Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Hp Android [Berhasil]

Ketika kita mau mendownload aplikasi di Google Play Store seringkali kita mengalami masalah, baik games atau aplikasi tidak terinstal (error) hingga apk not responding. Ketika mengalami hal tersebut tentu saja kita bertanya-tanya sebenarnya apa penyebab aplikasi terhenti atau tidak bisa diinstal di Hp Android kita.

Nah, oleh karena itu dalam postingan edisi tips android kali ini kita akan mengulas penyebab dan cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Android dengan mudah dan cepat. Masalah ini sebenarnya tidak begitu jauh saat aplikasi tidak bisa didownload, hal ini lantaran kebanyakan sistem penyimpanan internal di Hp Android tersebut sudah penuh atau sesak. Alhasil Aplikasi sulit diinstal pada sistem operasi Android tersebut, atau lebih tepatnya kita tidak bisa instal aplikasi di Play Store karena kapasitas ruang disk yang minim.

Dalam panduan ini Kamu dapat mempraktikannya untuk semua merk Hp dan versi Android, seperti Hp Samsung, Xiaoumi, Advan, Huawei, Oppo, Vivo, Asus, dan lainnya. Nah, untuk versi Android mulai dari Marshmallow, Lollipop, Oreo, Pie, dan versi lainnya juga bisa mengikutinya. Lebih dari itu masalah ini juga menjadi jawaban kenapa kita tidak bisa menginstal aplikasi WhatsApp, Youtube, Instagram, Facebook, dan lainnya. Lantaran masalah dan solusinya juga sama.

Apa penyebab aplikasi tidak terpasang?

Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang di Android

cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android
Ada beragam sebab-sebab apk susah diinstal di Android, mulai dari tempat penyimpanan yang sudah mulai penuh hingga program aplikasi yang rusak itu sendiri.

Penyebab-Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang Saat Diinstal Pada Hp Android

1. Aplikasi Rusak

Program aplikasi yang sudah rusak atau Corrupted adalah masalah yang banyak dan sering terjadi. Hal ini biasanya ketika proses download yang berjalan tidak maksimal, terlebih ketika Kamu mengunduh aplikasi tersebut melalui bukan melalui website resmi aplikasi tersebut.

Aplikasi rusak biasanya karena program yang sudah jarang sekali update, sehingga tidak bisa mengikuti operating system Android itu sendiri. Nah, untuk mencegah hal tersebut terulang lagi Kamu dapat mendownload aplikasi melalui official website aplikasi tersebut atau melalui link download di Google Play Store yang jauh lebih direkomendasikan.

2. Kapasitas Penyimpanan Penuh

Disadari atau tidak salah satu penyebab aplikasi tidak dapat diinstal pada Android dikarenakan masalah hardisk penyimpanan internal atau pun eksternal SD Card telah penuh dan sesak.

Seringkali ada peringatan terlebih dahulu sebelum kita mendownload dan menginstal aplikasi tersebut, bahwa diperlukan beberapa ruang penyimpanan lagi untuk menginstal aplikasi ini. Biasanya kita akan menghapus beberapa aplikasi yang dirasa jarang sekali digunakan.

3. Memori Eksternal Rusak

Kamu suka menyimpan dan memasang aplikasi di SD Card (MicroSD), biasanya pernah mengalami hal ini ketika kita hendak menginstal aplikasi di SD Card dan sering gagal saat mau mengekstraknya.

Kerusakan SD Card dapat disebabkan oleh banyak faktor mulai dari SD Card itu sendiri hingga kebiasaan lepas dan cabut SD Card dari slot Hp Kamu. Kebiasaan ini sebenarnya kurang baik untuk kesehatan memori eksternal tersebut, memori Hp jadi cenderung lebih rentan rusak karena hal sepele tersebut.

