Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengunci Aplikasi di Android Pada Hp Asus

Mengunci aplikasi di Hp Android seringkali dilakukan untuk menjaga privasi penggunanya, lock aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram, Whatsapp (WA), dan lainnya memang dapat mencegah dari penyalahgunaan akun tersebut. Nah, pada pembahasan kali ini kita akan mengulas tutorial cara mengunci aplikasi di Hp Asus untuk semua tipe seperti Asus Zenfone dan versi lainnya.

Kunci aplikasi di Hp Asus dapat kita lakukan dengan bantuan dari pihak ketiga atau menggunakan Asus AppLock yang merupakan bawaan dari pabrikan Asus. Agar lebih mudah kita akan coba menggunakan aplikasi pada Hp Asus itu sendiri, lebih praktis karena kita tidak perlu mengunduh dan menginstal AppLock dari pihak ketiga.

Manfaat lainnya jika kita mengunci aplikasi pada Hp kita khususnya untuk orang tua yaitu dapat menjauhkan anak-anak dari tontonan yang tidak pantas atau belum cukup umur. Hal ini tentu saja dapat membawa dampak positif di tumbuh kembang anak dan untuk orang tua sendiri pastinya jadi lebih tenang dalam mendidik anaknya.

Langsung saja berikut cara lock aplikasi di Hp Asus dengan mudah dan cepat.

Cara Mengunci Aplikasi di Hp Asus

cara mengunci aplikasi di hp asus
Ada beberapa cara mengunci Apk di Android Kamu dapat mengikuti mana yang lebih mudah untuk dipahami dan tidak ribet tentunya. Namun, sebelumnya kita diharuskan untuk mengatur PIN AppLock terlebih dahulu caranya sebagai berikut.

Langkah-langkah Mengatur PIN AppLock

1. Silakan Kamu pergi ke menu Manage Home lalu pilih Lock apps.

2. Selanjutnya Kamu diharuskan untuk memasukkan PIN yang berjumlah 4 digit angka atau Kamu juga dapat menggunakan opsi pola.

3. Setelah Kamu berhasil mengatur PIN atau Pola, sekarang Kamu manfaatkan fitur Password Rescuer sebagai pengaman sewaktu Kamu lupa Pola atau PIN untuk login ke AppLock tersebut.

Nah, buat Kamu yang tidak ingin menggunakannya Kamu bisa melewatinya dengan memilih Skip.

Selesai sudah untuk langkah awal membuat PIN AppLock, sekarang kita lanjut untuk cara mengunci aplikasi Android di Hp Asus.

Mengunci Aplikasi Android di Hp Asus

Cara Mengunci Aplikasi di Android Hp Asus
Kamu bisa mengunci aplikasi dengan dua metode yang dapat Kamu pilih sesuai selera yaitu dengan Manage Home dan All Apps. Kita akan bahas satu per satu untuk lebih jelasnya.

I. All Apps

1. Silakan Kamu masuk ke layar menu All Apps kemudian ketuk tanda tiga titik vertikal (Pengaturan) lalu ketuk Lock apps untuk mulai membuka aplikasi tersebut.

2. Jangan lupa untuk memasukkan Pola atau PIN masuk ke AppLock, sebaiknya Kamu simpan Password atau kata sandi AppLock karena sering kita gunakan.

3. Langkah berikutnya Kamu bisa memilih apa saja aplikasi yang mau Kamu kunci, seperti biasa untuk aplikasi dengan gembok berwarna putih adalah aplikasi yang masih dalam keadaan terbuka dan belum terkunci. Sebaliknya untuk aplikasi dengan gembok berwarna kuning adalah aplikasi yang sudah kita kunci menggunakan AppLock.

4. Terakhir Kamu dapat menyimpannya dengan cara mengetuk tombol Done atau jika ingin membatalkannya Kamu pilih saja Cancel.

Ini adalah metode pertama untuk mengunci aplikasi pada Hp Android Asus yang bisa Kamu pratikan. Nah, untuk cara lainnya ada di bawah ini.

