Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Persen (%) di Kalkulator Hp Android +Gambar

Persen atau persentase sering digunakan untuk menunjukan jumlah bagian dari keseluruhan data yang ada, misalnya untuk membanderol harga suatu barang dengan memberikan diskon dari keseluruhan harga jual sebenarnya. Namun, terkadang hal tersebut sedikit membingungkan kita tentang besaran potongan diskon dari harga barang tersebut. Alhasil kita harus belajar cara menghitung persen (%) baik secara manual atau menggunakan Hp Android dan iPhone yang sekarang sudah mendukung aplikasi kalkulator biasa hingga scientific atau ilmiah.

Lebih daripada itu sekarang kita juga bisa menghitung persen di kalkulator online, yang mana hanya membutuhkan jaringan internet saja untuk mengaksesnya. Hal ini tentu saja berbeda dengan beberapa tahun belakang yang mana penggunaan kalkulator Casio, Citizen, dan merk kalkulator terbaik lainnya masih begitu familiar di tengah-tengah masyarakat. Terlepas dari hal tersebut sebenarnya untuk menghitung persen kita juga bisa memakai Microsoft Excel. Namun, itu dirasa terlalu ribet karena harus menggunakan komputer atau laptop.

Lantas bagaimana cara menghitung persen di kalkulator Hp secara cepat dan mudah tentunya, berikut tutorial menghitung persen pada sebuah harga suatu barang.

Cara Menghitung Persen di Kalkulator Hp

cara menghitung persen di kalkulator hp
Ada dua jenis kalkulator yang sering digunakan yaitu kalkulator biasa (sederhana) dan ilmiah (scientific). Nah, kali ini kita akan menghitung dengan kedua jenis kalkulator tersebut dengan Hp Android atau iPhone.

Menghitung Persen di Kalkulator Hp Android

Kalkulator Hp jenis ini biasanya hanya berisikan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan lainnya. Penggunaannya memang sedikit terbatas, seringkali kita tidak menemukan tombol persen dalam kalkulator biasa ini.

Jika kebetulan kalkulator di Hp Android Kamu adalah jenis kalkulator biasa, Kamu bisa menggunakan cara ini untuk menghitung bilangan persen.

Langkah-langkah Menghitung Persen di Kalkulator Hp (Biasa)

1. Silakan Kamu akses aplikasi Kalkulator di Hp Kamu, biasanya kalkulator sudah menjadi aplikasi bawaan di setiap perangkat baik untuk Hp smartphone atau jadul.

2. Sebagai contohnya kita akan menghitung besaran potongan harga atau diskon pada sebuah celana, jika harga celana sebenarnya adalah Rp 200.000 dan mendapatkan diskon sebesar 25%. Lantas berapakah celana tersebut setelah mendapatkan diskon?

3. Satu hal yang kita tahu bersama bahwa bilangan terbesar pada persen yaitu 100, maka semua angka akan di bagi per seratus. Misalnya saja di sini kita mendapatkan angka sebesar 25% yang artinya adalah 25/100.

Kenapa harus demikian, ini dikarenakan kita harus mengubahnya terlebih dahulu ke bilangan desimal untuk dapat dijumlahkan dengan bilangan lainnya.

4. Maka langsung saja kita ketikan angka di kalkulator Hp Kamu yaitu 25/100.
cara menghitung persen di kalkulator hp android
Dari data tersebut kita mendapatkan nilai sebesar 0.25 sebagai bilangan desimal.

5. Setelah itu Kamu kalikan hasil tersebut dengan harga celana sebenarnya, alhasil 0.25 x 200000.
cara menghitung persen di kalkulator iphone
Dari perkalian tersebut kita mendapatkan nilai sebesar 0.25x 200000 = 50000.

Jadi besaran diskon untuk celana tersebut kita mendapatkan potongan harga sebesar Rp 50.000 untuk setiap celananya.

Lantas berapa harga celana setelah mendapatkan diskon tersebut, rumusnya adalah harga sebelumnya - besaran diskon.
cara menghitung persen di kalkulator casio
Hasil akhir dapat kita simpulkan bersama bahwa harga celana tersebut setelah mendapatkan diskon menjadi Rp 200.000 - Rp 50.000 = Rp 150.000.

Jadi untuk harga celananya setelah mendapatkan diskon menjadi Rp 150.000.

Langkah-langkah Menghitung Persen di Kalkulator Hp (Ilmiah)

1. Silakan Kamu buka aplikasi kalkulator di Hp, bedanya kalkulator scientific dengan biasa yaitu ada pada kelengkapan tombol hitung menghitung. Biasanya terdapat beragam tombol seperti persen, akar kuadrat, sin, cos, tan, dan fungsi tombol lainnya.

2. Nah, untuk gambarannya kita masih menggunakan contoh yang pertama seperti di atas. Kamu bisa langsung memasukkan angka 25% (25 + %)
cara menghitung persen di kalkulator ilmiah
Silakan Kamu ketik angka 25 dan % pada kalkulator scientific tersebut. Jika sudah jangan lupa untuk mengetahui hasilnya Kamu tekan tombol sama dengan (=). Hasil akhirnya seperti ini 25%=0.25.

3. Selesai dengan hitungan persen tersebut saatnya kita kalikan hasil tersebut dengan harga celana sebelum kena diskon.
cara menghitung persen di kalkulator citizen
Jadinya 0.25 x 200000 = 50000, hasilnya kita mendapatkan diskon sebesar Rp 50.000 untuk potongan harga sebuah celana tersebut.

4. Nah, untuk mendapatkan harga celana setelah kena diskon. Kamu bisa mengurangi harga celana tersebut dengan besaran diskon yang diterima yaitu Rp 200.000 - Rp 50.000 = Rp 150.000.
cara menghitung persen di kalkulator scientific
Jadi hasil akhirnya yaitu harga celana tersebut menjadi Rp 150.000.

Satu lagi untuk perangkat hp smartphone saat ini kebanyakan juga sudah mendukung dua jenis kalkulator yaitu biasa dan ilmiah. Nah, untuk mengaktifkannya Kamu bisa buka aplikasi kalkulator Hp tersebut setelah itu Kamu tekan propertis (biasanya berbentuk tombol tiga titik seperti gambar).

Selanjutnya Kamu pilih jenis kalkulator yang ingin Kamu gunakan, di sini saya memilih kalkulator ilmiah untuk beralih ke kalkulator scientific tersebut. Sedangkan untuk menggunakan kalkulator biasa, Kamu bisa memilih kalkulator sederhana untuk beralih ke kalkulator biasa.

Lantas bisa tidak kita menghitung persen di kalkulator secara online, tentu saja bisa kita akan memanfaatkan layanan kalkulator persen Google yang bisa Kamu akses hanya melalui browser.

Silakan Kamu ketikan saja di laman pencarian Google tentang kalkulator online, maka akan secara otomatis kita dibawa ke laman tersebut.
cara menghitung persen di kalkulator biasa
Kamu bisa melakukan penghitungan persen sama seperti saat menggunakan kalkulator pada Hp.

Simak juga artikel menarik tentang cara screenshot Hp Oppo terbaru untuk semua tipe keluarannya.

Mudah bukan cara menghitung persen di kalkulator Hp Android dan iPhone baik untuk jenis kalkulator biasa dan ilmiah atau scientific. Selain itu Kamu juga bisa menghitung persen di Google secara daring atau online.