Biasanya aplikasi yang sudah terpasang di Android kita akan ikut menghilang jika SD Card dicabut dari slotnya. Lebih dari itu jika kita memasukkan SD Card tersebut ke PC atau laptop seringkali Windows mendeteksinya sebagai kerusakan dan perlu dilakukan scan atau pembersihan. Jika hal tersebut dilakukan maka otomatis MicroSD Kamu akan terformat habis atau kosong tanpa isi, oleh karena itu Kamu abaikan saja jika mendapati pesan tersebut.

4. Tempat Instalasi Aplikasi Kurang

Penyebab aplikasi tidak bisa dipasang pada Hp Android juga bisa dikarenakan oleh hal sepele ini. Sering kita mendapati pesan peringatan ketika mau memasang aplikasi atau game. Ternyata hal ini disebabkan tempat penyimpanan default apk atau game tersebut harus di SD Card atau sebaliknya cukup di penyimpanan internal galeri Android saja.

Kalau sudah begini kita harus mengikutinya untuk dapat menginstal aplikasi di ponsel Android kita, biasanya untuk game berukuran besar tempat penyimpanannya berada di SD Card (MicroSD) dan untuk aplikasi berukuran kecil kebanyakan masih menggunakan penyimpanan internal saja.

5. Aplikasi MOD

Masalah apk susah dibuka pada OS Android juga datang dari aplikasi crack, aplikasi premium atau program berbayar biasanya menjadi langganan. Apk Mod sering tidak bisa dijalankan karena kesalahan dari program apk atau game itu sendiri.

Hal ini lantaran terdapat beberapa pengaturan sistem yang dijebol atau dipaksakan dan tidak begitu baik untuk segi tambalan bug apk tersebut. Alhasil apk sulit dijalankan dan hanya menyebabkan Hp Android ngelag atau ngehang dalam waktu yang cukup lama.

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab aplikasi tidak bisa terpasang pada Hp Android, sekarang kita akan membahas solusi mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android tersebut.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

cara mengatasi aplikasi tidak terpasang pada android
Solusi untuk memperbaik aplikasi yang tidak bisa dipasang pada sistem operasi Android, ternyata cukup mudah dan simpel untuk dilakukan. Kamu juga bisa melakukannya dengan cepat dan mudah tentunya.

Langkah-langkah Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diinstal di pada Android

1. Uninstal Aplikasi

Solusi pertama untuk cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Android yaitu Kamu lepaskan atau copot aplikasi atau game yang dirasakan sudah jarang dipakai atau digunakan.

Aplikasi-aplikasi tersebut hanya menyesakan ruang memory Hp Android Kamu, khususnya aplikasi dengan size besar di atas 1 GB jelas bikin tambah sempit ruang disk ponsel.

Selain dari aplikasi bisa juga datang dari file-file seperti video, dokumen, musik, dan jenis berkas lainnya yang membuat memory internal Hp semakin membengkak.

Hapus semuanya yang dirasa kurang berguna, setelah itu Kamu dapat menginstal aplikasi yang tidak bisa di pasang sebelumnya. Biasanya setelah ruang penyimpanan sedikit lega atau memenuhi minimal standar ukuran tempat penyimpanan default dari aplikasi tersebut, aplikasi dapat diinstal tanpa khawatirkan pop up peringatan Google Play Store lantaran cara ampuh mengatasi apk tidak terpasang adalah menggunakan metode ini.

2. Aplikasi Tidak Rusak

Seringkali kita mendapati suatu game atau aplikasi tidak kompatibel dengan ponsel Android kita, biasanya dikarenakan persyaratan minimun standar instalasi aplikasi hingga kerusakan dari aplikasi itu sendiri.

Aplikasi tidak bisa dibuka di Android jika dikarenakan oleh faktor error atau rusak, dapat diatasi dengan mengunduh ulang melalui layanan Google Play Store untuk menghindari masalah yang sama terulang lagi sebaiknya kita mendownload apk tersebut melalui Play Store.

Alhasil masalah aplikasi tidak merespon ketika dijalankan dapat diminimalisirkan karena kita mendownload apk tersebut melalui Play Store yang mana sudah dilakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum kita menginstalnya di Android.

