Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Beberapa Halaman di File PDF Online Gratis

Cara Menghapus Halaman PDF - Memiliki ebook dengan jumlah halaman terlalu banyak memang membuat kita sebagai pembacanya kesulitan mencari tulisan atau informasi di dalamnya. Oleh karena itu terbesit dipikiran kita, bagaimana sih cara menghapus salah satu halaman di file PDF ini?

Menghapus halaman kosong pada PDF memang bisa Kamu lakukan, bukan hanya itu saja Kamu juga bisa melakukan editing lainnya seperti menambahkan tulisan dan gambar di dalam file PDF tersebut.

Kendati format file PDF memang lebih sulit untuk di edit, akan tetapi tetap masih bisa kita lakukan baik secara online atau pun offline. Lebih dari itu banyak sudah situs delete pages PDF yang memberikan layanan secara gratis atau cuma-cuma.

Cara Menghapus Beberapa Halaman Pada File PDF

cara menghapus halaman pdf
Pada panduan kali ini kita akan mengulas sedikit trik cara hapus halaman di file PDF dengan berbagai metode, termasuk menghapus halaman PDF tanpa aplikasi atau secara online.

I. Menghapus Halaman PDF Secara Online

Ada beberapa situs terpercaya penyedia layanan editing file PDF secara gratis (free). Kendati demikian fitur dan fungsinya juga tidak kalah lengkap kalau hanya sekedar untuk menghapus beberapa lembar halaman PDF saja.

1. PDF Candy

Pada layanan situs edit PDF ini Kamu dapat menghapus halaman di PDF secara online dan gratis untuk penggunaannya. PDF Candy memiliki tampilan muka yang menarik sehingga kita sebagai pemakai langsung mengerti dan paham alhasil sangat mudah dioperasikan.

Cara Menghapus Halaman PDF dengan PDF Candy

1. Silakan Kamu buka situsnya di https://pdfcandy.com.

2. Jika sudah selanjutnya Kamu pilih menu Delete pages seperti gambar di bawah ini.
cara menghapus halaman pdf online
3. Kamu tekan tombol + Add file(s) untuk menambahkan file PDF, selanjutnya Kamu pilih file PDF tersebut terus klik Open.
cara menghapus halaman pdf tanpa aplikasi
4. Jika proses upload sudah selesai pada bagian Delete Kamu isi dengan halaman mana yang akan dihapus, misalnya untuk halaman 6 Kamu isi dengan angka 6 saja. Nah, untuk halaman lebih dari satu Kamu isikan angka awalan dan akhiran dari halaman tersebut, misalnya untuk halaman 5 sampai 7 Kamu isi dengan angka 5-7 begitu seterusnya.
cara menghapus halaman pdf di hp
5. Jika sudah Kamu isi klik tombol Delete pages untuk menghapus halaman di PDF tersebut.

6. Kamu bisa menunggu sebentar selama proses penghapusan halaman PDF berlangsung, jika sudah selesai Kamu tekan Download file.
cara menghapus halaman pdf online free

Pada situs ini Kamu juga bisa mengedit file PDF seperti mengubah PDF ke JPG atau hanya sekedar memisahkan file PDF.

II. Menghapus Halaman PDF Secara Offline

Delete halaman file PDF juga bisa Kamu lakukan menggunakan aplikasi editor PDF, Kamu akan lebih mudah lagi mengedit file PDF milikmu karena beragam fitur yang sudah tersedia di dalam software atau aplikasi tersebut.

1. Adobe Acrobat Pro

Siapa yang tidak mengenal software edit file PDF yang satu ini, sebagai pencetus file berformat PDF Adobe Acrobat memang memiliki fitur unggulan. Langsung saja berikut langkah-langkah untuk delete halaman file PDF milikmu.

Cara Menghapus Halaman PDF dengan Adobe Acrobat DC

1. Klik Kanan file PDF tersebut terus pilih Edit with Adobe Acrobat.
cara menghapus halaman pdf offline
2. Setelah laman PDF terbuka Kamu pilih tab View lalu Show/Hide lanjut Navigation Panes terakhir klik Page Thumbnails untuk menampilkan gambar kecil di samping file PDF.
cara menghapus halaman pdf dengan adobe acrobat
3. Jika sudah tampil langsung saja klik halaman mana yang akan Kamu hapus, selanjutnya Kamu klik icon tong sampah atau Delete Pages untuk menghapus halaman PDF tersebut. Setelah itu biasanya akan muncul pop up peringatan terkait penghapusan halaman, Kamu tekan saja OK.
cara menghapus halaman pdf gratis

Jika ingin menghapus halaman lebih dari satu Kamu tekan saja tombol Ctrl atau Shift untuk menghapus banyak halaman PDF sekaligus.

Menghapus halaman file PDF ternyata sangat mudah bukan, karena ini bisa Kamu lakukan hanya lewat Hp android saja tanpa perlu repot-repot menghidupkan laptop atau komputer. 

Baca Juga: Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu