Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah RAM Hp Android Tanpa Root & Aplikasi Terbaru (Work)

Hp Android Kamu sering ngelag atau lemot, jika demikian ada solusi praktis untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan memperbesar RAM Hp. Adapun tahapannya sangat mudah kita cukup menambahkan RAM di Hp Android dengan harapan untuk melegakan kapasitas RAM.

Kapasitas RAM Hp yang terbatas tentu saja dapat memperlambat kinerja dari smartphone kita. Biasanya penyebab RAM Hp Android penuh dikarenakan oleh pemakaian aplikasi dan games yang berlebihan.

Nah, untuk melihat RAM Hp tersebut Kamu dapat mengecek RAM di Hp Android melalui tahapan berikut.

Cara Melihat RAM HP Android

1. Silakan buka menu Settings (Pengaturan) di Hp Android Kamu.

2. Setelah itu Kamu cari di bagian Memori, secara otomatis Kamu akan melihat kapasitas RAM pada Hp Android tersebut.

3. Kamu dapat mengetahui RAM Hp Android tersebut sudah penuh atau belum, jika penuh Kamu dapat membersihkan RAM Hp Android tersebut dengan aplikasi pembersih RAM untuk melegakan kapasitas RAM.

Setelah melakukan pengecekan RAM Hp Kamu bisa melakukan tindakan selanjutnya yaitu mencari penyebab RAM Hp penuh dengan tahapan berikut.

Penyebab RAM Hp Android Cepat Penuh

1. Adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem operasi Android.

2. Aplikasi default bawaan pabrik yang aktif dan berjalan terus menerus secara realtime.

3. Terdapat aplikasi yang menghabiskan kapasitas ruang RAM Hp.

4. Mungkin juga karena RAM Hp Android terlalu kecil sehingga cepat sekali penuh atau sesak.

Setelah melihat dan mengetahu RAM Hp Kamu penuh, selanjutnya Kamu dapat melakukan tindakan berikutnya untuk menambahkan kapasitas RAM Hp Android melalui tutorial di bawah ini.

Cara Menambahkan RAM di HP Android

cara menambah ram hp android
Sebelum lanjut ke tutorial memperbesar RAM Hp Android sebaiknya kita meluruskan terlebih dahulu tentang kesalahpahaman tentang cara menambahkan RAM Hp yang benar itu seperti apa.

Beredar isu yang tidak valid bahwa ada semacam teknik khusus memperbesar kapasitas RAM Hp hanya dengan aplikasi. Yup, kita bisa menambahkan RAM HP Android dengan aplikasi tertentu. Hal ini tentu saja salah dan tidak benar karena RAM sendiri adalah hardware bukan perangkat lunak semacam aplikasi Android yang dapat kita instal.

Selain itu adanya kabar bahwa kita bisa menambahkan RAM Hp Android tanpa root atau root Android juga membuat banyak yang beranggapan bahwa memperbesar ruang RAM cukup hanya dengan melakukan hal seperti itu. Hal ini juga tidaklah benar sepenuhnya karena untuk menambahkan RAM sendiri kita harus menggantinya dengan kapasitas yang lebih besar dari sebelumnya.

Lebih lanjut lagi untuk cara menambahkan RAM Hp Android dengan MicroSD yang lagi-lagi juga keliru, seperti yang kita ketahui bersama bahwa SD Card sendiri adalah sebuah memori eksternal atau tempat penyimpanan tambahan di Hp kita. Hal ini bertujuan agar memori internal Hp tidak cepat penuh. Dari hal tersebut kita sudah tahu bahwa peranan MicroSD bukan untuk menambah RAM di Hp kita.

Sebenarnya prinsip kerja RAM Hp kurang lebih sama dengan RAM laptop atau PC, jadi untuk menambahkan kapasitas ruang RAM hanya bisa dilakukan dengan cara upgrade komponen RAM tersebut. Seperti saat kita ingin melegakan ruang penyimpanan di komputer kita perlu menambahkan hardisk internal kita dengan yang lebih besar atau bisa juga menggunakan flashdisk sebagai tempat penyimpanan tambahan.

Adapun untuk panduannya ada di bawah ini.

cara menambahkan ram di hp android

Langkah-langkah Menambahkan RAM pada Hp Android dengan Benar

1. Sediakan emmc baru yang dapat Kamu beli di toko elektronik, kemudian Kamu salin data dari emmc lama ke emmc baru. Kamu bisa menggunakan JTag, RIF, dan Volcano untuk mengisi data emmc baru yang berupa firmware berekstensi .bin Kamu bisa mendapatkan alat ini di toko elektronik dengan harga sekitar 3 jutaan.

2. Setelah proses menyalin data Kamu dapat melanjutkanya dengan melepas emmc lama tersebut menggunakan BGA rework atau blower, biasanya sudah tersedia di dalam satu set alat tersebut tinggal pakai saja.

3. Jangan lupa untuk membersihkan sisa atau kotoran timah yang masih melekat, bisa dengan alat penyedot timah atau lainnya.

4. Selanjutnya Kamu harus membuat kaki baru untuk emmc yang akan dipasang tersebut, ini adalah proses tersulit yang harus Kamu lewati hanya untuk menambahkan RAM di Hp Android Kamu.
cara menambah ram hp android tanpa aplikasi
Kamu bisa membuat cetakan kaki baru emmc dengan menggunakan timah cair yang kita tuangkan ke dalam cetakan kaki emmc baru.

Biasanya jika sudah jadi akan berbentuk seperti bulatan kecil, Kamu dapat melepaskannya dari cetakan untuk dipasangkan pada motherboard.

