Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam Hp Android (100% Valid)

Non-removable battery atau baterai tanam akhir-akhir ini memang sering dipakai pada smartphone keluaran terbaru, alhasil banyak dari kita sebagai pengguna bingung atau belum begitu paham bagaimana cara mengecek kesehatan baterai tanam hp Android ini.

Pasalnya untuk mengetahui kondisi baterai tanam rusak atau tidak itu sulit dilakukan, misalnya saja untuk baterai tanam hp kembung dan bocor.

Dimana kita tidak bisa melepas baterai begitu saja, karena desain casing hp yang sudah melekat menjadi satu dan susah untuk dibuka.

Lantas jika terjadi kerusakan apa baterai tanam hp bisa diganti? Tentu saja bisa, cuman perlu penanganan yang berbeda dari jenis baterai umumnya.

Terlepas dari itu semua ada cara untuk memeriksa baterai tanam tersebut yang mana Kamu bisa mempraktikannya dengan sangat mudah.

Namun, sebelumnya ada beberapa hal yang dapat Kamu jadikan patokan untuk memastikan kondisi baterai tanam apakah masih normal atau sudah rusak.

4 Tanda Baterai Hp Tanam Rusak

 Berikut ciri-ciri baterai smartphone rusak yang bisa Kamu ketahui dengan sangat mudah.

1. Baterai Tanam Hp Cepat Habis (Ngedrop)

Daya baterai sudah terisi penuh (100%) tetapi tiba-tiba daya baterai berkurang drastis hingga beberapa persen hanya dalam hitungan menit saja.

Nah, untuk kasus kerusakan baterai yang paling parah yaitu hp sudah tidak bisa dihidupkan tanpa dicas atau jumper.

2. Hp Sering Mati Sendiri

Pernah mengalami hal semacam ini, tiba-tiba hp mati sendiri. Bisa jadi itu disebabkan karena baterai sudah tidak bisa menyimpan tegangan listrik secara optimal.

Biasanya jika sudah begini kerusakan baterai akan berlanjut sampai ke tahap hp mati total atau sepenuhnya. Dalam kondisi baterai seperti ini kerusakan sudah sangat parah, karena baterai tidak mampu menerima dan menyimpan daya lagi.

3. Waktu Cas Hp Terlalu Cepat atau Lama

Hal ini sering terjadi ketika baterai hp rusak atau bermasalah, proses pengisian daya baterai yang terlalu cepat atau sebaliknya.

Perlu diketahui saja untuk proses pengisian baterai hp sendiri biasanya memakan waktu 2 - 4 jam untuk baterai normal tidak bermasalah. Tetapi jika kurang atau lebih dari itu bisa dipastikan baterai mengalami kerusakan.

4. Layar Hp Berkedip-kedip

Ketika layar ponsel Kamu sering berkedip gelap terang, hal tersebut bisa disebabkan karena baterai yang sudah tidak stabil lagi dalam menyalurkan arus listrik ke ponsel.

Alhasil layar berkedip hingga bergerak sendiri naik atau turun karena tegangan arus listrik yang masuk tidak stabil dan maksimal.

Setelah kita mengetahui apa saja ciri-ciri baterai hp tanam yang rusak, sekarang kita akan mencoba mengeceknya untuk memastikan kesehatan baterai tersebut.

Cara Cek Kondisi Baterai Tanam Hp

cara cek kesehatan baterai tanam
Ada beberapa metode pengecekan kondisi baterai tanam di hp Android Kamu, mulai dari penggunaan aplikasi atau tanpa aplikasi.

cara cek baterai hp tanam

1. Kode Cek Baterai

Salah satu cara paling mudah untuk mengecek baterai tanam smartphone yaitu dengan menggunakan kode pengecekan baterai yang sudah tersedia khususnya pada hp berjenis Non-removable battery.

Kamu bisa melakukan panggilan melalui Dial Pad dengan memasukkan beberapa kode USSD berikut.

*#*#4636#*#*
Setelah Kamu mengetikan kode tersebut, silakan Kamu tekan tombol Panggil (Dial).

Tunggu sebentar hingga muncul notifikasi atau pemberitahuan tentang informasi kondisi baterai sekarang.

Pada tabel informasi tersebut biasanya terdapat status baterai, Kamu bisa melihat dan mengeceknya.

Metode pengecekan baterai seperti ini sudah bisa diterapkan oleh semua merk hp terutama untuk keluaran terbaru seperti Xiaomi, Asus, Advan, LG, Oppo, Realme, Huawei, Lenovo, Vivo, dan lainnya.

cara cek kondisi baterai hp tanam

2. Test Performa Baterai

Alternatif kedua ini sangat mudah Kamu ikuti, yaitu dengan melakukan uji coba kemampuan daya simpan baterai tersebut.

Caranya cukup mudah silakan Kamu cas atau isi ulang daya baterai hingga penuh (100%).

Setelah itu Kamu bisa mengujinya dengan membuka aplikasi atau game dengan spesifikasi tinggi yang membutuhkan kemampuan grafis di atas rata-rata.

Ketika membuka aplikasi yang berat maka kinerja GPU dan CPU hingga RAM akan meningkat, alhasil konsumsi daya baterai lebih besar.

