Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Fungsi Power Supply Komputer (Jenis + Cara Kerjanya)

Rangkaian Power Supply Unit (PSU) pada komputer mungkin sudah kita kenal sebelumnya yang mana komponen ini berbentuk kotak persegi di dalam CPU dan berada di atas tempat jack listrik.

Apa yang dimaksud dengan Power Supply?

Pengertian Power Supply Komputer

pengertian dan fungsi power supply komputer
Power Supply adalah salah satu hardware komputer yang berperan dalam menyuplai tegangan pada setiap komponen komputer yang membutuhkan aliran arus listrik.

Selain itu Power Supply juga dapat merubah arus listrik dari AC ke DC sebelum diteruskan ke hardware komputer lainnya. Beberapa komponen seperti Motherboard, CD ROM, Harddisk, Floppy Disk, dan lainnya adalah beberapa contoh perangkat yang menerima arus listrik dari Power Supply.

Adapun untuk besaran listrik yang dapat dialirkan yaitu mengikuti kebutuhan dari setiap hardware dan dihitung berdasarkan satuan Watt. Nah, untuk besaran daya Power Supply sekitar 150 - 350 Watt.

Bagaimana cara kerja Power Supply?

Cara Kerja Power Supply Komputer

cara kerja power supply komputer
Prinsip kerja Power Supply yaitu bertugas dalam melakukan pengecekan melalui tes arus listrik sebelum sampai ke sistem komputer.

Ketika berhasil dan menunjukan sinyal positif (Power Good) maka akan diteruskan ke Mainboard sebagai tanda bahwa sistem komputer telah siap dioperasikan.

Setelah semuanya Power Supply akan mendistribusikan daya sesuai kapasitas yang dibutuhkan oleh setiap komponen komputer.

Terlepas dari itu semua Power Supply juga berperan dalam menjaga agar arus listrik tetap stabil pada setiap komponen komputer.

Apa fungsi Power Supply?

Fungsi Power Supply Komputer

fungsi power supply komputer
Fungsi Power Supply adalah untuk menyuplai tegangan arus listrik pada setiap komponen yang terdapat dalam komputer.

Selain itu fungsi utama dari Power Supplay komputer yaitu untuk mengubah arus tegangan Alternating Current (AC) ke Direct Current (DC) sebelum di salurkan ke seluruh komponen komputer.

Maka dari itu jika Power Supply tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan tegangan DC menjadi tidak stabil yang mengakibatkan kerusakan komponen lainnya seperti Harddisk dan sebagainya.

Sekilas kita sudah membahas apa saja kegunaan Power Supply pada komputer, sekarang kita lanjut bahas tentang jenis-jenis rangkaian Power Supply komputer tersebut.

Apa saja jenis-jenis Power Supply?

Jenis-jenis Power Supply Komputer

jenis-jenis power supply komputer
Secara umum terdapat dua jenis Power Supply berdasarkan fungsi atau kegunaannya yang mana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

1. Power Supply AT

Power Supply pertama yang sering dipakai untuk model komputer atau PC jaman dahulu, biasanya PSU ini terdapat pada komputer Pentium II dan III buatan tahun 1997.

Nah, untuk model komputer sekarang Power Supply ini sudah tidak digunakan lagi. Adapun untuk ciri-ciri Power Supply AT bisa Kamu lihat di bawah ini.

Ciri-ciri Power Supplay AT

  • Memiliki Daya di bawah 250 Watt.
  • Tombol Power (On/Off) manual.
  • Terminal Output berjumlah 8-12 yang terhubung ke Motherboard.

Selain itu Power Supply AT memiliki 2 konektor power P8 dan P9 yang terhubung ke Motherboard dengan kabel berwarna hitam.

2. Power Supply ATX

Power Supplay jenis terbaru dari sebelumnya yang memiliki kemampuan lebih efisian dalam mengolah arus listrik yang masuk dengan desain yang lebih baik.

Power Supply ATX ini sering dipakai pada komputer keluaran terbaru yang mana pengunaannya cukup praktis karena sudah mendukung sistem operasional melalui perangkat lunak (Software).

Pengguna dapat menghidupkan dan mematikan komputer tanpa perlu menekan tombol Power pada PSU lagi.

Ciri-ciri Power Supply ATX

  • Membutuhkan Daya yang lebih besar.
  • Tombol Power (On/Off) sudah terintegrasi ke sistem jadi ketika komputer Shutdown maka PSU juga ikut mati.
  • Terminal Output berjumlah 20-24 yang terhubung ke Motherboard.
  • Terdapat konektor tambahan Power SATA.

Beberapa perbedaan Power Supply AT dan ATX di atas memang cukup signifikan, kendati demikian fungsi utama dari Power Supply tersebut masih tetaplah sama.

Selanjutnya kita akan membahas tentang bagian-bagian Power Supply beserta kegunaannya.

Komponen-komponen Power Supply dan Fungsinya

komponen power supply dan fungsinya
Dalam perangkat Power Supply terdapat beberapa komponen pendukung yang memiliki peran dan tugas masing-masing, berikut penjelasannya.

1. IC Regulator

IC regulator mempunyai fungsi utama dalam menjaga agar tegangan pada rangkaian komponen komputer tetap stabil.

2. Resistor

Resistor berfungsi untuk mengatur tegangan pada perangkat Power Supply baik menurunkan dan membagi hingga membatasi arus listrik yang masuk agar komponen Motherboard tetap terkontrol.

3. Dioda

Dioda dalam perangkat Power Supply berfungsi untuk mengalirkan arus tegangan maju dan menghambat arus tegangan balik.

4. Transformator

Transformator atau Trafo berfungsi untuk memindahkan daya listrik pada dua atau lebih rangkaian listrik lewat proses induksi elektromagnetik.

5. Filter

Filter berfungsi untuk menyamakan sinyal arus yang keluar dari Rectifier. Komponen ini tersusun dari Kapasitor Elektrolit.

Sebenarnya masih banyak lagi komponen pendukung lainnya yang dapat menunjang kinerja atau fungsi utama dari Power Supply komputer.

Artikel menarik lainnya tentang pengertian dan fungsi processor komputer beserta cara kerjanya lengkap.

Terlepas dari itu semua secara umum Power Supply dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan rancangannya yaitu:

Power Supply Internal adalah Catu Daya yang sudah tersusun dan terhubung ke Motherboard atau menjadi satu kesatuan dalam perangkat tersebut. Misalnya saja pada perangkat TV dan Amplifier serta DVD Player.

Power Supply Eksternal adalah Catu Daya yang tersusun terpisah dari Motherboard perangkat tersebut. Misalnya saja pada charger hp dan laptop.

Baca juga panduan cara memasang motherboard ke casing CPU lengkap dengan gambar pendukung.

Dari ulasan pengertian Power Supply dan fungsinya tersebut bisa kita tarik kesimpulan bahwa PSU ini mempunyai peranan yang cukup vital dalam menjaga stabilitas tegangan arus listrik.

Pembahasan lengkap tentang pengertian dan fungsi serta cara kerja hingga jenis-jenis Power Supply Unit (PSU) tersebut dapat menambah wawasan dalam mengenal lebih jauh lagi tentang hardware komputer atau PC.
semutimut.com Hello my friends