Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel Tanpa Beli Pulsa

Kartu Telkomsel Kamu sudah masuk masa tenggang? Tenang Kamu tetap bisa menggunakannya dengan cara menambahkan atau memperpanjang masa aktif Telkomsel tersebut.

Kamu bisa perpanjang masa aktif kartu Telkomsel dengan cara membeli pulsa seperti biasanya atau hanya beli masa aktif Telkomselnya saja.

Lantas apa masih bisa memperpanjang masa aktif Telkomsel tanpa mengisi pulsa?

Selama ini metode dan peraturan yang ditetapkan banyak operator seluler yaitu dengan melakukan isi ulang pulsa utama terhadap nomor seluler tersebut.

Namun, ketika Kamu malas berangkat ke konter Kamu tetap bisa menambahkan masa aktif Telkomsel dengan cara membeli masa aktif. Hal ini cukup membantu kita karena tanpa repot harus beli pulsa terlebih dahulu ke konter, hanya bermodalkan sisa pulsa di Hp kita saja sudah bisa mendapatkan penambahan masa aktif.

Layanan tersebut bersifat berbayar, adapun untuk besaran tarif yang dikenakan tergantung dari seberapa lama penambahan masa aktif kartu.

Adapun metode yang akan kita bahas kali ini bisa Kamu terapkan untuk semua jenis produk dari provider Telkomsel seperti kartu As, SimPATI, Flash, Loop, dan Halo.

Namun, sebelumnya sudah pada tahu belum cara mengecek masa aktif kartu Telkomsel ini. Jika belum berikut tutorialnya.

Cara Cek Masa Aktif Telkomsel

Kamu dapat mengetahui masa aktif kartu Telkomsel tersebut dengan beragam cara cek masa tenggang Telkomsel yang bisa Kamu baca di artikel ini.

Ada beberapa alternatif cara untuk mengecek masa aktif Telkomsel, baik lewat Dial UP dengan menggunakan kode USSD atau melalui aplikasi MyTelkomsel yang dapat Kamu unduh di Google Play Store dan App Store.

Cek Masa Aktif Telkomsel Via UMB (Dial Up)

Kamu masukkan saja kode USSD berikut *888# lalu tekan Panggil (Call). Setelah itu biasanya kita mendapatkan notifikasi seputar informasi dari nomor Telkomsel yang kita gunakan.

Cek Masa Aktif Telkomsel Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Silakan Kamu unduh terlebih dahulu aplikasi MyTelkomsel di Play Store dan App Store. Setelah itu Kamu dapat mengunduh serta menginstal di smartphone melalui laman resminya di https://my.telkomsel.com

Pada aplikasi ini terdapat beragam layanan dari Telkomsel yang bisa kita ketahui, seperti cek nomor Telkomsel, cek sisa pulsa, voucher, dan lainnya.

Ada pertanyaan seputar masa aktif Telkomsel tidak bertambah meskipun sudah melakukan isi ulang pulsa, biasanya masalah ini disebabkan karena kartu Telkomsel telah habis masa aktifnya atau kadaluarsa. Jadi pengiriman pulsa biasanya akan gagal karena nomor tersebut sudah mati atau tidak aktif lagi.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel

cara memperpanjang masa aktif telkomsel
Pada bahasan ini kita akan mencoba menambahkan masa aktif Telkomsel dengan cara membeli pulsa utama dan tanpa pulsa menggunakan layanan paket masa aktif Telkomsel itu sendiri.

Kamu dapat memilihnya sesuai kebutuhan, berikut cara perpanjangan masa aktif kartu seluler Telkomsel meliputi kartu As, simPATI, Halo, dan Loop.

1. Masa Aktif Kartu As

cara memperpanjang masa aktif telkomsel dengan pulsa
Nah, untuk cara memperpanjang masa aktif kartu As kita dapat melakukannya dengan mudah dan cepat.

Kendati demikian ketentuan dan peraturan yang ditetapkan pihak Telkomsel untuk kartu As sendiri tidak memungkinkan penambahan masa aktif kartu seluler berdasarkan akumulasi pembelian pulsa utama.

Melainkan penambahan masa aktif hanya berlaku untuk pembelian pulsa utama dengan nominal terbesar dengan masa aktif paling lama.

Langsung saja berikut besaran nominal pengisian pulsa beserta tenggang masa aktif yang diberikan.

  • Rp 5.000 : 7 Hari
  • Rp 10.000 : 7 Hari
  • Rp 20.000 : 15 Hari
  • Rp 50.000 : 30 Hari
  • Rp 100.000 : 30 Hari

Semakin besar nominal pulsa yang Kamu beli maka semakin lama juga masa aktif yang diberikan.

Berbeda dengan kartu As dengan pemberlakuan masa aktif layanannya. Kartu simPATI juga punya aturan tersendiri dalam hal perpanjangan masa aktif.

2. Masa Aktif simPATI

cara memperpanjang masa aktif telkomsel tanpa mengisi pulsa
Buat Kamu pengguna aktif kartu simPATI ada cara memperpanjang masa aktif simPATI yang bisa Kamu coba, baik melalui pembelian pulsa utama ke konter atau membeli paket masa aktif di layanan operator Telkomsel.

Silakan Kamu pilih yang mana menurut Kamu paling mudah dilakukan. Nah, untuk metode pertama kita akan mencobanya dengan melakukan isi ulang pulsa simPATI.

Isi Ulang Pulsa

Berbeda dengan kartu As yang tidak memberlakukan sistem akumulasi pulsa, untuk penambahan masa aktif simPATI sendiri sudah diberlakukan aturan tersebut.

Artinya masa aktif tetap bisa bertambah dan tidak ditentukan dengan pembelian nominal pulsa terbesar sebagai masa aktif dari kartu seluler tersebut.

