Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Instal Ulang Hp Android Semua Merk (Berhasil)

Bisa tidak sih menginstal ulang smartphone? Layaknya komputer instal ulang hp Android sebenarnya bisa kita lakukan, hanya saja terdapat perbedaan antara perangkat mobile dan desktop.

Instal ulang hp lebih ke penyegaran sistem dan tidak perlu mengganti sistem operasi seperti halnya di komputer atau laptop yang bisa kita lakukan dengan mudah.

Oleh karena itu instal ulang di hp jadi lebih mudah karena tidak perlu menyiapkan Operating Sistem File yang mana sudah ada secara default sistem yaitu OS Android.

Instal ulang biasanya dilakukan ketika mendapati perangkat mengalami penurunan kinerja atau performa. Ponsel lemot dan sering ngehang yang menandakan sistem perlu penyegaran dengan menghapus bug dan file sampah yang menumpuk secara menyeluruh.

Alasan Kenapa Hp Android Perlu Diinstal Ulang

Selain karena lemot menginstal ulang hp juga perlu dilakukan jika sistem operasi smartphone mengalami hal demikian.

  • Terdapat Bug sistem yang mengganggu dan menimbulkan masalah baru, seperti hp mati sendiri atau lainnya.
  • Smartphone mau dijual kembali dengan menginstal ulang hp akan jauh lebih mudah membersihkan semua data dan cache di ponsel Android tersebut.
  • Upgrade OS Android ke versi terbaru.

Terkait kondisi di atas buat Kamu yang kebetulan sedang mengalaminya, Kamu bisa mengikuti tutorial cara menginstal ulang hp Android untuk semua merk di bawah ini.

Cara Instal Ulang Hp Android

cara instal ulang hp
Ada beberapa metode yang bisa kita gunakan untuk mereset ulang sistem operasi hp Android tersebut seperti Factory Reset, Flash Ulang, dan Instal Custom ROM.

Panduan ini juga berlaku untuk semua merk smartphone, jadi buat Kamu yang menanyakan cara instal ulang hp Samsung, Vivo, Oppo, Asus, Realme, Xiaomi, Huawei, Lenovo, LG, Advan, dan sebagainya. Tutorial inilah solusi terbaik yang bisa Kamu praktikan.

Langkah-langkah Menginstal Ulang Hp Android


cara instal ulang android

1. Reset Ulang

Kita bisa mengatur ulang sistem hp Android seperti baru lagi dengan metode ini.

Menghapus semua data yang ada di internal sistem Android sekaligus mengembalikan sistem ke pengaturan pabrikan (Default System).

Setelah menginstal ulang hp dengan cara ini biasanya perangkat akan memiliki kinerja dan peforma seperti saat pertama kita beli.

Berikut tahapan factory reset yang bisa Kamu ikuti di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan (Settings).
  2. Selanjutnya Kamu buka tab Cadangkan dan reset lalu pilih Reset data pabrik (Reset semua pengaturan dan hapus semua data pada perangkat).
  3. Terakhir Kamu ketuk tombol Reset perangkat.

Penting untuk diperhatikan bahwa sebaiknya Kamu mencadangkan file penting terlebih dahulu ke tempat penyimpanan lain seperti MicroSD.

Hal ini karena semua data yang ada diperangkat akan dihapus secara otomatis dan pastinya data yang terhapus tidak bisa dikembalikan lagi.

Artikel menarik lainnya tentang panduan cara reset hp Oppo semua tipe dengan sangat mudah dan cepat untuk mengatasi lupa pola dan lemot.

cara instal ulang smartphone

2. Flash Ulang

Kamu bisa flashing ulang hp Android tersebut, tindakan ini memungkinkan kita upgrade versi sistem operasi lama ke versi terbaru.

Kamu bisa melakukan flash ulang dengan aplikasi pihak ketiga dan komputer, metode ini dapat mengembalikan kondisi sistem hp menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Hal ini karena banyak teknisi hp yang menggunakan cara ini untuk memperbaiki kerusakan sistem hp.

Langsung saja ke tutorial flash ulang hp Android yang bisa Kamu ikuti berikut.

  1. Silakan Kamu cari Firmware berdasarkan spesifikasi hp tersebut, Kamu bisa mencarinya secara online kemudian Kamu simpan ke MicroSD.
  2. Selanjutnya Kamu akses Recovery Mode dengan cara menekan dan menahan tombol Power + Volume Bawah.
  3. Pada Mode Perbaikan tersebut Kamu lakukan Wipe Data, Wipe Dalvik Cache, dan Wipe Partition.
  4. Lanjut Kamu ketuk Apply update from SDcard kemudian Kamu pilih file Firmware yang sudah Kamu simpan di MicroSD (SDcard). Biar mudah Kamu gunakan tombol Home untuk aksesbilitasnya.
  5. Selama proses instalasi berjalan hingga selesai, setelah itu Kamu pilih Reboot Now agar ponsel booting.

Sampai pada tahap ini Kamu sudah berhasil melakukan flashing ulang smartphone Kamu, metode di atas ini tidak memakai bantuan aplikasi dan komputer agar mudah Kamu ikuti.

Lebih dari itu juga metode ini juga sering dipakai untuk mengatasi hp Android bootloop, hardbrick, dan masalah sistem smartphone lainnya.

Tutorial menarik lainnya tentang cara root hp Asus semua tipe untuk mengakses fitur-fitur tersembunyi di smartphone.

cara menginstal ulang hp android

3. Instal Custom ROM

Custom ROM sering digunakan untuk menunjang stablitas dan performa smartphone Android, Custom ROM ini memungkinkan pengguna merombak sistem hp.

Kebanyakan Custom ROM ini sudah tersedia secara default di perangkat seluler kita, terutama untuk smartphone keluaran terbaru.

Adapun tahapan untuk menginstal Custom ROM di hp Android sebagai berikut.

  1. Silakan Kamu pasang terlebih dahulu TWRP Android, jika sudah Kamu bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.
  2. Selanjutnya Kamu cari Custom ROM bisa dengan cara mengunduhnya secara online, jika sudah Kamu simpan Custom ROM di Internal Storage Hp Android.
  3. Tahap berikutnya Kamu masuk ke Mode TWRP lalu pilih Install.
  4. Kamu buka Custom ROM yang sudah Kamu unduh selanjutnya lalu Konfirmasi Installasi, lalu tunggu sebentar hingga prosesnya selesai.
  5. Selanjutnya Kamu pilih Wipe pada TWRP, opsi ini memungkinkan pembersihan secara menyeluruh pada sistem Custom ROM dan pastinya dapat meminimalisir gagal instalasi.
  6. Setelah selesai Kamu dapat melakukan booting dengan memilih Reboot di TWRP.
  7. Selama proses booting berlangsung Kamu bisa menunggunya, biasanya kurang dari 30 menit.

Sampai pada tahapan ini Kamu sudah berhasil melakukan installasi Custom ROM hp sendiri.

Banyak metode yang bisa kita gunakan untuk menginstal ulang hp, mulai dari yang paling mudah hingga yang sedikit ribet.

Baca juga tutorial cara menghilangkan mode aman hp Android Samsung terbaru yang bisa Kamu coba.

Silakan Kamu pilih metode instal ulang Android yang menurut Kamu paling mudah untuk dilakukan.

Beragam alternatif instal ulang hp Android di atas semoga dapat mengatasi masalah di smartphone milik Kamu. Mulai dari lupa password, lemot, ngehang, hingga bootloop.