II. Manage Home

1. Metode kedua ini dapat Kamu gunakan seperti metode pertama caranya kurang lebih sama. Silakan Ketuk dan tahan Home Screen untuk membuka Manage Home.

2. Setelah itu Kamu ketuk Lock apss untuk membuka pengaturannya.

3. Sebelumnya Kamu harus memasukkan Pola atau PIN untuk mengakses AppLock tersebut.

4. Jika sudah sukses terbuka, silakan Kamu Kunci aplikasi apa saja yang ingin Kamu jaga privasinya. Tekan satu kali untuk mengunci aplikasi (Gembok Warna Kuning) dan tekan satu kali lagi untuk membatalkannya (Gembok Warna Putih).

5. Setelah Kamu pilih aplikasi mana saja yang ingin Kamu kunci, terakhir Kamu bisa pilih Done untuk menyimpannya.

Nah, buat Kamu yang menginginkan pengamanan yang lebih. Kamu dapat memanfaatkan fitur Fingerprint Verification (Sidik Jari). Kamu dapat membuka dan mengunci aplikasi Android dengan sidik jari saja, mudah dan tidak takut lupa pola atau kata sandi.

Namun, untuk dapat merasakan fitur ini perangkat Hp Asus Kamu harus memiliki spek yang cukup bagus dengan minimal OS Android N dan ZenUI Launcher V3 ke atas.

III. Mengunci Aplikasi di Hp Asus dengan Sidik Jari (Fingerprint)

1. Silakan Kamu pergi ke Menu Manage Home lalu pilih Preferences untuk memulainya. Alternatif lainnya untuk Menu Preferences biasanya juga terdapat pada bagian All Apps tepatnya di tiga titik vertikal.

2. Nah, pada bagian Preferences ini Kamu pilih AppLock. Biasanya kita diharuskan memasukkan PIN atau Pola, bisa juga memanfaatkan sidik jari kita sebagai sandinya.

3. Setelah itu Kamu kasih centang pada bagian Verify Fingerprint untuk mengunci dan membuka aplikasi dengan sidik jari Kamu.

Cara mengunci aplikasi di Hp Asus dengan sidik jari memang lebih mudah dilakukan, daripada menggunakan password dan pola.

Cara Kunci Aplikasi di Hp Asus

IV. Cara Menonaktifkan Lock Aplikasi di Hp Android Asus

Nah, buat Kamu yang ingin mematikan pengunci aplikasi di Hp Android Asus. Kamu dapat mengikuti tutorial singkat di bawah ini.

1. Silakan Kamu masuk ke Manage Home untuk membuka menu Preferences. Kamu juga dapat membukanya lewat tanda titik tiga vertikal.

2. Dari menu Preferences ini selanjutnya Kamu pilih AppLock untuk membuka pengaturannya.

3. Biasanya setelah itu akan dihadapkan dengan verifikasi sandi atau pola, masukkan saja untuk memverifikasinya.

4. Masuk ke AppLock Settings silakan Kamu geser slider pada bagian AppLock untuk mematikan atau menonaktifkan AppLock tersebut.

Menonaktifkan pengunci Aplikasi di Hp Asus ternyata sangat mudah kita lakukan, karena cara ini memang tidak terlalu jauh berbeda ketika kita ingin mengaktifkan AppLock atau aplikasi pengunci Hp.

Lebih lanjut lagi untuk cara mengganti kunci aplikasi Hp Asus itu sendiri kurang lebih sama dengan cara mengunci Hp tersebut.

Mungkin itu saja untuk edisi tips Android kali ini tentang cara mengunci aplikasi Android di Hp Asus Kamu, selebihnya untuk tutorial ini dapat Kamu praktikan pada semua versi Hp Asus seperti: Asus Zenfone Max Pro M1, Asus Zenfone Max Pro M2, Zenfone Live, dan lainnya. Baca Juga: Cara Root Hp Asus