Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian FUP Pada Paket Internet Unlimited Lengkap

Apa sih pengertian FUP pada paket internet, seringkali kita mendengar istilah tersebut ketika hendak membeli paketan kuota internet unlimited. Banyak sudah provider yang menawarkan paketan tersebut, misalnya saja untuk kartu Indosat, Axis, Tri (3), Smartfren, Telkomsel, XL, hingga Indihome.

Pengertian FUP Pada Paket Internet

pengertian fup pada paket internet
Fup (Fair Usage Policy) adalah aturan yang diterapkan oleh provider kartu seluler sebagai batas pemakaian wajar terhadap produk atau jasa layanan jaringan internet yang dipasarkannya. Dalam artian lain bahwa FUP ini adalah jatah kuota dalam paketan internet unlimited yang bisa menurun kecepatannya setelah melewati batas penggunaan dari kuota yang telah ditetapkan.

Nah, untuk memperjelas pengertian FUP internet itu apa. Mungkin dalam bentuk contoh gambaran sederhana berikut akan lebih mudah untuk dimengerti dan dipahami.

Buat Kamu yang penasaran apa saja sih perbedaan bit dan byte pada internet yang sering kita dengar itu

Contoh Pembatasan FUP Paket Internet

Misalnya saja saat kita membeli paket internet unlimited bulanan sebesar 1.5 GB, artinya kita sebagai penikmat layanan kartu seluler hanya mendapatkan jatah sebesar 1.5 GB untuk pemakaian normal dan tanpa pengurangan kecepatan akses internet.

Selama satu bulan tersebut jika Kamu menghabiskan jatah kuota 1.5 GB sebelum waktunya, maka otomatis batas pemakaian wajar Kamu telah habis dan kecepatan akses internet Kamu akan dibatasi sesuai ketetapan dari paketan tersebut.

Maka tidak heran jika kecepatan internet lemot atau lambat karena sudah terkena FUP, biasanya pihak operator seluler menetapkan aturan berbeda-beda untuk batas FUP ini. Ada yang kecepatan akses internetnya cuman 128 Kbps atau malah kurang dari itu.

Kamu tetap bisa mengakses internet selama satu bulan full tetapi dengan akses internet yang sudah dibatasi (FUP).

FUP ini juga bermacam-macam bentuk penerapannya, bukan hanya itu saja. Kita juga bisa merasakannya pada bentuk paketan kuota internet unlimited bulanan, yang mana kita diberi batasan pemakaian harian untuk kecepatan dan batas kuota pemakaiannya.

Biasanya hal tersebut dikenal sebagai FUP Harian dimana kita mendapatkan batas pemakaian normal setelah melewati FUP, walaupun tetap bisa mengakses internet dengan besaran kuota yang dibatasi. Misalnya saja kita mendapatkan jatah sebesar 300 MB setiap harinya selama satu bulan full. Pemakaian lebih dari itu bakalan lemot bahkan tidak bisa.

Solusi untuk cara mengatasi FUP paketan kuota internet unlimited sendiri adalah dengan menghemat pemakaian internet, biasanya kuota bakalan lebih boros atau cepat habis jika membuka laman yang berupa gambar dan video.

Laman media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan laman yang memuat banyak sekali gambar dan video pastinya akan membuat kuota terkena FUP lebih cepat.

Yang tidak boleh sampai ketinggalan tentang pengertian jaringan wireless lengkap beserta contoh penerapannya.

Cara Mengatasi FUP Paket Internet

Cara mengatasi FUP internet yang biasanya saya lakukan yaitu dengan mengakses situs tersebut melalui laman mobile. Misalnya saja ketika kita ingin membuka facebook, maka saya akan menambahkan huruf m pada url alamatnya seperti ini https://www.m.facebook.com

Silakan Kamu buka tautan tersebut maka secara otomasi akan lebih cepat merespon ketika dibuka dan pastinya dapat menghemat pemakaian kuota internet Kamu.

Penjelasan tentang apa itu FUP pada paket internet unlimited semoga dapat menjawab rasa penasaran Kamu selama ini khususnya untuk pengertian dari batas pemakaian wajar atau Fair Usage Policy.