Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Motherboard ke Casing Komputer Plus Gambar

Bongkar dan pasang komponen komputer atau laptop biasa dilakukan oleh teknisi profesional komputer. Namun, bukan berarti Kamu tidak bisa melakukannya terlebih untuk masalah sepele seperti memasang motherboard ke casing CPU PC.

Dalam kasus seperti ini tidak diperlukan keahlian khusus perbaikan atau servis komputer, karena hanya plug and play saja. Nah, yang harus Kamu lakukan hanya memperhatikan point penting-pentingnya saja. Khususnya untuk pengencangan sekrup motherboard ke casing.

Merakit PC terutama pada bagian CPU memang menyenangkan, terlebih saat kita berhasil menerapkannya sesuai petunjuk. Pemasangan motherboard ke casing sendiri hanya membutuhkan beberapa menit saja. Mungkin akan lama jika Kamu berniat untuk membersihkan motherboar dan komponen lainnya dari debu dan lamat sarang laba-laba.

Cara Memasang Motherboard ke Casing CPU Komputer

Cara Memasang Motherboard ke Casing Komputer
Pasang motherboard ke casing ini bisa Kamu lakukan pada semua jenis dan merk motherboard, mungkin ada yang sedikit berbeda cara instalasi motherboardnya. Akan tetapi hal tersebut tidak masalah , biasanya perbedaan pemasangan motherboard terletak pada posisi sekerup pengencang.

Cara Memasang Motherboard ke Casing PC

Cara Memasang Motherboard ke Casing CPU PC
1. Posisikan Casing dan motherboard secara horizontal atau tertidur, untuk memudahkan pemasangan motherboard.

2. Semua komponen dalam keadaan terlepas, sekarang Kamu cari lubang yang berperan sebagai dudukan logam (Metal Spacer) dengan ciri-ciri terdapat cincin pada pinggiran lubang dan lubang dudukan plastik.

3. Terapkan motherboard pada masing-masing dudukan lubang baik logam dan plastik ke try casing, perlu diingat bahwa posisi lubang harus tepat untuk menghindari pemasangan motherboard gagal.

4. Pemasangan motherboard pada try casing harus presisi sebagai tandanya biasanya posisi jack akan menonjol keluar dengan maksimal.

5. Jika pengecekan sudah Kamu lakukan dan motherboard siap untuk dikencangkan, silakan Kamu sekerup dengan kencang untuk menghindari terlepasnya motherboard di dalam casing.

6. Jangan lupa untuk memasang bagian port I/O pada motherboard jika tersedia, jika tidak maka tidak perlu khawatir.

7. Terakhir Kamu bisa memasang dan mengencangkan motherboard pada casing PC dengan sekerup.

Sangat mudah bukan tutorial cara memasangan motherboard ke casing pada CPU PC atau komputer, semoga bermanfaat buat Kamu yang lagi praktik bongkar dan pasang komputer. Baca Juga: Kumpulan Tombol Shortcut Photoshop dan Fungsinya