Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Ukuran Inchi ke CM di Microsoft Word (+Gambar)

Satuan ukuran inchi memang sering dijadikan standar pengukuran baku di seluruh dunia, maka tidak heran jika program pengolah data seperti Microsoft Word juga menerapkannya. Namun, terkadang hal tersebut menjadi kendala bagi kita yang sering menggunakan standar satuan ukuran centimeter (CM) yang mana kita harus mengubah satuan inci ke cm di Microsoft Word terlebih dahulu.

Biasanya masalah ini sering muncul ketika kita ingin membuat margin atau batas pinggir kertas di Ms Word. Nah, menanggapi hal tersebut tentu kita harus mengubah margin dari inchi ke cm pada Word terlebih dahulu. Ada beberapa cara merubah inchi ke cm yang bisa Kamu lakukan, terlebih hal tersebut sangat mudah Kamu terapkan karena hanya memerlukan beberapa langkah saja di Word.

Sedikit gambaran saja tentang margin yang merupakan batas atas, bawah, kanan, dan kiri biasanya memiliki rentang jarak yang tidak jauh berbeda dan jika dalam satuan inchi kita akan bingung menentukan ukurannya karena terkadang ukurannya di bawah 1 inchi untuk margin tersebut.

Dalam tutorial cara mengubah inchi ke centimeter pada Microsoft Word ini bisa Kamu terapkan untuk semua versi Microsoft Word mulai dari 2007, 2010, 2013, dan 2016. Hal ini lantaran pada dasarnya semuanya sama tidak ada perbedaan mencolok.

Cara Mengubah Inchi ke Centimeters di Word

cara mengubah ukuran inchi ke cm di microsoft word
Panduan ini sudah berisikan dengan beragam gambar pendukung untuk memudahkan pembaca dalam mengikuti setiap petunjuk pada tutorial berikut.

Langkah-langkah Mengubah Inchi ke CM di Ms Word 2016

1. Silakan Kamu buka aplikasi Microsoft Word terlebih dahulu dengan cara double klik pada shortcut Ms Word.

2. Jika sudah Kamu bisa langsung klik tab File untuk membuka pengaturan dokumen Word.
cara mengubah ukuran inchi ke cm di microsoft word 2010
3. Menu file sudah terbuka Kamu arahkan kursor ke bawah pada bagian Options.
cara mengubah ukuran inchi ke cm di microsoft word 2013
4. Pilih menu Advanced untuk pengaturan lebih lanjut, setelah itu pilih bagian Display untuk membuka pengaturan tampilan Ms Word.
cara mengubah ukuran inchi ke cm di microsoft word 2016
Pada bagian Display di pengaturan Show measurements in units of: Kamu pilih Centimeters, ini untuk mengubah satuan ukuran di Ms Word dari inchi ke cm disetiap setelan lembar kerja dokumen tersebut. Terakhir untuk menyimpan pengaturan, Kamu tekan saja tombol OK.

Baca Juga: Cara Mengatur Jarak Enter di Word

Selesai sudah mengubah inchi ke cm di Word 2016, Kamu juga bisa melakukannya semua versi lainnya seperti di atas. Sebagai gambaran saja berikut tutorialnya jika di terapkan pada Ms Word 2007 di bawah ini.

Langkah-langkah Mengubah Inchi ke CM di Ms Word 2007

1. Buka Microsoft Word 2007, Kamu bisa double klik pada program tersebut.

2. Setelah terbuka silakan Kamu klik tombol office (Office Button) untuk membuka pengaturan dokumen Word. Jika di Word 2016 bernama tab File, mungkin yang membedakan hanya itu saja sih.
cara mengubah ukuran inchi ke cm di microsoft word 2007
Selanjutnya Kamu geser kursor ke bawah pada bagian Word Options, silakan Kamu klik tombol tersebut.

3. Pada pengaturan Word Options ini terdapat pengaturan lanjutan yaitu Advanced Kamu klik saja, kemudian gulir ke bawah untuk menemukan kategori Display.
cara mengubah ukuran inchi ke cm pada microsoft word
Nah, di bagian Display ini Kamu bisa mengubah inchi ke cm dengan cara merubah satuannya di bagian Show measurements in units of: masukkan saja Centimeters. Terakhir Kamu klik OK untuk menyimpannya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Comment di Word

Dari kedua versi Ms Office di atas untuk tutorialnya memang masih sama satu dengan versi lainnya, yang membedakannya biasanya hanya pada tampilan Word tersebut.

Panduan cara mengubah satuan inchi ke cm di Word semoga dapat membantu Kamu dalam mengatur ukuran margin dokumen di Microsoft Word. Sekian dulu untuk tips Word edisi kali ini dan sampai jumpa pada tutorial lainnya di laman semutimut. Baca Juga: Cara Membuat Angka Romawi di Ms Word dan Cara Membuat Tulisan di Atas Gambar pada Microsoft Word