Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Kirim SMS ke Nomor Tertentu

Tiba-tiba saja hp tidak bisa kirim sms dan terima sms? Kejadian tersebut sering dialami terutama saat kita mengirim pesan sms ke nomor tertentu, misalnya saja ke operator atau saat registrasi kartu SIM baru ke 4444 sebagai verifikasi untuk aktivasi kepemilikan data. Selebihnya untuk masalah pengiriman pesan singkat ke 3636 (sms premium) juga banyak yang tidak terkirim.

Gagal kirim sms di hp Android bukan hanya karena faktor pulsa habis saja melainkan juga datang dari hal lainnya. Nah, untuk mengatasi hp yang tidak bisa kirim sms tersebut. Ada baiknya jika kita melihat terlebih dahulu dari faktor apa saja yang menjadi awal mula penyebabnya.

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan hp tidak bisa kirim sms ke nomor lain.

Penyebab Hp Tidak Bisa Kirim SMS

Beberapa hal diantaranya bisa datang dari masalah jaringan atau kerusakan hardware hp.

Hilang Sinyal

Beragam gangguan pada sinyal hp bisa membuat pesan sms yang dikirim gagal terus, sinyal jaringan yang lemah hingga tiba-tiba menghilang begitu saja.

Masalah sinyal hp ini berakibat pada kualitas jaringan yang dihasilkan, alhasil saat menelpon suara sering putus-putus atau saat terhubung ke internet untuk membuka browsing saja lemotnya minta ampun.

Nomor Masuk Masa Tenggang

Salah satu hal yang sering kita lupakan adalah umur masa aktif kartu prabayar tersebut, pesan sms yang tidak bisa terkirim bisa juga datang dari masalah seperti ini.

Saat kartu masuk masa tenggang beberapa akses kartu dibatasi, salah satunya untuk mengirim pesan dan menelpon. Biasanya hanya sebatas menerima sms dan menjawab telepon saja.

Pulsa Habis

Tidak dapat mengirimkan pesan sms hanya karena masalah ini, mungkin sudah sering kita rasakan. Terlebih pulsa banyak terpakai untuk membeli paketan data internet.

Alhasil pulsa berkurang dan habis, biasanya pengguna banyak yang tidak menyadari sebelum adanya pemberitahuan bahwa pulsa tidak mencukupi untuk mengirim pesan.

Kartu SIM Rusak

Ini adalah hal yang jarang terjadi tetapi patut kita ketahui bahwa SIM Card yang telah rusak bisa menyebabkan banyak masalah seperti sms, telepon, hingga internet.

Biasanya karena kartu SIM patah atau hal lainnya, alhasil kita harus menggantinya dengan kartu SIM baru agar tetap bisa terhubung dengan dunia luar.

Konfigurasi SMSC Salah

Short Message Service Center atau pengaturan konfigurasi sms pada kartu SIM ini berperan penting dalam mengatur keluar masuknya pesan sms di smartphone Android.

Dalam kondisi sistem normal, pengaturan ini dapat langsung dipakai sesuai dengan default pengaturannya. Namun, terkadang karena kita sering usil setelan diubah tanpa mengetahui akibatnya.

Hanya Jaringan 4G

Banyak dari kita pengguna hp Android yang mengatur jaringan ke 4G Only, sah-sah saja sebenarnya karena memang direkomendasikan agar kecepatan internet lebih kencang atau tidak lemot.

Namun, tipikal jaringan ini kurang support untuk melakukan hal remeh seperti berkirim pesan dan menerima panggilan.

Jika dilihat dari data di atas memang cukup banyak penyebabnya, setidaknya kita jadi tahu kenapa hp tidak bisa mengirim sms tersebut.

Nah, untuk memperbaiki hp Android yang tidak bisa mengirimkan pesan sms ke nomor lainnya. Kamu bisa membaca tutorialnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Kirim SMS

cara mengatasi hp tidak bisa kirim sms
Sebenarnya bukan hanya saat mengirim pesan saja, saat menerima pesan sms berupa gambar juga sering gagal. Kebanyakan disebabkan karena perbedaan perangkat hp yang digunakan antara hp Android dan hp jadul biasa.

Alhasil saat kita kirimkan gambar dari perangkat yang memiliki teknologi lebih tinggi ke ponsel biasa, pesan sms gambar jadi tidak terbaca atau kosong.

