Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan RAM dan ROM Hp Android Lengkap

Perbedaan RAM dan ROM itu apa sih? Banyak dari pengguna smartphone yang masih bingung tentang RAM dan ROM Hp, misalnya saja tentang apa itu RAM dan ROM yang ada di smartphone mulai dari pengertiannya dan fungsinya serta cara kerjanya hingga perbedaan RAM dan ROM di Hp Android tersebut.

Nah, pada postingan kali ini kita akan mencoba membahasnya secara lengkap. Mulai dari maksud RAM dan ROM hingga perbedaan RAM dan ROM pada Hp Android yang sering Kamu gunakan tersebut.

RAM dan ROM di Hp Android sendiri sering dikaitkan dengan performa smartphone yang dapat kita lihat dari spesifikasi dan fitur-fitur yang dibawa oleh ponsel pintar tersebut.

Jadi semakin besar nilai RAM dan ROM di sebuah perangkat seluler biasanya juga semakin bagus juga kinerja dari ponsel tersebut.

Oke, langsung saja kita mulai pembahasannya dimulai dari apa itu RAM sebelum mengulas lebih jauh tentang apa saja perbedaan RAM dan ROM pada Hp Android tersebut.

Pengertian RAM dan ROM Hp Android 

Penjelasan singkat tentang apa itu RAM dan ROM di Hp yang sering kita lihat pada spesifikasi Hp Android beserta fungsi dan perbedaan hingga jenis-jenis RAM dan ROM pada Hp Android.
pengertian ram dan rom hp android

Pengertian RAM Hp Android

Random Access Memory atau RAM adalah perangkat keras berupa memori yang berperan dalam menyimpan data dari aplikasi atau sistem.

RAM sering dikaitkan dengan performa sebuah perangkat seluler, biasanya semakin besar kapasitasnya semakin responsif pula kinerjanya dalam hal ini tidak mudah lemot hingga ngelag.

Hal ini lantaran RAM mampu menyimpan data sementara saat sistem atau aplikasi berjalan, melalui RAM inilah sebuah perangkat seluler akan lebih responsif dalam menerima perintah.

Kenapa RAM disebut sebagai penyimpan data sementara?

Hal ini dapat dijelaskan karena ketika sebuah aplikasi dijalankan, RAM akan menyimpan data apa saja yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut. Namun, setelah aplikasi itu dihentikan maka secara otomatis data-data dari aplikasi tersebut juga akan dihapus oleh RAM secara otomatis.

Jadi tidak heran jika kita sering mendapati sebuah HP Android dengan kapasitas RAM kecil lebih sering ngelag lantaran RAM yang sudah penuh.

maksud rom dan ram pada hp

Pengertian ROM Hp Android

Read Only Memory atau ROM adalah sebuah hardware berupa seperangkat memori yang berperan dalam membaca dan menyimpan data di Hp Android.

ROM dapat menyimpan data secara permanen di Hp Android dan tidak akan hilang meskipun perangkat Hp dalam keadaan mati.

Hal ini berguna ketika Hp dihidupkan melalui sistem dan aplikasi ROM akan membaca kembali data yang telah disimpannya.

Oleh karena itu ROM sangat berperan dalam mempengaruhi kinerja ponsel kita, kecepatan membaca data dan sebagainya tentu saja menjadi nilai lebih dari sebuah Hp yang dipasangkan.

Selain membaca file sistem ROM juga mampu membaca dan menyimpan file eksternal seperti video, gambar, dokumen, mp3, dan file lainnya.

Dari penjelasan tersebut sudah jelas bukan bahwa ada perbedaan RAM dan ROM di Hp Android tersebut khususnya untuk prinsip kerja penyimpanan datanya.

Selesai sudah pembahasan tentang pengertian RAM dan ROM pada Hp Android, sekarang kita coba bedah lagi bedanya RAM dan ROM di Android itu apa saja sih. Berikut ulasan singkatnya.

Perbedaan RAM dan ROM Hp Android

perbedaan ram dan rom pada hp android
Buat Kamu yang penasaran tentang apa perbedaan RAM dan ROM pada Hp Android, penjelasan singkat ini semoga dapat menjawabnya.

I. Kapasitas Penyimpanan

Kita semua tahu bahwa perbedaan RAM dan ROM di Hp Android memang cukup kelihatan bedanya. Salah satunya dapat kita amati dari besaran kapasitas penyimpanan RAM dan ROM tersebut.

Nah, untuk mengetahui bedanya RAM dan ROM di Hp Android dilihat dari segi kapasitas penyimpanannya. Silakan Kamu cek dan amati besaran mana antara RAM dan ROM yang ada disebuah perangkat seluler tersebut sebagai contoh sederhana penerapan tentang perbandingan ukuran kapasitas dan cara kerja RAM dan ROM.

Kebanyakan kapasitas RAM lebih kecil dibanding dengan kapasitas ROM, bisa kita lihat dari spesifikasi Hp Android yang beredar di pasaran tanah air. Banyak dari produsen yang menanamkan RAM sebesar 2 GB - 16 GB saja.

Hal tersebut tentu saja berbeda dengan kapasitas ROM di Hp Android yang ukuran terkecilnya mulai dari 16 GB -512 GB sangat besar bukan.

apa itu ram dan rom pada hp

Sebagai gambaran kasarnya sering kita menemukan tulisan di Hp Android kita seperti ini 16GB/128GB yang artinya bahwa untuk kapasitas RAM sebesar 16 GB dan ROM sebesar 128 GB.

Hal ini dapat dijelaskan karena RAM adalah sebuah media penyimpanan data yang bersifat sementara, data yang disimpan akan hilang ketika sebuah sistem atau aplikasi berhenti bekerja.

