Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperpanjang Masa Aktif Smartfren Terbaru (Work!)

Smartfren merupakan salah satu provider kartu seluler yang cukup dikenal dengan produk kartu CDMA dan GSM, dimana kedua jenis kartu tersebut memiliki masa aktif yang harus diperpanjang untuk dapat menikmati layanan Smartfren.

Memperpanjang masa aktif Smartfren dengan pulsa adalah hal yang biasa kita lakukan, Kita bisa membeli pulsa ke konter maka otomatis masa aktif nomor kartu seluler akan ditambahkan lebih lama lagi.

Lantas bagaimana jika perpanjangan tersebut kita lakukan tanpa isi ulang pulsa. Apakah bisa aktif atau malah nonaktif? Lantaran hal ini yang sering ditanyakan jika mendapati kartu Smartfren yang sudah masuk masa tenggang, maka dari itu kita akan mengulasnya secara lengkap di ulasan kali ini.

Penambahan masa aktif kartu Smartfren biasanya akan ditambahkan selama beberapa hari ke depan dan untuk masa aktif Smartfren 1 tahun biasanya karena pembelian pulsa yang cukup banyak dan intensif.

Menambahkan masa aktif Smartfren bisa kita lakukan untuk semua jenis jaringan mulai dari 3G, 4G, dan 5G. Nah, untuk memastikan hal tersebut kita bisa melihat masa aktif Smartfren melalui menu Dial Up atau sms.

berikut cara mengetahui masa aktif kartu Smartfren baik GSM dan CDMA.

Cara Cek Masa Aktif Smartfren

A. SMS

1. Buka aplikasi sms pada Hp Kamu, lalu masukkan perintah CEK dan kirimkan ke 999

2. Setelah itu kita akan menerima balasan berupa sisa pulsa utam dan informasi masa berlaku kartu Smartfren tersebut.

B. Kode USSD (Dial Up)

1. Buka aplikasi telepon di Hp Kamu, selanjutnya Kamu masukkan kode *999# kemudian lakukan panggilan dengan menekan tombol Call.

2. Biasanya setelah itu kita akan mendapatkan menu balasan berupa pesan singkat tentang sisa pulsa utama kita dan masa aktif nomor kartu Smartfren.

C. Aplikasi MySmartfren

1. Kamu juga dapat mengecek sisa pulsa dan masa aktif nomor Smartfren Kamu dengan aplikasi MySmartfren.

2. Kamu download terlebih dahulu apk MySmartfren di Google Play Store dan App Store.

3. Daftar terlebih dahulu untuk dapat login ke menu aplikasi.

4. Setelah itu masuk ke menu utama di sana terdapat beragam informasi seputar kartu seluler termasuk informasi tentang masa aktif Smartfren.

D. Voice

1. Kamu juga bisa melakukan panggilan atau dial up ke 999

2. Biasanya kita akan mendapatkan balasan dari robot otomatis yang menuntun kita ke informasi yang dibutuhkan, ikuti saja dengan menekan beberapa tombol angka di layar untuk mendapatkan informasi tersebut.

E. Website Resmi

1. Nah, buat yang ingin mengunjungi laman resmi website Smartfren. Silakan Kamu buka link tersebut untuk mengecek seputar kartu seluler Kamu.

2. Biasanya kita diharuskan login terlebih dahulu, Kamu dapat membuat akun menggunakan nomor Smartfren tersebut.

3. Silakan Kamu masuk dan cek masa aktif kartu Smartfren tersebut dengan memilih menu yang tersedia.

Sudah cek masa berlaku kartu Smartfren dan tahu kapan kartu tersebut akan masuk masa tenggang dan expired. Selanjutnya kita akan menambahkan masa aktif kartu Smartfren Kamu dengan metode di bawah ini.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Smartfren

cara memperpanjang masa aktif smartfren
Kita dapat melakukan perpanjangan masa aktif di kartu Smartfren kita melalui pembelian pulsa secara reguler atau teratur.

Biasanya tiap besaran nominal pulsa memiliki masa aktif berbeda-beda, mulai dari yang terkecil Rp 5.000 hingga yang terbesar mencapai Rp 1000.000.

Selain itu juga penting diketahui bahwa masa aktif Smartfren tidak bersifat akumulatif atau tidak berlaku penambahan masa aktif kendati kita sudah sering mengisi ulang pulsa kita.

Hal ini lantaran masa aktif Smartfren mengikuti pembelian pulsa terbesar yang kita beli, misalnya saat kita membeli pulsa Smartfren sebesar Rp 50.000 dan melakukan isi ulang pulsa kedua kalinya sebesar Rp 10.000 maka masa aktif yang dihitung hanya nominal pulsa yang paling besar yaitu Rp 50.000.

