Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Sensitivitas Layar Sentuh Hp Android (Work)

Touchscreen smartphone Kamu kurang responsif ketika disentuh, bisa jadi sensivitas layar ponsel Kamu sudah mulai berkurang atau menurun. Nah, untuk mengatasinya Kamu bisa mengatur sensitif layar hp Android tersebut dengan cara menambah besaran sensitifnya melalui menu Settings atau Pengaturan.

Memperbaiki sensitif layar hp yang hilang dengan cara merubah sensitivitas layar pada menu Pengaturan langkah pertama yang bisa Kamu jadikan pilihan untuk mengembalikan layar hp yang kurang sensitif tersebut.

Alternatif lainnya Kamu bisa menggunakan aplikasi penambah sensitif layar Android yang bisa Kamu unduh dan pasang di Google Play Store secara gratis.

Adapun beberapa faktor yang dapat menyebabkan layar Android kurang sensitif yaitu sebagai berikut.

Penyebab Layar Hp Android Tidak Sensitif

Ada banyak sebab yang bisa dijadikan patokan diantaranya mungkin sudah Kamu ketahui sebelumnya.

  • Penggunaan animasi yang terlalu banyak di Android.
  • Aliran arus listrik yang terlalu tinggi, khususnya pada saat pengisian daya baterai.
  • Hp atau ponsel pernah jatuh yang mengakibatkan kerusakan komponen, khususnya pada layar LCD hp.
  • Permukaan layar sentuh terhalang oleh benda lain seperti screen protector atau karena kotoran yang menempel.

Selanjutnya kita bahas bagaimana caranya mengatasi layar hp Android yang kurang sensitif ketika disentuh tersebut, melalui metode yang bisa Kamu coba di bawah ini.

Cara Mengatur Sensitif Layar Hp Android

cara mengatur sensitif layar android
Ketika kita sudah mengetahui bahwa layar Android tidak sensitif lagi dengan berbagai macam tes sensitif touchscreen, langkah selanjutnya Kamu bisa mencoba salah satu metode berikut.

Satu lagi tutorial setting sensitif touchscreen hp ini bisa Kamu gunakan untuk semua merk smartphone meliputi Hp Xiaomi, Samsung, Advan, Realme, Oppo, Lenovo, Vivo, Asus, LG, dan lainnya.

Langkah-langkah Memperbaiki Sensitivitas Layar Sentuh Hp Android


cara setting sensitif layar android

1. Bersihkan Layar

Layar kurang sensitif bisa jadi disebabkan karena touchscreen yang kotor biasanya karena berminyak karena terlalu lama digunakan hingga terkena air.

Silakan Kamu bersihkan layar sentuh hp dengan kapas atau kain lembut dan usapkan secara perlahan mulai dari tengah ke pinggir.

Tidak dipungkiri bahwa layar hp yang kotor dan berminyak dapat mengurangi sensitivitas layar terhadap sentuhan jari kita.

aplikasi penambah sensitif layar android

2. Kalibrasi Ulang

Ini adalah metode kedua yang bisa Kamu gunakan untuk meningkatkan sensitivitas layar dengan sangat mudah.

Melalui menu Pengaturan Kamu bisa mengatur sensitif layar dengan mengembalikannya ke bawaan pabrikan atau default.

Selain itu Kamu juga dapat mengetahui kerusakan pada layar, terutama untuk kerusakan sistem Android tersebut.

Namun, untuk smartphone yang belum mendukung tool ini. Solusinya Kamu bisa mengunduh dan menginstal aplikasi untuk mengatur sensitif layar di Play Store.

  1. Hidupkan hp Android Kamu lalu buka Google Play Store.
  2. Silakan Kamu masukkan kata kunci Touchscreen Fixer di kolom pencarian Play Store.
  3. Kamu download dan instal apk Touchscreen Fixer tersebut.
  4. Buka aplikasinya lalu ketuk tombol Mulai, selanjutnya Kamu dapat mengikuti petunjuk kalibrasi yang sudah tersedia dalam apk tersebut.

Teknis perbaikan sensitivitas layar sebenarnya sangat simpel, biasanya dengan cara mempersingkat waktu respon sentuh terhadap layar. Alhasil kinerja sistem jadi lebih sensitif atau responsif.

Terlebih melalui aplikasi ini kita juga dapat mengetahui nilai respon sentuhan terhadap layar, jadi memang sangat membantu dalam hal kalibrasi ulang layar hp.

cara cek sensitif layar android

3. Ganti Pelindung Layar

Salah satu masalah layar tidak sensitif lagi seperti sebelumnya, yaitu karena penggunaan Screen Protector atau pelindung layar yang tidak kompatible.

Penggunaan pelindung layar yang terlalu tebal dapat mengakibatkan sensitivitas layar hp menurun, alhasil sering ngaco atau sulit digerakan.

Kamu bisa mengatasi sensitif layar yang menghilang tersebut dengan cara mengganti pelindung layar smartphone dengan yang lebih tipis.