Menanggapi hal tersebut laman SemutImut akan mengulasnya dan tutorial ini berlaku untuk semua hp Android dan biasa. Jadi buat Kamu pengguna hp Samsung, Advan, Asus, Acer, Oppo, Realme, Vivo, Huawei, Nokia, Xiaomi, dan lainnya.

Langkah-langkah Memperbaiki Hp Android yang Tidak Bisa Mengirimkan Pesan SMS ke Nomor Lain


penyebab hp tidak bisa mengirim sms

1. Cek Masa Aktif Kartu Seluler

Kamu salah satu pengguna kartu seluler yang jarang mengecek masa aktif kartu? Jika benar mungkin faktor pesan sms tidak bisa terkirim datang dari hal ini.

Nomor hp yang sudah masuk masa tenggang biasanya akan dibatasi, terutama akses keluar seperti mengirim sms, menelpon, mengakses internet, dan lainnya.

Kita hanya bisa menerima sms dan panggilan saja. Biasanya sering kejadian masalah seperti ini karena banyak sekarang yang beralih membeli paketan data seluler atau menggunakan kartu perdana kuota yang hanya digunakan sekali saja.

Nah, untuk mengatasinya silakan Kamu cek masa aktif kartu seluler tersebut. Sesuaikan saja dengan operator kartu yang Kamu pakai.

  • Axis: *123# > Dial
  • XL: *123# > Dial
  • Telkomsel: *888# > Dial
  • Tri (3): *111# > Dial
  • Indosat: *555# / *123# > Dial
  • Smartfren: Call 999

Kamu juga bisa mengunjungi website resmi dari masing-masing operator kartu seluler tersebut seperti di bawah ini.

  • https://tri.co.id
  • https://axis.co.id
  • https://www.xl.co.id
  • https://indosatooredoo.com
  • https://www.telkomsel.com
  • https://www.smartfren.com

Biasanya kita harus login terlebih dahulu dengan memasukkan nomor hp kita.

hp gagal kirim sms di hp android

2. Cek Sisa Pulsa

Sering kita alami terutama ketika pulsa habis buat beli paket data internet, alhasil saat mau mengirim sms gagal dan sampai disitu kita belum sadar hingga keluar notifikasi atau pemberitahuan sisa pulsa Rp 0.

Nah, untuk itu Kamu wajib melakukan pengecekan sisa pulsa yang sudah digunakan. Melalui kode USSD dari masing-masing operator berikut.

  • Axis: *123# > Tekan Dial
  • XL: *123# > Tekan Dial
  • Telkomsel: *888# > Tekan Dial
  • Tri (3): *111# > Tekan Dial
  • Indosat: *363# > Tekan Dial
  • Smartfren: Call *999# > Tekan Dial

Nah, untuk pengguna hp Android Kamu bisa memanfaatkan layanan aplikasi cek pulsa seperti MyXL, MyTelkomsel, Bima+, dan lainnya yang dapat Kamu download dan instal di Google Play Store.

hp tidak bisa kirim sms

3. Cek Konfigurasi SMSC

Sudah pernah mengutak-atik sebelumnya? Settingan konfigurasi SMSC ini memiliki peranan cukup penting dalam mengatur lalu lintas pesan sms di hp Kamu.

Selebihnya konfigurasi SMSC ini juga bisa error atau trouble sewaktu-waktu, penyebabnya juga belum pasti. Entah karena gonta ganti kartu sim atau lainnya.

Adapun untuk mengatur ulang Kamu bisa mengikuti panduan berikut.

  1. Buka aplikasi SMS pada hp Android Kamu.
  2. Setelah itu Kamu buka menu Pengaturan (Settings) biasanya letaknya berada di pojok kanan atas (Titik 3).
  3. Kemudian Kamu buka menu Pengaturan Pesan Teks lalu Pusat Pesan (SMS Center).
  4. Sampai di sini Kamu bisa memasukkan kode konfigurasi sms yang bisa Kamu sesuaikan dengan operator yang Kamu gunakan, berikut diantaranya.

Kode SMSC Operator Kartu Seluler

  • Axis: +628315000032
  • XL: +628184450095 / +62818445009
  • Telkomsel: +6281100000
  • Tri (3): +6289644000001
  • Indosat: +628550000 (IM3) / +628216124 (Ooredoo)
  • Smartfren: +628811223344

Kamu bisa memasukkan kode tersebut ke setelan SMSC, jika sudah Kamu simpan.