Berbeda dengan ROM yang digunakan sebagai media penyimpanan permanen baik untuk sistem atau aplikasi sehingga membutuhkan ruang lebih untuk menyimpan berbagai jenis file sistem dan eksternal seperti gambar, video, dokumen, dan lainnya.

II. Media Penyimpanan

Sifat dari kedua medi penyimpanan antara RAM dan ROM Hp sudah pasti kita tahu bahwa keduanya memiliki perbedaan yang cukup jauh.

Mulai dari RAM yang dapat menyimpan file sistem atau dari aplikasi yang sedang dijalankan secara sementara dan akan dihapus kembali secara otomatis ketika aplikasi tersebut tidak digunakan kembali.

Sedangkan untuk ROM Hp yaitu sebuah media penyimpanan data yang bersifat permanen dapat menyimpan apa saja sesuai dengan kebutuhan.

Lebih dari itu juga ROM masih dapat bekerja walaupun sudah tidak ada aliran daya dari sebuah perangkat seluler.

Hal ini tentu saja berbeda dari RAM yang masih membutuhkan aliran daya untuk menjalankannya.

Trik sederhana cara membersihkan RAM laptop dengan penghapus yang dapat membuat kinerja laptop atau komputer semakin responsif.

III. Cara Kerja RAM dan ROM

Dalam hal kinerja atau hak aksesnya antara RAM dan ROM juga memiliki perbedaan, hal ini dapat kita lihat bahwa untuk RAM sendiri memiliki kemampuan yang lebih dibanding ROM. Diantaranya RAM dapat membaca, menjalankan, hingga menulis data di sebuah aplikasi atau sistem yang dijalankan.

Hal ini tentu saja tidak dimiliki oleh ROM yang hanya sebatas sebagai media penyimpanan data dan aplikasi. Oleh karena itu ROM hanya bisa membaca tanpa mengubah suatu apapun baik dari sistem atau aplikasi.

Jadi sampai disini sudah jelas bahwa perbedaan RAM dan ROM Hp Android memang cukup banyak dan tentu saja untuk fungsi RAM dan ROM juga berbeda.

Nah, untuk itu berikut penjelasan tentang apa saja fungsi RAM dan ROM di Hp Android. Berikut penjabarannya.

Trik cara root Hp Vivo tanpa PC hanya dengan menggunakan aplikasi sederhana dijamin berhasil.

Fungsi RAM dan ROM Hp Android

fungsi ram dan rom pada hp android
Dilihat dari peranannya antara RAM dan ROM memiliki perbedaan yang cukup jauh. Nah, untuk fungsi RAM dan ROM sendiri juga memiliki peranan yang berbeda. Berikut penjelasannya.

Fungsi RAM Hp Android

RAM berfungsi sebagai media penyimpanan data sementara sekaligus dapat mengaktses data acak dari sebuah sistem operasi dan aplikasi di perangkat seluler.

Fungsi ROM Hp Android

ROM berfungsi sebagai media penyimpanan data secara permanen dengan hak akses yang terbatas yang hanya dapat membaca tanpa memodifikasi sebuah file yang disimpan pada perangkat seluler tersebut.

Dari perbedaan fungsi RAM dan ROM di Hp Android tersebut, tentu saja kita tahu bahwa kenapa RAM memiliki peranan penting dalam memaksimalkan kinerja sebuah perangkat seluler.

Sebagai tambahan saja berikut saya sajikan apa saja jenis RAM dan ROM pada Hp Android yang wajib Kamu ketahui.

Artikel menarik seputar cara menghilangkan mode aman di Hp Samsung terbaru yang dapat mengembalikan kondisi ponsel seperti semula.

Jenis-jenis RAM dan ROM Pada Hp Android

bedanya ram dan rom di android

Jenis-jenis RAM Hp Android

Ada beberapa macam RAM yang dapat kita ketahui bersama, mulai dari yang umum digunakan hingga yang jarang dipakai.

Dynamic Random Access Memory atau DRAM adalah sejenis memori yang mampu menyimpan untuk setiap bit data terpisah secara kapasitor di dalam sebuah sirkuit terpadu.

Static Random Access Memory atau SRAM adalah sejenis memori yang dapat memaksimalkan transistor tanpa perlu menggunakan sebuah kapasitor.

Tutorial cara reset Hp Oppo terbaru untuk semua tipe yang dapat Kamu coba untuk mengatasi smartphone Oppo yang lemot atau lupa pola.

Jenis-jenis ROM Hp Android

Electrically Erasable Programmable Read Only Memory atau EEPROM adalah jenis memori yang sering ditanamkan di Hp Android dan iPhone. Hal ini karena kemampuannya yang mampu menulis dan menghapus data hingga 100.000 kali. Jenis memori lainnya yaitu ada Programmable Read Only Memory (PROM) dan Erasable Programmable Read Only Memory (EPROM).

Rahasia cara menambah RAM Hp Android tanpa root dan aplikasi yang terbukti berhasil untuk meningkatkan performa smartphone kalian.

Dari ulasan di atas kita sudah tahu banyak tentang seluk beluk RAM dan ROM di Hp Android, mulai dari pengertian RAM dan ROM, fungsi RAM dan ROM, Jenis RAM dan ROM, hingga apa saja perbedaan RAM dan ROM pada Hp Android tersebut.

Sekian untuk ulasan singkat tentang pengertian, fungsi, jenis, dan perbedaan dari RAM dan ROM di Hp Android yang jarang kita ketahui. Adapun RAM dan ROM ini sudah dibenamkan untuk semua merk smartphone android seperti hp Samsung, Lenovo, Xiaomi, Vivo, Realme, Nokia, Asus, dan merk hp android lainnya.