  • Rp 5.000 : 7 hari
  • Rp 10.000 : 15 hari
  • Rp 15.000 : 20 hari
  • Rp 20.000 : 30 hari
  • Rp 25.000 : 30 hari
  • Rp 50.000 : 45 hari
  • Rp 100.000 : 60 hari
  • Rp 150.000 : 120 hari
  • Rp 200.000 : 150 hari
  • Rp 300.000 : 180 hari
  • Rp 500.000 : 240 hari
  • Rp 1.000.000 : 330 hari

Kamu dapat melakukan isi ulang pulsa tersebut dengan cara membelinya di konter terdekat. Namun, jika malas Kamu dapat membeli pulsa secara online atau melalui layanan aplikasi MyTelkomsel.

Buat Kamu yang ingin memperpanjang masa aktif Telkomsel lewat Dial Up atau via UMB dengan menggunakan kode USSD sebagai perintahnya.

Beli Paket Masa Aktif

Ini adalah cara yang paling mudah dilakukan untuk menambahkan masa aktif kartu simPATI Kamu.

Cukup dengan menekan beberapa kode USSD saja maka secara otomatis menu UMB akan terbuka, di dalam menu tersebut Kamu bebas memilihnya.

1. Hidupkan ponsel Kamu, lalu masuk ke telepon dan masukkan beberapa kode USSD perpanjangan masa aktif simPATI.

2. Masukkan kode *999# pada ponsel Kamu, lalu tekan Dial atau Panggil (Tombol telepon berwarna hijau)

3. Biasanya muncul pop up berisikan menu yang dapat kita pakai. Kamu pilih saja Lainnya, biasanya opsi ini berada di paling bawah sendiri.

4. Jika masih belum menemukan paket masa aktif dari Telkomsel. Kamu bisa pilih Layanan Lain lagi, hingga menemukannya.

5. Nah, biasanya sampai di sini kita sudah bisa menemukannya. Kamu pilih Paket Masa Aktif lalu jawab Ya sebagai konfirmasi terhadap layanan tersebut.

6. Biasanya jika sudah berhasil membeli paket masa aktif Telkomsel, kita akan mendapatkan notifikasi berupa pesan singkat lewat SMS.

Solusi buat Kamu yang ingin mengirim pulsa ke lain operator, ini dia cara transfer pulsa Tri ke Telkomsel yang bisa Kamu coba.

3. Masa Aktif LOOP

cara menambah masa aktif telkomsel
Khusus buat Kamu pengguna kartu LOOP yang ingin menambahkan masa aktifnya, ini dia cara memperpanjang masa aktif kartu LOOP yang bisa Kamu lakukan.

Berbeda dengan produk Telkomsel lainnya, Kamu dapat memperpanjang masa aktif LOOP dengan metode yang cukup menarik untuk dicoba.

Beli Pulsa

Kamu dapat memperpanjang masa aktif Telkomsel khususnya untuk produk kartu LOOP dengan melakukan isi ulang pulsa utama tersebut.

Sama seperti produk Telkomsel lainnya, ada penambahan masa aktif disetiap pembelian dengan jumlah nominal tertentu.

  • Rp 5.000 - 50.000 : 30 Hari
  • Rp 50.000 - 100.000 : 60 Hari
  • Rp 100.000 - 250.000 : 90 Hari
  • Rp 250.000 - 500.000 : 120 Hari
  • Lebih dari Rp 500.000 : 365 Hari (1 Tahun)

Dari tabel daftar di atas, buat Kamu yang ingin memperpanjang masa aktif Telkomsel 1 tahun bisa membeli kartu perdana LOOP dengan melakukan mengisi saldo pulsa minimal sebesar Rp 500.000.

Pemakaian Pulsa

Ada alternatif lainnya untuk memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel LOOP Kamu, yaitu dengan menggunakan pulsa tersebut untuk membeli paket sms, telepon, internet, dll.

  • Rp 5.000 - 50.000 : 30 Hari
  • Rp 50.000 - 100.000 : 60 Hari
  • Rp 100.000 - 250.000 : 90 Hari
  • Rp 250.000 - 500.000 : 120 Hari
  • Lebih dari Rp 500.000 : 365 Hari (1 Tahun)

Semakin besar nominalnya maka semakin panjang masa aktifnya, bisa kita lihat dari tabel di atas.

Ketahuilah tips cara kirim pulsa Axis ke Telkomsel agar mudah masuk dengan biaya yang murah.

Masalah lain yang biasa terjadi yaitu kartu seluler masuk masa tenggang atau bahkan mati (Expired). Nah, cara untuk mengatasinya ada di bawah ini.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel yang Sudah Habis


cara memperpanjang masa aktif telkomsel yang sudah habis

Metode ini dapat dilakukan oleh semua jenis produk Telkomsel seperti Kartu As, simPATI, LOOP, Flash, dan Halo.

Adapun cara mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah kadaluarsa atau expired yaitu dengan membawa nomor kartu Telkomsel tersebut ke gerai GraPARI setelah 15 hari melewati masa tenggang.

Bacaan menarik lainnya tentang cara pinjam pulsa Telkomsel ke operator solusi buat Kamu yang lagi bokek.

Biasanya kartu prabayar yang telah mati dan berhasil diaktifkan kembali akan berubah menjadi kartu pascabayar. Ini juga berlaku buat operator Telkomsel.

Dari sekian banyaknya cara memperpanjang masa aktif Telkomsel dengan pulsa utama atau membeli paket masa aktif kartu Telkomsel, silakan Kamu pilih salah satunya berdasarkan jenis dari produk Telkomsel seperti Kartu As, Halo, simPATI, Flash, dan LOOP.