Setelah itu Kamu bisa mulai mengirim sms ke nomor lainnya, apakah masih gagal atau sudah berhasil terkirim.

kenapa hp tidak bisa mengirim sms

4. Periksa Pengaturan Jaringan

Mungkin ini hanya terjadi pada perangkat seluler yang sudah mendukung jaringan 4G LTE saja, yang kebanyakan dari kita menyetel jaringannya ke 4G Only.

Fitur ini memang sangat direkomendasikan, terlebih sinyal jaringan 4G memiliki kualitas sinyal yang bagus dengan kecepatan akses internet yang cepat.

Walaupun demikian masih terdapat celah atau kekurangan sinyal 4G ini, salah satunya sering bermasalah ketika digunakan untuk berkirim pesan singkat sms.

Nah, untuk mengatasi hp tidak bisa kirim sms karena masalah ini. Selengkapnya dapat Kamu ikuti panduan berikut.

  1. Hidupkan hp Kamu, lalu buka menu Pengaturan (Settings).
  2. Masuk ke menu Kartu SIM kemudian pilih opsi Pengaturan Jaringan Seluler.
  3. Selanjutnya Kamu pilih Pengaturan Jaringan dan setel ke 3G Only.

Sampai di sini Kamu sudah berhasil mengubah jaringan 4G ke 3G di hp Android tersebut.

1. Adapun untuk alternatif lainnya Kamu bisa menggunakan kode USSD *#*#4636#*#* kemudian buka opsi Informasi Telepon.

2. Biasanya akan muncul menu Pengaturan Jaringan Kamu pilih saja 2G/3G/4G atau 3G (WCDMA).

3. Seiring dengan perkembangannya sekarang banyak sudah ponsel pintar yang mulai mengusung teknologi VoLTE atau Voice Over LTE yang memungkinkan Kamu dapat berinteraksi melalui telepon dan sms pada jaringan 4G LTE.

4.Nah, untuk mengaksesnya Kamu bisa masuk ke menu Pengaturan kemudian masukkan kata kunci VoLTE pada kolom pencarian.

5. Jika sudah, Kamu aktifkan agar tetap bisa kirim sms ke nomor lain dalam jaringan 4G.

hp tidak bisa mengirim sms

5. Kartu SIM Rusak

Mungkin ini jarang sekali terjadi, jika sampai kejadian maka bukan hanya tidak bisa kirim sms melainkan juga telepon dan internet.

Biasanya sim card patah atau rusak pada bagian tertentu yang dapat menyebabkan kartu SIM tidak terdeteksi di hp Android tersebut.

Adapun solusinya Kamu dapat membawa kartu SIM tersebut ke gerai resmi operator tersebut untuk dilakukan penggantian kartu sim yang baru tetapi dengan nomor yang sebelumnya.

Atau jika Kamu tidak mau repot Kamu bisa membeli di konter terdekat di rumah Kamu. Namun, dengan risiko harus ganti nomor telepon.

Tutorial lainnya terkait cara mengatasi notifikasi WhatsApp yang tidak muncul di hp Android dan iPhone terbaru.

cara memperbaiki hp tidak bisa mengirim sms

6. Masalah Jaringan

Salah satu yang sering terjadi yaitu karena faktor ini dan biasanya sulit diatasi selain dengan bersabar hingga masalah selesai.

Faktor eksternal ini biasanya terjadi karena kondisi cuaca yang buruk seperti hujan angin, listrik mati, dan perawatan jaringan.

Biasanya semua hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas sinyal yang dihasilkan, bahkan terkadang sinyal sering hilang atau mati ketika terjadi hal tersebut.

Terlebih masalah ini membutuhkan waktu lama agar jaringan dapat digunakan kembali, kurang lebih membutuhkan waktu berjam-jam.

Dari sekian masalah di atas, manakah yang paling sering Kamu alami?

Artikel menarik lainnya tentang cara mengatasi hp tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar secara mudah.

Masalah jaringan memang sangat kompleks, karena satu dengan lainnya saling terpengaruh. Maka dari itu untuk mengatasi hp Android yang tidak bisa kirim sms ke nomor lain, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya.

Tutorial cara mengatasi hp Android yang tidak bisa mengirim sms ke nomor lain semoga dapat membantu Kamu untuk tetap bisa kembali kirim sms seperti biasanya.