Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Instagram Lewat Hp & PC

Apakah bisa postingan di ig dihapus lalu dikembalikan? Adakah dari kalian yang pernah tidak sengaja menghapus foto di instagram dan berniat mengembalikan foto atau gambar tersebut. Hal ini seringkali terjadi ketika kita merasa bosan terhadap insta story milik kita, oleh karena itu mengurangi beberapa postingan foto mungkin bisa membuat akun kita tampak lebih fresh dan kece. Namun, setelah selesai menghapus beberapa postingan di instagram terkadang rasa penyesalan muncul. Alhasil kita mencari cara mengembalikan foto yang sudah dihapus di Instagram kita.

Menanggapi hal demikian sebenarnya ada beberapa cara mengatasi foto yang terhapus di instagram agar bisa dikembalikan, mulai dari penggunaan aplikasi untuk mengembalikan foto instagram yang terhapus hingga antisipasi dari kita sendiri dengan selalu mencadangkan file-file atau foto penting milik kita. Nah, kali ini kita akan mencoba mengembalikan foto yang hilang di instagram tersebut dengan beberapa metode yang dapat Kamu coba di bawah ini.

Cara Mengembalikan Postingan Foto yang Terhapus di Instagram

cara mengembalikan foto yang terhapus di instagram
Kamu dapat mengikuti beberapa tutorial menghapus foto yang terhapus di instagram lewat Hp Android atau iPhone dan menggunakan laptop, disesuaikan saja dengan peralatan yang ada.

1. Mengembalikan Foto Instagram Tanpa Aplikasi

Salah satu cara memulihkan file foto yang sudah terhapus di instagram kita, yaitu dengan melihat riwayat akun instagram tersebut. Lantas bagaimana cara melihat foto yang terhapus di instagram kita? Nah, ada layanan jasa penyedia pihak ketiga yang siap membantu kita dalam mengecek arsip atau archive postingan akun kita. Kita dapat memanfaatkan layanan situs ini untuk mengembalikan postingan instagram yang di archive, langsung saja berikut panduannya.

1. Kita akan mengunjungi situs instaport.me tersebut, Kamu dapat login menggunakan akun instagram yang sudah hilang fotonya.

2. Jika sudah login dengan akun pribadi Kamu, biasanya ada beberapa opsi, silakan Kamu tekan Authorize untuk melanjutkannya.

3. Biasanya setelah itu kita dihadapkan dengan banyaknya arsip foto yang akan dibackup, Kamu pilih saja salah satunya. Kamu ingat kembali kapan Kamu menghapus foto atau postingan instagram tersebut.

4. Jika sudah tahu kapan tanggal terakhir menghapus foto tersebut, sekarang saatnya Kamu menentukannya dengan cara memilih rentang waktu mulai tanggal berapa dan sampai tanggal berapa.

5. Nah, jika sudah selesai menentukan archive file mana yang akan dipulihkan. Kamu dapat menekan tombol Start Export.

6. Selama proses backup file berlangsung akan sedikit memakan waktu, apalagi jika rentang waktunya sudah jauh. Setelah selesai proses backup, Kamu dapat mengunduh file foto akun instagram Kamu pada situs tersebut dengan klik tombol Download.

Baca Juga: Cara Membuka HotMail Lengkap

Biasanya file foto akan dikemas dalam bentuk RAR atau Zip, Kamu dapat membuka foto atau gambar instagram tersebut menggunakan software atau aplikasi ekstrak file RAR di Hp Android atau laptop Kamu.

cara mengembalikan file foto yang terhapus di instagram

 2. Mengembalikan Foto Instagram Lewat Hp

Berbeda dengan metode di atas cara kedua ini dapat Kamu praktikan pada Hp Android Kamu, yaitu dengan melihat album di galeri Hp tersebut. Bagaimana bisa kita melihat foto tersebut? Sistem Hp Android sendiri secara otomatis dan berkala akan membackup file yang sudah kita upload ke internet, misalnya di sini sosial media Instagram. Sistem akan menduplikasi file foto tersebut dan menyimpannya ke dalam folder khusus. Dalam folder inilah kita dapat menemukan kembali foto yang sudah dihapus di Instagram kita.

1. Silakan Kamu buka My Files kemudian pilih Pictures terakhir ketuk Instagram untuk membuka folder salinan file foto kita.

2. Selanjutnya Kamu buka dan cari satu persatu dari semua file yang sudah diupload ke akun Instagram, jika menemukan file foto tersebut Kamu dapat langsung menyalinnya atau copy dan tempelkan ke MicroSD atau penyimpanan eksternal lainnya.

Hal ini untuk menghindari kesalahan yang sama, Kamu dapat mencadangkannya juga menggunakan Mega sebagai tempat kedua file penting milik Kamu.

cara mengembalikan postingan foto yang terhapus di instagram

3. Mengembalikan Foto Instagram Lewat Laptop

Ini adalah alternatif khusus buat Kamu pengguna laptop atau komputer, Kamu dapat menggunakan cara ini untuk mencari foto instagram yang sudah hilang dengan bantuan software data recovery.

1. Silakan Kamu buka link resminya di alamat berikut easeus.com

2. Jika sudah Kamu download aplikasi foto recovery instagram tersebut, Kamu dapat membuka dan menginstalnya ke laptop Kamu.

3. Nah, jika menggunakan cara ini Kamu juga harus menyiapkan USB Debugging sebagai media penghubung dari Hp Android ke Laptop.

4. Jalankan program untuk mencari foto instagram yang hilang tersebut, Kamu dapat mengeceknya satu per satu untuk memastikan foto tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Akun Twitter Terbaru Lengkap

cara mengembalikan foto yang terhapus di instagram lewat hp android dan iphone

 4. Cek Hardisk Kamera

Ini adalah cara terakhir untuk dapat memulihkan foto-foto di akun instagram kita, cara ini hanya berlaku jika Kamu memotret menggunakan kamera eksternal seperti DSLR. Biasanya jika Kamu tidak memindahkan semua foto hasil jepretan Kamu ke penyimpanan lain, maka otomatis semua data file ada di dalam hardisk kamera tersebut.

Kamu dapat membukanya dan mencarinya kembali di folder penyimpanan tersebut. Ini adalah metode yang memanfaatkan keberuntungan kita, oleh karena itu sulit untuk diikuti. Balikin foto yang terhapus di Instagram dengan metode ini bisa kalau Kamu sedang beruntung pastinya.

Baca Juga: Cara Membuka Facebook yang Lupa Password dengan Mudah

Tutorial cara mengembalikan foto yang terhapus di Instagram ini diharapkan dapat mengembalikan lagi postingan akun Instagram milik Kamu. Dari beberapa metode di atas Kamu juga bisa memulihkan file foto yang hilang menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi baik lewat Hp atau Laptop.