Ada baiknya Kamu juga mengubah pengaturan sensitivitas sentuhan atau Touch Sensitivity melalui menu Pengaturan di hp Android Kamu. Silakan Kamu tingkatkan agar lebih respon dalam menerima sentuhan jari.

Namun, jika layar masih tidak sensitif juga. Kamu bisa melepas pelindung kaca atau Tempered Glass tersebut dari smartphone Android Kamu.

cara menurunkan sensitif layar android

4. Kurangi Skala Animasi Layar

Transition Animation Scale atau yang lebih dikenal Skala Animasi ini merupakan sebuah pengaturan pada smartphone yang berguna untuk mengatur lamanya respon layar sentuh ketika diusap.

Pengaturan skala animasi yang terlalu tinggi bisa membuat sensitivitas layar berkurang, hal ini karena respon aplikasi yang dijalankan semakin lambat.

Nah, untuk mengembalikan sensitivitas layar smartphone yang menurun karena masalah ini. Kamu bisa mengikuti panduan di bawah ini.

  1. Buka hp Kamu lalu masuk ke menu Pengaturan (Settings).
  2. Setelah itu Kamu ketuk Tentang Perangkat (About Phone).
  3. Pada opsi Nomor Bentukan Kamu ketuk 5x hingga muncul pemberitahuan Opsi Pengembang Telah Aktif.
  4. Setelah itu Kamu buka Opsi Pengembang (Developer Options) pada menu Pengaturan (Settings).
  5. Pada menu ini Kamu cari opsi berikut:
  • Windows Animation Scale : .5x
  • Transition Animation Scale : .5x
  • Animator Duration Scale : .5x

Semuanya diturunkan nilainya ke .5x untuk mempercepat respon pada aplikasi yang dibuka.

cara menambah sensitif layar android

5. Hapus File Sampah

File sampah atau Junk Files memang menimbulkan banyak masalah salah satunya adalah sensitivitas layar yang tidak responsif lagi.

Sistem Android yang terlalu banyak memuat file sampah membuat kinerja sistem jadi lebih lambat atau lemot. Alhasil ketika kita mengusap layar jadi kurang sensitif atau susah digerakan.

Adakalanya kita melakukan pembersihan rutin terhadap ruang tempat penyimpanan file internal hp kita.

Kamu bisa menghapus secara manual dengan mengecek apk atau game yang jarang dipakai pada Manajer Aplikasi, Kamu pilih apk yang ingin dihapus lalu ketuk uninstall.

Kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan sampah file yang menumpuk, silakan Kamu cari di Google Play Store. Kamu bisa memakai Clean Master, Cache Cleaner, dan lainnya.

cara memperbaiki sensitif touchscreen

6. Atur Pointer Speed

Opsi selanjutnya untuk mengatasi sensitif layar hp yang berkurang yaitu dengan mengatur kecepatan penunjuk (Pointer Speed).

Adapun pengaturannya Kamu dapat mengikuti pentunjuk di bawah ini.

  1. Hidupkan hp Android Kamu lalu buka menu Pengaturan (Settings).
  2. Pilih opsi Bahasa dan Masukan lalu cari Pointer Speed.
  3. Kamu ketuk opsi tersebut Kemudian geser slider poin hingga mentok atau penuh.

Setelah itu Kamu bisa tes sensitif touchscreen Android Kamu, apakah sudah cepat atau masih lambat.

Artikel menarik lainnya tentang cara screenshot hp Oppo dengan aplikasi dan tanpa aplikasi untuk semua tipe.

Sebenarnya masih banyak metode perbaikan yang bisa Kamu pakai untuk mengembalikan sensitivitas layar yang berkurang, seperti penggunaan charger hp original.

Hal ini lantaran kestabilan dan kesuaian arus listrik yang dihantarkan ke baterai lebih terjaga, jadi tidak naik turun yang mengakibatkan sensitivitas layar terganggu.

Baca juga cara mengembalikan foto yang terhapus di hp Realme dengan sangat mudah dan cepat.

Metode lainnya seperti mematikan sebentar smartphone ketika sudah sangat panas juga dapat menstabilkan kembali kinerja sistem Android, biasanya ponsel yang terlalu panas banyak menimbulkan masalah selain ngelag atau ngehang.

Sensitif layar hp yang hilang memang membuat kita kesal terlebih ketika saat bermain game Android, permainan berasa lebih berat karena kinerja layar yang terganggu.

Selain itu terkadang masalah layar yang kurang sensitif ini juga menimbulkan kita salah ketik atau typo saat mengirim pesan atau chatting di media sosial seperti WhatsApp, Facebook, atau Instagram.

Panduann lainnya terkait cara mengatur ukuran icon aplikasi Android di hp Samsung agar lebih rapi dan tidak berantakan.

Nah, untuk kerusakan layar hp karena terjatuh yang mengakibatkan layar retak atau bergaris. Solusi terbaik adalah dengan cara mengganti layar LCD yang bisa Kamu beli di toko elektronik.

Sekian untuk pembahasan cara mengatur sensitif layar hp Android yang bisa Kamu coba guna memperbaiki sensitivitas touchscreen yang menurun atau berkurang.