Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menampilkan Ruler (Penggaris) di Word & Pengaturannya

Ruler atau penggaris tepi pada Microsoft Word biasanya secara default memang tidak muncul pada lembar kerja MS Word, kendati demikian terkadang kebiasaan pengguna komputer lain untuk mengaktifkannya membuat penggaris ini serasa wajib ada di sisi lembar kerja dokumen kita. Oleh karena itu jika ruler di Microsoft Word menghilang atau tidak ada memang sedikit merepotkan, terutama untuk mengukur lebar dan tinggi kertas atau margin batas pinggir kertas.

Nah, untuk cara menampilkan ruler di Microsoft Word sendiri itu sangat mudah dan cepat karena memang hanya beberapa langkah saja. Penggaris digital pada Microsoft ini memang memiliki peranan yang cukup membantu untuk mengukur apa saja yang ada di dokumen Word tersebut. Letaknya yang berada pada batas pinggir samping dan atas memudahkan kita dalam menggunakan ruler tersebut.

Cukup geser ke kanan dan ke kiri saja untuk mengukurnya. Maka tidak heran jika kita sudah terbiasa memakai ruler di Microsoft Word bakalan sedikit kebingungan saat ruler di Microsoft Word menghilang secara tiba-tiba. Adapun tutorial untuk memunculkan kembali ruler di MS Word bisa Kamu simak di bawah ini.

Cara Menampilkan Ruler di Microsoft Word

cara menampilkan ruler di word
Nah, untuk munculin ruler di Word ini Kamu bisa menggunakan metode di bawah ini. Panduan ini juga cocok digunakan untuk semua versi MS Word mulai dari 2007, 2010, 2013, dan 2016.

Langkah-langkah Menampilkan Ruler pada Ms Word

1. Silakan Kamu buka program Microsoft Word dengan cara double klik pada shortcut tersebut, atau Kamu bisa Klik Kanan Shortcut lalu Open.
cara menampilkan ruler di word 2007
2. Setelah itu Kamu masuk ke tab View kemudian pilih Ruler (penggaris), dengan mencentang ruler ini otomatis penggaris akan ditampilkan pada sisi atas dan samping lembar kerja dokumen Word.
cara menampilkan ruler di word 2010
3. Nah, gambar di bawah ini adalah salah satu bukti bahwa ruler telah aktif (centang).
cara menampilkan ruler di word 2013

Lebih lanjut lagi tentang pengaturan ruler seperti mengganti satuan ukuran inchi ke cm bisa Kamu ikuti panduan di bawah ini.

Mengganti Satuan Ukuran Penggaris atau Ruler

Patut kita sadari bersama bahwa satuan ukuran standar internasional dunia adalah Inch (inchi). Nah, hal tersebut tentu bertolak belakang dengan satuan ukuran nasional kita yang menggunakan standar ukuran Centimeter (cm). Oleh karena itu kita perlu mengubahnya terlebih dahulu dari satuan inchi ke cm di Microsoft Word.

Langkah-langkah Mengganti Satuan Ukuran Penggaris di Word

1. Silakan Kamu buka tab File pada Microsoft Word.
cara menampilkan ruler di word 2016
2. Pada bagian ini silakan Kamu pilih Options untuk membuka pengaturan lainnya.
cara memunculkan ruler di word
3. Nah, pada bagian Advanced atau pengaturan lanjutan, Kamu bisa memilih dikategori Display kemudian pada Show measurements in units of: Kamu ubah ke Centimeters.
cara munculin ruler di word
Terakhir jangan lupa disimpan pengaturannya dengan klik tombol OK, dengan ini Kamu sudah berhasil mengganti satuan ukuran penggaris atau ruler di MS Word.

Baca Juga: Cara Membuat Tulisan di Atas Gambar di Word

Bagaimana mudah bukan cara menampilkan ruler di Microsoft Word, lebih dari itu Kamu sekarang juga sudah mengetahui cara menggunakan ruler di Word tersebut karena sudah berhasil mengganti satuan ukuran ruler dari inchi ke cm di Ms Word. Baca Juga: Cara Menghilangkan Comment di Word dan Cara Mengatur Jarak Enter di Word