Baca Juga: Cara Mengunci Aplikasi di Android Pada Hp Asus

3. Versi Aplikasi

Salah satu aplikasi gagal diinstal di Hp Android yaitu karena program aplikasi sudah kadaluarsa atau expired, aplikasi sudah tidak mendapatkan pembaruan atau update terbaru dari official resminya atau kesalah kita mengunduh aplikasi tersebut bukan melalui link resminya.

Aplikasi yang telah usang biasanya sudah tidak mengikuti program operating sistem terbaru, misalnya saja untuk Android atau Ios untuk pengguna ponsel iPhone.

Tips sebelum mengunduh aplikasi yang bukan dari Google Play Store, Kamu dapat mengecek tanggal terakhir versi aplikasi atau last version apk. Biasanya dalam bentuk angka seri seperti 1.0 dan seterusnya.

Jika di ponsel Android Kamu sudah terpasang aplikasi versi sebelumnya, Kamu cukup melakukan update aplikasi tersebut. Tidak perlu sampai download ulang atau instal ulang apk.

4. Reboot Hp

Alternatif untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa terpasang di Android bisa menggunakan cara ini, terkadang langkah ini dilakukan ketika kita sudah benar-benar yakin bahwa ponsel kita dalam keadaan normal baik dari segi ruang penyimpanan internal atau pun eksternal sudah lega dan memenuhi sistem minimum persyaratan instalasi apk tersebut.

Selain itu dari aplikasi atau game itu sendiri tidak mengalami masalah atau rusak, dikarenakan kurang update atau berasal dari laman unduhan tidak resmi. Lebih dari itu juga aplikasi masih standar dan bukan hasil oprek atau Mod.

Kamu dapat menghidupkan ulang atau restart pada sistem operasi Android tersebut, dengan menekan tombol power pada ponsel pintar Kamu. Reboot ini bertujuan untuk menyegarkan kinerja sistem bisa karena lemot atau karena lainnya.

Baca Juga: Cara Mempercepat Download di Play Store

5. Internal atau Eksternal Memory

Aplikasi dapat berhasil diinstal pada ponsel Android biasanya juga dikarenakan kita mengikuti aturan dari aplikasi tersebut. Salah satunya adalah tempat penyimpanan default dari aplikasi tersebut, biasanya masing-masing apk tidak sama.

Ada yang menyarankan di internal memory smartphone atau eksternal menggunakan SD Card atau MicroSD. Kamu ikuti saja panduannya biasanya apk atau game cenderung lebih mudah dibuka dan dijalankan pada Hp Android kita.

Selain itu juga untuk penyimpanan eksternal, sebaiknya Kamu pastikan terlebih dahulu sebelum menginstalnya. Biasanya untk SD Card atau MicroSD yang sudah rusak atau error, aplikasi sulit diinstal dan dibuka. Jika sudah seperti ini Kamu dapat melakukan format ulang SD Card tersebut. Pastikan semua file penting sudah Kamu cadangkan di perangkat lainnya agar tidak ikut hilang terhapus ketika memformat MicroSD.

cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di hp android

Dari kebanyakan kasus masalah aplikasi tidak terpasang di Android lantaran kita mendapatkan aplikasi tersebut tidak melalui layanan Google Play Store melainkan mengunduhnya melalui link website yang tidak resmi atau dari rekan kita yang mengirimkan file apk lewat ponselnya.

Baik melalui copy and paste hingga mengirimkannya melalui bluetooth atau shareit, biasanya ini tidak melalui sistem permision operasi Android. Alhasil aplikasi tidak dapat terpasang sempurna dan mengalami error saat menginstalnya ke Hp Android kita.

Baca Juga: Aplikasi Pengganti Tombol Back Android Tanpa Root

Beberapa penyebab dan cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Android ini dapat Kamu praktikan untuk semua merk Hp seperti Xiaomi, Samsung, Asus, Oppo, Realme, Vivo, dan lainnya. Nah, untuk minimum operating sistem Android seperti Marshmallow, Oreo, Lollipop, Pie, dan lainnya juga bisa.