Pada keadaan seperti ini Kamu bisa mengetahui kondisi baterai hp tersebut dengan cara memperhatikan besaran persentase daya baterai yang berkurang.

Semakin besar dan cepat daya baterai yang terkuras, maka dapat dipastikan bahwa baterai hp ngedrop atau rusak. Misalnya saja daya baterai berkurang 5% dalam waktu beberapa detik saja.

cara cek kesehatan baterai tanam android

3. Aplikasi Cek Baterai

Biar lebih mudah lagi Kamu bisa lihat kondisi baterai dengan aplikasi AccuBattery yang bisa Kamu download dan instal secara gratis di Google Play Store.

Aplikasi ini sangat membantu dalam memberitahukan segala informasi tentang kondisi baterai, mulai dari kesehatan baterai hingga perkiraan waktu yang tersisa dari daya baterai tersebut.

Adapun cara untuk menggunakan aplikasi AccuBattery berikut panduannya.

  1. Download dan instal aplikasi AccuBattery di Google Play Store terlebih dahulu.
  2. Jika sudah Kamu matikan smartphone terlebih dahulu, setelah itu Kamu cas atau isi ulang daya baterai hp hingga penuh (Full).
  3. Lepas charger dan hidupkan hp Android Kamu.
  4. Buka aplikasi AccuBattery tersebut, biasanya akan terdapat informasi terkait kesehatan baterai (Battery health).

Aplikasi ini dapat digunakan untuk semua jenis baterai baik model tanam atau lepas.

cara mengecek baterai tanam masih bagus atau tidak

4. Buka Casing Hp

Pilihan terakhir jika semua metode di atas belum juga memberikan hasil yang meyakinkan, Kamu bisa melepas casing hp tersebut.

Melepas casing hp baterai tanam memang cukup sulit, hal ini karena menggunakan metode kancing antar casing bukan mur dan baut seperti biasanya.

Biasanya casing sedikit lentur karena berbentu karet yang bisa kita longgarkan untuk melepasnya.

Gunakan alat seperti obeng minus atau lainnya yang bisa digunakan untuk mencongkel.

Jika sudah terlepas Kamu bisa mengamati kondisi fisik baterai tanam tersebut, biasanya jika baterai sudah rusak akan melembung.

Selain itu jika umur baterai sudah lama biasanya logo atau segel baterai akan buram dan tidak jelas.

Lebih dari itu juga untuk kasus baterai tanam hp bocor akan mengeluarkan cairan seperti minyak disekitar terminal baterai tersebut.

Jika sudah dalam kondisi tersebut Kamu dapat mengganti baterai tanam hp dengan yang baru.

Tutorial cara cek hp Oppo asli atau palsu agar tidak kena tipu saat membeli smartphone baru di pasaran.

Nah, untuk menanggulani masalah kerusakan pada baterai tersebut. Kamu bisa meminimalisirnya dengan mengetahui apa saja yang menyebabkan baterai tanam hp rusak.

cara cek kesehatan baterai smartphone

5 Penyebab Baterai Tanam Hp Smartphone Android Rusak

 Sebab-sebab kenapa baterai tanam Android cepat rusak atau bermasalah.

  1. Faktor usia pakai oleh karena itu selalu cek umur baterai, umur baterai yang sudah terlalu lama biasanya akan bermasalah terutama pada performa baterai yang menurun.
  2. Pemakaian charger rusak juga dapat mengakibatkan performa baterai melemah. Biasanya karena aliran arus listrik yang kurang maksimal.
  3. Penggunaan hp dalam keadaan dicas, biasanya ini yang sering terjadi. Baterai jadi cepat kembung dan ngedrop.
  4. Smartphone atau ponsel jarang dipakai, ini juga dapat menyebabkan umur baterai cepat berakhir. Baterai dalam keadaan mati tanpa aliran listrik sangat berpontensi mengalami kerusakan.
  5. Saat mengisi daya sebaiknya juga jangan terlalu lama, biasakan cabut charger dari stopkontak beserta smartphonenya jika lampu indikator pengisian daya sudah penuh (lampu hijau).

Selebihnya agar umur baterai lebih awet sebaiknya jangan mengecas baterai hp dengan tegangan arus listrik yang tidak stabil, seperti di dalam mobil, bus, dan lainnya.

Artikel menarik lainnya seputar cara menampilkan persentase baterai Samsung Galaxy A Series lengkap.

Terlepas dari itu semua penggunaan baterai tanam pada smartphone keluaran terbaru memang memiliki kelebihan tersendiri, akan tetapi patut diakui juga untuk perawatannya memang sedikit ribet dari baterai biasanya (removable-battery).

Jika Kamu mendapati baterai tanam yang rusak dan belum begitu paham cara memperbaikinya, bisa Kamu bawa ke tempat servis hp terdekat. Biasanya akan dilakukan penggantian baterai lama dengan yang baru.

Selesai sudah ulasan tentang cara mengecek kesehatan baterai tanam hp Android atau smartphone, semoga dapat membantu Kamu untuk mengetahui kondisi baterai hp secara mudah dan cepat tanpa harus melepas casing ponsel.
semutimut.com Hello my friends