Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Upgrade dan Perbedaanya dengan Update (Hp / PC)

upgrade artinya apa

Upgrade artinya apa sih? Sering mendengarnya tetapi masih belum tahu juga apa yang dimaksud dengan upgrade dalam istilah dunia komputer dan hp.

Lebih mudahnya upgrade adalah menaikan spesifikasi hardware / software dari tipe lama ke varian baru. Biasanya saat kita mengupgrade sesuatu kita akan membuang tipe sebelumnya dan menggantinya dengan produk keluaran terbaru dengan kemampuan yang lebih tinggi dari pendahulunya.

Dalam hal ini upgrade juga bisa dikatakan mengganti secara keseluruhan atau sebagian dari komponen suatu perangkat elektronik.

Misalnya saja Kamu ingin upgrade hp Samsung Galaxy A01 ke Samsung Galaxy A02 yang artinya Kamu mengganti secara keseluruhan ponsel tersebut ke versi yang lebih tinggi.

Istilah kata upgrade bukan hanya sebatas tentang hardware saja melainkan juga software, Misalnya saja Kamu ingin mengupgrade OS Windows 10 ke Windows 11.

Contoh lainnya upgrade dalam dunia perakitan PC sepeti upgrade RAM 4GB ke 8GB dan lainnya.

Adanya penggantian atau hanya sekadar penambahan suatu komponen baru ke dalam perangkat komputer dengan tujuan agar memiliki performa yang lebih tinggi dari sebelumnya hal tersebut dapat dikatakan sebagai upgrade.

Sekarang sudah jelas bukan apa artinya upgrade dalam sebuah perangkat hp atau komputer.

Perbedaan Upgrade dengan Update

Kendati demikian pengertian upgrade sering disalah artikan, banyak yang mengira bahwa upgrade dan update itu adalah hal yang sama.

Padahal antara upgrade dengan update itu memiliki arti yang tidak sama. Secara harfiah sendiri perbedaan upgrade dan update dalam bahasa Indonesia memiliki arti menaikan (updgrade) dan memperbarui (update).

Adapun pengertian update adalah memperbarui suatu komponen dengan tetap mempertahankan komponen sebelumnya tanpa mengurangi atau menggantinya.

Contohnya saja saat kita ingin mengupdate aplikasi WhatsApp di hp Android melalui Google Play Store.

Selama proses updating tersebut aplikasi WhatsApp tidak dibuang (Uninstall) melainkan hanya diperbarui saja.

Pembaruan (update) biasanya bertujuan untuk memperbaiki bug hingga menambahkan fitur-fitur terbaru pada aplikasi tersebut.

Sekarang sudah terlihat jelas bukan, apa perbedaan upgrade dan update itu sendiri.

Lebih lanjut lagi istilah lainnya yang masih berkaitan yaitu downgrade.

Pengertian Downgrade

upgrade hp artinya

Downgrade sendiri adalah menurunkan dari versi terbaru ke versi sebelumnya.

Biasanya ini banyak dilakukan ketika kita menginstall software (aplikasi) yang tidak kompatible dengan spesifikasi perangkat komputer atau hp.

System requipment software yang terlalu tinggi memaksa kita harus menggunakan software versi lama agar sesuai dengan spesifikasi laptop atau hp yang digunakan.

Nah, untuk melakukan downgrade kita harus melakukannya secara manual dengan cara mencari software atau aplikasi versi lama. Hal ini lantaran untuk software yang sudah update ke versi terbaru tidak bisa diturunkan lagi ke versi sebelumnya.

Simak juga ulasan lengkap apa arti DM Instagram beserta cara menggunakannya.

Terakhir tips dari saya agar lebih mudah dalam mengupdate perangkat lunak di pc atau hp yaitu dengan mengaktifkan fitur automatic update (update otomatis).

Pengertian upgrade dan perbedaannya dengan update sampai downgrade dalam dunia komputer sudah kita bahas secara lugas di atas beserta contohnya, semoga postingan ini dapat membantu Kamu dalam mengenal istilah-istilah umum dunia IT.