Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Touchpad Laptop dan Notebook Semua Merk

Touchpad sering kita jumpai pada perangkat laptop atau notebook, touchpad yang berfungsi menggantikan peranan mouse ternyata memiliki banyak kelebihan. Kendati demikian terkadang kita kesulitan dalam menggunakan touchpad pada laptop ini. Hal tersebut wajar saja terjadi ketika kita belum terbiasa dengan suatu hal yang masih baru.

Semakin cepat perkembangan teknologi touchpad laptop mengalami banyak kemajuan baik dari segi kenyamanannya atau pun fungsionalitasnya. Misalnya saja touchpad milik Microsoft yang sudah mengusung teknologi Precision Touchpad dengan tingkat presisi yang tinggi dan gestur yang bagus.

Selain itu untuk touchpad Macbook dari Apple bisa dibilang lebih dulu unggul dalam hal fitur dengan kemampuan dan kenyamanan yang maksimal. Kendati demikan perlu diingat untuk memaksimalkan penggunaan touphad baik untuk Windows dan MacOS Kamu harus terlebih dahulu menginstal driver touchpad, hal ini untuk mengaktifkan semua fungsi touchpad laptop.

Cara Menggunakan Touchpad Pada Laptop

cara menggunakan touchpad laptop
Banyak sekali gesture yang bisa Kamu mainkan saat menggunakan touchpad ini, bukan hanya gulir dan klik saja melainkan hal lainnya yang lebih mengesankan. Kamu juga bisa menerapkan tutorial menggunakan touchpad pada laptop Asus, Lenovo, Acer, Samsung, Toshiba, dan merk laptop lainnya.

cara menggunakan touchpad notebook

Cara Menggunakan Touchpad

1. Memilih Item: Ketuk touchpad satu kali.

2. Membuka Item: Ketuk touchpad dua kali.

3. Klik Kanan: Ketuk touchpad dengan dua jari secara bersamaan.

4. Gulir atau Scroll: Posisikan dua jari secara bersamaan baik ke arah atas atau bawah.

5. Zoom in atau Zoom out (Memperbesar dan Memperkecil): Posisikan dua jari secara bersamaan untuk membuat gerakan merenggangkan dan merapatkan jari secara berulang-ulang.

6. Rotate atau Memutar: Posisikan dua jari di atas touchpad buat gerakan satu jari menahan dan satu jari lainnya memutar melingkar. 

7. Tampilkan Desktop: Posisikan tiga jari secara bersamaan mengusap touchpad ke bawah untuk membuka task view sebaliknya ketika Kamu mengusap touchpad ke atas otomatis semua program atau task yang sudah dibuka akan muncul lagi.

8. Buka Task View: Posisikan tiga jari di touchpad lalu secara bersamaan diusapkan ke arah atas.

9. Drag Jendela yang Aktif: Tempatkan kursor pada title bar program lalu ketuk dua kali sambil ditahan untuk menyeret atau memindahkan letak program tersebut.

10. Beralih Antar Task Aktif: Berguna sekali saat Kamu membuka banyak program yang terbuka dan ingin beralih ke program lainnya secara lebih mudah. Caranya Kamu posisikan tiga jari di touhpad lalu secara bersamaan mengusap ke arah samping baik ke kanan atau ke kiri untuk beralih ke task salah satu yang aktif.

11. Aktifkan Cortana: Kamu harus terlebih dahulu mengaktifkannya yaitu dengan masuk ke Action Center lalu Kamu ganti pengaturan bawaannya pada bagian Settings lanjut ke Devices pilih Mouse and Touchpad. Sekarang Kamu bisa menggunakan touchpad tersebut dengan cara mengetuk touchpad dengan tiga jari secara bersamaan.

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah laptop atau netbook yang Kamu gunakan sudah mendukung gestur touchpad atau tidak. Nah, untuk cara mengecek gestur touchpad laptop bisa Kamu coba dengan cara membuka menu Settings lalu Devices pilih Mouse and Touchpad. Biasanya setelah kita mengaktifkan akan muncul sebuah peringatan Your PC has a precision touchpad yang menandakan laptop atau Notebook Kamu sudah mampu melakukan gestur seperti klik, swipe, dan tap.

Baca Juga: Cara Membersihkan Pin RAM Komputer dengan Penghapus

Tutorial cara mengenali dan menggunakan gestur touchpad tersebut akan lebih optimal jika Kamu praktikan di Window 10, untuk windows 7 dan 8 memang kurang maksimal. Lantaran ada beberapa perintah yang tidak bisa di eksekusi secara sempurna. Sekian dulu untuk panduan singkat cara menggunakan touchpad laptop dan notebook di Windows, semoga dapat membantu buat Kamu yang membutuhkan. Baca Juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat New Folder di Windows