun lamanya untuk penjualan di gerai resmi. Namun, jika Kamu mendapati masa garansi yang terlalu singkat hanya beberapa minggu. Hal tersebut patut Kamu waspadai sebagai tindakan penipuan.

Tips cek tipe hp Samsung all type mulai dari yang jadul hingga smartphone terbaru.

cara mengecek hp vivo asli atau kw

Cek Harga Hp

Harga hp Vivo asli atau original biasanya cenderung memiliki harga yang standard atau tidak jauh berbeda satu sama lainnya.

Tetapi untuk harga hp Vivo KW cenderung dibanderol dengan harga jual yang lebih murah dari harga pasaran hp tersebut.

Hal ini lantaran perangkat tersebut ilegal tanpa mengantongi surat ijin baik dari perusahaan atau negara.

Maka dari itu sebaiknya lakukan review pasaran harga hp terlebih dahulu sebelum membelinya, Kamu bisa mencari refrensi harga hp Vivo terbaru melalui laman resminya.

cara melihat hp vivo asli atau palsu

Cek Casing Hp

Salah satu ciri-ciri hp Vivo asli yaitu memiliki desain bodi yang elegan dan mewah. Hal ini lantaran terbuat dari material berkualitas baik.

Memiliki tampilan perangkat yang lebih mencolok dan segar, sebaliknya untuk hp Vivo palsu biasanya lebih kusam dan kurang menarik dilihat.

Lebih daripada itu untuk material lainnya biasanya juga menggunakan bahan berkualitas rendah, misalnya saja untuk cat yang mudah terkelupas.

Lantaran terbuat dari bahan berkualitas rendah biasanya bobot hp Vivo palsu juga berbeda dari hp Vivo asli.

cara membedakan hp vivo asli dan palsu

Cek Ketajaman Layar

Bukan hanya dari tampilan eksternalnya saja melainkan internalnya juga harus kita cek, salah satunya dari ketajaman layar monitor hp Vivo tersebut.

Semakin jelas dan jernih serta tidak berbayang atau ngeblur adalah tanda-tanda hp Vivo Asli. Sebaliknya jika layar ngeblur dengan kerapatan pixel di bawah 400 ppi dapat dipastikan hp Vivo tersebut palsu.

Lebih dari itu juga dari segi kualitas dan ketahan layar lebih awet dan tidak gampang bermasalah seperti layar hp Vivo bergaris atau bergoyang.

Simak juga cara mengecek sensitivitas layar sentuh hp Android untuk mengatasi touchscreen kurang respon.

cara mengetahui hp vivo asli atau palsu

Cek Kinerja Hp

Salah satu kelebihan jika kita membeli hp Vivo secara offline yaitu kita dapat memeriksanya secara langsung.

Standard pengecekan hp Vivo seperti pemeriksaan performa sistem hp tersebut, Kamu bisa melakukan pengambilan foto atau video untuk mengetahui apakah sesuai yang tertera di dus.

Selain itu Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan di sektor dapur pacu seperti RAM dan lainnya, cek apakah sudah sesuai atau tidak.

cara mengecek hp vivo asli atau palsu

Pilihan Bahasa Indonesia

Hal menarik yang jarang disadari oleh kebanyakan orang, bahwa untuk setiap produk perangkat seluler yang asli atau legal sudah mendukung penggunaan bahasa Indonesia.

Hal ini bukan tanpa alasan, selain untuk memudahkan calon pembeli juga suatu keharusan untuk menunjukan identitas negara tersebut.

Ketika Kamu mendapati smartphone Vivo Kamu tanpa tersedia pilihan bahasa Indonesia dapat dipastikan bahwa ponsel Vivo tersebut palsu.

cara mengecek hp vivo asli atau tidak

Cek Perangkat Lunak

Operating System hp Vivo asli pastinya akan dibekali dengan versi terbaru, selain itu untuk dukungan pembaharuan juga selalu tersedia.

Sebaliknya untuk hp Vivo KW kebanyakan menggunakan OS lama dan tidak bisa diupdate, hal ini lantaran keterbatasan spesifikasi perangkat tersebut untuk menggunakan OS terbaru.

Silakan Kamu cek melalui Menu Settings > System > About Phone untuk mengetahui OS yang digunakan.

Artikel menarik lainnya tentang cara reset hp Vivo semua tipe mulai dari lama hingga terbaru.

Dari beberapa poin di atas setidaknya sedikit membantu kita dalam membedakan smartphone Vivo asli atau KW.

Selebihnya berikut beberapa tips yang dapat Kamu ikuti untuk meminimalisir kekeliruan dalam membeli hp Vivo tersebut.

cara mengecek hp vivo original atau palsu

Tips Membeli Hp vivo Asli Agar Tidak Kena Tipu

  • Usahakan untuk membeli smartphone Vivo di gerai resminya atau setidaknya yang memiliki reputasi baik.
  • Jika membeli hp Vivo secara online cek juga review terkait produk dan toko tersebut, selain itu cek juga umur akun toko martketplace tersebut. Semakin tua semakin dapat dipercaya.
  • Jika kurang yakin saat melakukan pembelian online, Kamu bisa meminta COD untuk meminimalisir barang tidak dikirim sesuai gambar atau deskripsi.
Berhati-hati dalam melakukan transaksi penjualan baik secara online atau offline dapat menghindarkan kita menjadi korban penipuan.

Beberapa tips sederhana cara mengecek hp Vivo asli atau palsu dengan kode hingga melalui pengamatan langsung semoga dapat membantu Kamu dalam membedakan hp Vivo ori apa KW.