Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Sensor Hp Samsung Berfungsi atau Tidak (Work)

Ada banyak cara mengecek sensor hp Samsung yang mana ini sering kita lakukan untuk mengetahui performa dan kinerja sebuah smartphone.

Terutama buat Kamu yang ingin membeli hp Samsung bekas, pengecekan sensor pada hp Samsung wajib Kamu lakukan.

Ada beberapa sensor di hp Samsung yang bisa Kamu periksa atau test, di antaranya meliputi Accelerometer, Gyroscope, Ambient Light, Proximity, Magnet Sensor, Temperature Sensor, Fingerprint, dan Sound.

Kamu bisa melakukan test uji coba sederhana untuk melihat kinerjanya dengan cara menggunakan sensor Samsung tersebut.

Kamu dapat memanggilnya dengan kode cek sensor hp Samsung untuk mengetahui hasilnya, selengkapnya Kamu dapat mengikutinya di bawah ini.

Cara Mengecek Sensor di Hp Samsung

cara cek sensor hp samsung
Tutorial cek sensor hp Samsung ini berlaku untuk semua tipe, seperti Samsung Lipat, Samsung A20S, Samsung A50, Samsung J2 Prime, Samsung A10S, Samsung M20, Samsung J7 Prime, Samsung A30, Samsung Galaxy V, Samsung J3, Samsung J1 Ace, Samsung J5, Samsung S7 Edge, dan seri lainnya.

Terlepas dari itu semua melalui tips ini setidaknya Kamu bisa membeli smartphone bekas dengan kualitas terbaik. Pasalnya sensor hp Samsung yang tidak berfungsi pasti akan mempengaruhi kinerja dari ponsel tersebut.

Tips lainnya terkait cara reset Samsung M20 untuk mengatasi lupa pola atau kata sandi saat login.

Langkah-langkah Mengecek Sensor pada Hp Samsung


cara mengecek sensor di hp samsung
  1. Buka Menu Telepon (Dial Up) di hp Samsung.
  2. Masukkan kode USSD *#0*#
  3. Keluar pop up menu silakan Kamu pilih Sensor.
  4. Pada Menu Sensor tersebut terdapat beragam fungsi sensor hp yang bisa Kamu test satu persatu.
Sampai pada tahapan ini Kamu sudah berhasil membuka menu sensor di hp Samsung tersebut, setelah mengaktifkan sensor hp Samsung sekarang kita akan menganalisanya untuk mengetahui hasilnya.

Simak juga tips cara split screen Samsung A20S untuk membagi tampilan layar menjadi dua bagian yang berbeda.

Fungsi Sensor Hp Samsung Lengkap

cara mengetahui sensor hp samsung
Beberapa fungsi sensor pada hp Samsung memiliki peranan yang cukup vital, Kamu test apakah sensor tersebut masih bekerja atau error.

Sensor hp Samsung yang sudah tidak berfungsi dengan benar biasanya keluar notifikasi atau pemberitahuan terkait masalah tersebut.
 Sensor Fungsi Sensor
Ambient LightSensor yang berfungsi untuk mengatur pencahayaan layar hp berdasarkan kondisi ruang secara otomatis. Misalnya saja ketika kita berada di dalam tempat yang gelap maka kontras layar akan meredup, sebaliknya jika berada di luar ruangan dengan pencahayaan yang memadai maka kontras layar akan terang agar layar smartphone mudah dilihat.
Gyroscope
Sensor yang memiliki peranan dalam mendeteksi posisi smartphone atau hp baik untuk arah atas, bawah, kanan, dan kiri. Sensor ini sering kita rasakan fungsinya ketika bermain game yang membutuhkan koordinat wilayah.
AccelerometerSensor yang berfungsi sebagai penunjuk arah (Kompas) khususnya untuk penggunaan GPS pada peta online.
Magnet SensorSensor yang dapat mendeteksi magnet biasanya banyak diaplikasikan pada kompas atau GPS.
FingerprintSensor keamanan hp Samsung khususnya untuk keluaran smartphone terbaru, melalui sensor ini kita bisa menambahkan pengaman dengan akses utama lewat sidik jari kita.
SoundSensor suara atau pengaturan volume speaker pada hp Samsung, biasanya pengguna mengetest apakah bunyi speaker hp masih normal atau tidak melalui fungsi sensor ini.
Temperature SensorSensor untuk mendeteksi suhu ruangan perangkat hp Samsung, ponsel yang terlalu panas dapat menyebabkan performa smartphone menurun atau ngelag.
ProximitySensor yang dapat mematikan layar secara otomatis ketika menelpon atau menerima telepon. Sensor ini berperan untuk mengantisipasi pengguna salah memencet layar sentuh ketika sedang menelpon.

Cara Menggunakan Sensor Hp Samsung

cara menggunakan sensor hp samsung
Dari beragam sensor yang ada Kamu bisa mengecek fungsi sensor hp Samsung tersebut dengan cara mengetuknya.

Sensor hp Samsung bisa dikatakan berjalan dengan baik atau normal ketika fungsi sensor tersebut selaras dengan perintahnya.

Baca juga artikel lainnya tentang cara cek hp Samsung asli atau palsu dengan benar agar terhindar dari tindakan penipuan.

Sensor Hp Samsung Tidak Berfungsi?

cara melihat sensor hp samsung
Jika Kamu mendapati sensor di hp Samsung error atau tidak bekerja. Biasanya sensor Samsung mati yang menandakan adanya kerusakan komponen pada perangkat hp tersebut.

Kerusakan ini bisa memang diakibatkan oleh kerusakan dari hardware itu sendiri atau datang dari komponen sensor tersebut.

Kamu bisa melakukan perbaikan sensor hp Samsung tersebut ke tempat servis hp terbaik di kota Kamu.

Namun, untuk hp Samsung baru dan bergaransi Kamu bisa membawanya ke gerai resmi Samsung untuk mendapatkan perbaikan secara gratis.

Artikel menarik lainnya tentang kode rahasia hp Samsung J7 Pro lengkap untuk membuka banyak fitur tersembunyi.

Pengecekan sensor pada hp Samsung ini adalah hal wajib ketika kita membeli hp Samsung baru atau lama.

Selain mengecek kondisi fisik hp mulai dari layar, speaker, body, baterai, dan lainnya. Pengecekan ini adalah salah satu pemeriksaan sistem yang musti kita lakukan untuk mendapatkan smartphone yang memiliki performa baik.

Tutorial cara mengecek sensor hp Samsung tersebut bisa Kamu jadikan patokan sebelum membeli smartphone baru atau bekas. Semoga dapat membantu Kamu dalam mendapatkan hp Samsung impian Kamu.