Hal ini dilakukan karena IC BGA tidak dilengkapi dengan kaki emmc, jadi kita harus membuatnya sendiri agar dapat kita pasang di motherboard.

5. Setelah selesai semuanya Kamu dapat memasang emmc tersebut ke motherboard, dengan cara melekatkan kaki-kaki emmc ke masing-masing terminal. Kamu dapat menggunakan blower untuk mencairkan timah kaki-kaki emmc agar dapat terhubung ke motherboard.

Hal yang perlu diperhatikan saat menghubungkan kaki-kaki ke motherboard sebisa mungkin jangan sampai kepanasan agar emmc tidak mati atau rusak.

Selesai sudah cara menambahkan ram Hp dengan mengganti emmc yang lebih besar. Jika Kamu merasa kesulitan Kamu dapat membawanya ke tempat service Hp, biasanya dikenakan biasanya sebesar Rp 700 - 800 ribuan.

Solusi dan cara mengatasi tidak bisa membuat folder baru di Windows 10 yang wajib Kamu coba buktikan.

Namun, jika dirasa metode tersebut susah untuk diikuti. Kamu tetap bisa melakukan perawatan agar RAM Hp selalu lega atau tidak penuh yang mengakibatkan performa Hp menjadi lemot.

Cara Mengatasi RAM Hp Android Agar Tidak Cepat Penuh

cara menambah ram hp android tanpa root
Kamu dapat melakukan perawatan rutin RAM Hp dengang cara memperluas kapasitas RAM Hp tersebut melalui panduan di bawah ini.

Aplikasi RAM Cleaner

Kamu dapat menambahkan kapasitas RAM Hp Android dengan aplikasi ini untuk melegakan RAM yang sudah penuh.

Silakan Kamu download aplikasi pembersih RAM Hp Android tersebut di Google Play Store, jika sudah Kamu dapat menginstalnya di smartphone.

Aplikasi ini dapat secara rutin membersihkan junk file atau berkas yang tidak penting. Berkas sampah ini dapat memperlambat kinerja ponsel pintar Kamu.

Selain itu Aplikasi ini juga mampu menghentikan jalannya aplikasi di latarbelakang, biasanya aplikasi ini menyebabkan Hp Android sering ngelag.

Dilaman Play Store sendiri terdapat beragam aplikasi penambah kapasitas RAM Hp Android seperti Cheetah Mobile, Speed Booster, dll. Nah, untuk apk Speed Booster Kamu dapat mendownloadnya melalui aplikasi Play Store secara gratis.
cara menambah ram hp android dengan micro sd
Satu lagi yang penting, apk semacam ini disediakan gratis atau free download dan pastinya dapat dijalankan tanpa root akses.

Lengkap panduan cara root Hp Asus dengan aplikasi terbaru yang bisa Kamu praktikan segera.

Uninstal Aplikasi

Salah satu cara mempercepat kinerja Hp Android Kamu yaitu dengan mencopot pemasangan aplikasi yang jarang dipakai.

Silakan Kamu cek RAM Hp Android tersebut, lalu perhatikan aplikasi mana yang memakan RAM paling besar. Setelah itu Kamu dapat menghapus aplikasi tersebut dari sistem operasi Android Kamu.

Adapun cara menghapus aplikasi di Hp Android sebagai berikut.

  1. Silakan Kamu buka menu Pengaturan (Setting).
  2. Selanjutnya Kamu masuk ke bagian Aplikasi.
  3. Sekarang Kamu bisa menentukan aplikasi mana yang ingin dihapus.
  4. Terakhir Kamu ketuk Uninstal untuk mencopot apk tersebut dari Android Kamu.

Trik cara mengembalikan foto yang terhapus di Hp Oppo yang belum Kamu ketahui.

Nonaktifkan Aplikasi Bawaan

cara menambah ram hp android dengan root
Salah satu metode menambah ruang RAM di Hp Android yang sampai sekarang cukup ampuh digunakan.

Selain dengan cara mencopot apk kita juga bisa menonaktifkan aplikasi di Hp Android Kamu.

Aplikasi bawaan memang susah untuk diuninstal oleh karena itu kita cukup mematikannya saja.

  1. Silakan Kamu buka Google Play Store Kamu, lalu pilih tombol pilihan menu berupa 3 titik vertikal di pojok kiri atas.
  2. Buka menu Help and Feedback lalu di kolom pencarian ketik kata kunci Disable App.
  3. Setelah itu tentukan topik yang terkait, lalu buka tautan Tap to go to Application Settings.
  4. Nah, pada bagian ini Kamu dapat menentukan default apk pabrikan yang ingin Kamu nonaktifkan dengan cara mengetuk tombol Disable.

Mudah bukan cara menambah RAM Hp dengan cara mendisable aplikasi bawaan Android tersebut.

Tips menarik lainnya seputar cara screenshot Hp Samsung J2 Prime dengan aplikasi dan tombol.

Penting dari itu semua kita jadi tahu bahwa untuk menambahkan RAM di Hp Android memang harus dilakukan dengan cara mengupgrade atau mengganti komponen fisik atau hardware bukan dengan memanfaatkan aplikasi atau perangkat lunak.

Sekian tutorial cara menambahkan kapasitas RAM di Hp Android tanpa aplikasi dan tanpa root dengan metode penggantian ic emmc untuk kinerja Hp semakin cepat dan responsif tidak lemot. Lebih dari itu juga tips cara merawat RAM Hp Android dengan aplikasi RAM Cleaner dan metode lainnya semoga dapat melegakan ruangan RAM Hp Android tersebut.