Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Serta Perbedaan bit dan Byte Pada Komputer (+Contoh)

Apa perbedaan bit dan byte pada komputer? Pertanyaan tersebut seringkali ditanyakan terutama buat yang belum mengenal tentang pengertian bit dengan byte yang ternyata jauh berbeda satu sama lainnya. Lebih dari itu bit dan byte pada internet mungkin akrab sekali dikaitkan dengan kecepatan upload dan download file di perangkat keras hp atau komputer kita.

Sebelum kita jauh membahas apa saja perbedaan bit dan byte pada internet tersebut, kita akan sedikit mengulas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan bit dan byte pada komputer yang sering Kamu pakai itu.

Jelaskan pengertian bit dan byte?

Pengertian bit dan byte pada komputer

Pengertian bit

Binary Digit atau bit adalah satuan unit terkecil dalam keseluruhan bagian komputasi digital yang biasanya digambarkan dalam simbol satuan angka 0 dan 1 sebagai angka biner.

Arti angka biner 0 dan 1 sendiri merujuk pada voltase tegangan yang dihasilkan, jika angka biner 0 menandakan tidak ada voltase tegangan dan sebaliknya angka biner 1 menunjukan adanya voltase positif konstan sebuah tegangan.

Memang jika ditelisik lebih jauh bit dan Byte tidak menggunakan satuan angka desimal seperti 0,1,2,3,4,5,6,7,8, dan 9 untuk perhitungannya. Sebaliknya pada sebuah komputer untuk penyimpanan semua data yang dihasilkan menggunakan angka biner sebagai simbol satuannya.

Satuan bit pada komputer sendiri ditemukan oleh ilmuwan John Tukey pada tahun 1947 ketika bekerja di Bell Laboratories.

Nah, adapun untuk penjelasan Byte pada komputer yang sering kita baca pada sebuah kecepatan internet seperti Mbps (Mega Byte per Second) dan Kbps (Kilo Byte per Second).

Pengertian Byte

Byte adalah satuan nilai atau ukuran yang lebih besar dari satuan bit pada sebuah komputer. Byte ditemukan oleh seorang ilmuwan Dr. Werner Buccholz pada tahun 1956 di IBM.

Jika dihitung untuk ukuran 1 Byte ini setara dengan 8 satuan bit yang artinya 8 kali lipat nilai dari satuan bit pada komputer.

Pengertian bit dan Byte serta hubungan keduanya sudah dibahas secara gamblang di atas, adapun untuk contoh bit dan Byte ada di bawah ini.

Contoh Perbandingan bit dan Byte

Sudah kita ketahui bersama bahwa untuk 1 Byte : 8 bit

Di sini kita akan mencoba menghitung kecepatan download sebuah jaringan internet, dengan layanan kecepatan bandwith sebesar 2 Mbps yang artinya bahwa untuk 1 Mbps : 1.024 Kbps, maka 1.024 Kbps x 2 = 2.048 Kbps.

Oke untuk jumlah satuan bit sudah kita ketahui yaitu 2.048 Kbps. Nah, untuk selanjutnya kita harus bagi hasil tersebut dengan satuan Byte atau 1/8.

Maka hasilnya untuk kecepatan download sebuah jaringan internet yaitu 2.048 Kbps x 1/8 = 256 KBps (Kilo Byte per second) yang artinya untuk kecepatan download atau transfer data sebesar 256 KB untuk tiap detiknya (s).

Perbedaan bit dan Byte pada Komputer

Perbedaan bit dan byte pada komputer
Nah, untuk contoh atau gambaran penghitungan bit dan Byte sudah berhasil kita bahas. Selanjutnya apa saja perbedaan Byte dan bit, berikut penjelasannya.

1. Dari pembahasan di atas kita dapat tarik kesimpulan bahwa ada perbedaan besaran dari satuan bit dan Byte ini yaitu satuan ukuran bit lebih kecil daripada satuan ukuran Byte. Hal ini juga dapat kita lihat bahwa untuk simbol penulisan untuk bit ditulis dengan huruf kecil (b) dan untuk simbol satuan ukuran Byte ditulis dengan huruf kapital (B).

2. Perbedaan antara bit dan Byte lainnya yaitu untuk istilah kecepatan transfer atau bandwith biasa dinyatakan dalam satuan bit, sebaliknya untuk istilah kapasitas penyimpanan data dinyatakan dalam satuan Byte.

Mungkin kedua hal tersebut adalah perbedaan bit dengan Byte yang mendasar yang mudah kita ketahui, adapun untuk lainnya Kamu dapat menambahkannya dikolom komentar.

Baca Juga: Fungsi Tombol Alt Pada Keyboard Komputer

Pengertian bit dan Byte serta hubungan keduanya baik dari definisi masing-masingnya sudah kita ulas bersama hingga perbedaan bit dan Byte pada komputer beserta contoh perhitungan bit dan Byte itu sendiri. Semoga penjelasan ini dapat memberikan gambaran tentang dunia komputer dan internet. Baca Juga: Cara Memasang Motherboard ke Casing Komputer