Berikut adalah list daftar perpanjangan masa aktif Smartfren berdasarkan besaran pulsa yang kita beli.

Daftar Nominal Pulsa Beserta Masa Aktif Smartfren

Biasanya semakin besar nominalnya maka semakin panjang masa aktifnya.
  • Rp 5.000 = 7 Hari
  • Rp 10.000 = 15 Hari
  • Rp 20.000 = 30 Hari
  • Rp 25.000 = 30 Hari
  • Rp 50.000 = 60 Hari
  • Rp 60.000 = 75 Hari
  • Rp 100.000 = 120 Hari
  • Rp 150.000 = 150 Hari
  • Rp 200.000 = 150 Hari
  • Rp 300.000 = 180 Hari
  • Rp 500.000 = 240 Hari
  • Rp 1000.000 = 360 Hari
Jadi sudah jelas bukan bahwa untuk memperpanjang masa aktif kartu seluler Smartfren hanya bisa dilakukan dengan membeli voucher pulsa dengan pemakaian reguler.

Nah, untuk metode perpanjangan masa aktif Smartfren lainnya memang belum ada yang ampuh selain melakukan isi ulang pulsa utama Smartfren.

Nah, buat Kamu yang menanyakan bagaimana cara memperpanjang masa aktif kuota Smartfren?

Selama ini untuk perpanjangan masa aktif paket kuota internet, sms, dan nelpon belum bisa dilakukan. Biasanya karena sistem pembelian paket yang tidak berkelanjutan secara otomatis. Jika dilakukan perpanjangan paket otomatis, Kamu bisa melakukannya hanya dengan membeli pulsa utama minimal paketan tersebut.

Sajian menarik seputar informasi nomor call center Indosat yang bebas pulsa atau gratis!

Sebagai tambahan saja buat Kamu yang mempunyai kartu Smartfren yang telah mati atau melewati masa tenggang, berikut ada beberapa cara untuk mengaktifkan kartu Smartfren yang sudah expired tersebut.

Cara Mengaktifkan Kembali Kartu Smartfren yang Sudah Kadaluarsa

cara perpanjang masa aktif nomor kartu smartfren terbaru
Ada konsekuensi jika kita berhasil mengaktifkan kembali nomor kartu Smartfren yang telah lama mati yaitu kartu seluler tersebut menjadi kartu pascabayar Smartfren.

Secara default kartu perdana seluler kebanyakan adalah jenis kartu prabayar.

1. One Way Block

Pada masa pertama yaitu selama 30 hari semenjak kartu Smartfren masuk masa tenggang biasanya nomor tersebut sudah tidak bisa kita gunakan untuk sms, nelpon, internet, dll. Pada masa ini kita hanya bisa menerima panggilan atau kiriman pesan saja, dan tidak bisa melakukan pengiriman atau panggilan telepon.

2. Two Way Block

Nah, pada masa berikutnya tepatnya 30 hari setelah melewati masa tenggang nomor kartu seluler. Pada sesi ini kita tidak bisa lagi menerima dan mengirim keluar baik berupa sms, nelpon, dan internet.

Nah, jika kondisi kartu Smartfren Kamu mengalami hal yang sama seperti yang sudah disebutkan di atas. Kamu tetap bisa menghidupkan kembali nomor kartu Smartfren yang telah mati dengan datang ke gerai Smartfren langsung.

Biasanya kartu yang sudah mati atau diterminate akan diaktifkan kembali menjadi kartu pascabayar Smartfren.

Adapun untuk persyaratan mengaktifkan kembali kartu Smartfren sebagai berikut.
  1. KK (Kartu Keluarga).
  2. KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  3. Nomor kartu kadaluarsa tidak lewat dari 3 bulan sejak dimatikan atau diterminate.
  4. Pembelian paket kartu pascabayar hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit atau uang tunai.
Simak juga artikel menarik tentang cara mentransfer pulsa Axis ke Telkomsel dijamin sampai!

Sedikit ribet memang untuk mengaktifkan kartu Smartfren yang telah dinonaktifkan. Namun, jika nomor tersebut merupakan nomor penting semacam kontak perusahaan langkah ini wajib ditempuh.

Tutorial cara perpanjangan masa aktif kartu Smartfren yang telah masuk masa tenggang semoga bisa mengaktifkan kembali kartu seluler Kamu yang telah kadaluarsa atau nonaktif.