Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Tombol F5 Pada Keyboard di Desktop Windows Lengkap

Tombol F5 berfungsi untuk apa? Pernah menanyakan pertanyaan seperti itu, fungsi tombol F5 pada keyboard komputer atau laptop memang beragam. Tergantung dari program yang sedang dibuka atau dijalankan, misalnya saat membuka program Microsoft Excel pasti kegunaan tombol F5 akan berbeda saat kita membuka Microsoft PowerPoint. Lebih dari itu pada desktop Windows itu sendiri juga mempunyai peranan yang berbeda.

Tombol F5 di keyboard komputer sebenarnya adalah serangkaian dari tombol F1 sampai F12 yang berjejer rapi di posisi paling atas pada keyboard PC atau komputer. Masing-masing tombol baik F1, F2, F3, F4, F5, F6, F7, hingga F12 semuanya memiliki peranan dan fungsi tombol yang berbeda-beda.

Namun, terkadang karena kerusakan karena kemasukan kerikil atau air, papan tombol keyboard komputer sering tidak berfungsi. Maka dari itu kita bisa memanfaatkan alternatif kedua jika hal tersebut sampai terjadi. Kamu bisa memanfaatkan Virtual Keyboard di layar desktop Windows tersebut.

Fungsi dan peranan tombol masih sama seperti biasa, hanya saja kita tidak bisa mengetiknya langsung karena operasionalnya dari klik mouse itu sendiri. Patut diakui memang sangat melelahkan dan tidak praktis, solusinya terbaik Kamu dapat mengganti keyboard komputer itu sendiri dengan yang baru.

Langsung saja berikut beberapa fungsi tombol F5 pada keyboard di layar desktop windows.

Kegunaan atau Fungsi Tombol F5 Pada Keyboard Windows

Fungsi Tombol F5 Pada Keyboard di Desktop Windows Komputer
Di bawah ini ada beberapa daftar fungsi tombol F5 pada keyboard komputer, mulai di layar desktop Windows itu sendiri hingga perintah untuk mengoperasikan program atau software seperti Microsoft PowerPoint, Excel, dan lainnya.

Daftar Fungsi Tombol F5 Pada Keyboard Komputer

Desktop Windows : Tombol F5 berfungsi untuk Refresh menyegarkan tampilan layar desktop Windows, biasa jika perintah ini diaktifkan icon pada layar desktop akan menghilang dan muncul kembali secara cepat. Alternatif lainnya Kamu dapat mengeksekusinya dengan cara Klik Kanan lalu pilih Refresh. Fungsi F5 juga berlaku sama untuk Windows Explorer.

Fungsi Tombol F5 Pada Desktop Windows Komputer

Microsoft Excel : Kamu bisa menggunakan tombol F5 untuk menampilkan kotak dialog buka (Go To).

Microsoft PowerPoint : Kegunaan tombol F5 pada PowerPoint bisa Kamu jalankan untuk menampilkan slide secara penuh atau fullscreen pada slide presentasi PowerPoint.

Microsoft Word : Manfaat tombol F5 pada Microsoft Word yaitu untuk mencari dan mengganti atau Find and Replace, Kamu dapat mencari atau mengganti kata-kata tertentu secara satu per satu atau keseluruhan dalam sebuah laman dokumen.

Web Browser : Perintah F5 dapat Kamu lakukan pada laman web browser ini berguna untuk MeRefresh atau reload halaman, biasanya sering dilakukan ketika halaman tidak sepenuhnya terbuka sempurna.

Dari sekian fungsi tombol F5 pada keyboard di atas mana yang sering Kamu gunakan, biasanya kebanyakan untuk MeRefresh atau menyegarkan laman desktop Windows komputer. Lebih dari itu ternyata kegunaan dan manfaatnya sangat beragam jika di terapkan pada sebuah program yang dibuka. Baca Juga: Cara Mengelompokkan Data di Excel Secara Otomatis dan Cara Membuat Tulisan di Atas Gambar Microsoft Word