Cara Memperbaiki Speaker Hp yang Terkena Air (100% Bunyi)

Speaker hp tiba-tiba rusak bahkan mati, bisa jadi karena kemasukan cairan yang mengakibatkan sound tidak bunyi. Namun, tidak perlu panik lantaran kita dapat memperbaiki speaker hp yang terkena air atau minyak tersebut dengan sangat mudah.

Banyak cara untuk mengeluarkan atau membersihkan air dari dalam permukaan speaker handphone tersebut. Selain itu sebagai tindakan awal kita juga bisa mengeringkan speaker dengan cara menjemurnya.

Langkah-langkah kecil tersebut ternyata mampu mengembalikan suara speaker seperti semula, sebelum menimbulkan efek yang lebih parah pada speaker hp yang sudah terkena air tersebut.

Nah, untuk lebih lanjut Kamu dapat mengatasi speaker hp yang basah terkena air tersebut melalui metode di bawah ini yang dapat Kamu ikuti untuk semua tipe ponsel Android dan iPhone serta semua merk smartphone seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Advan, Realme, Lenovo, Asus, Huawei, Vivo, dan lainnya.

Cara Mengatasi Speaker Hp Kemasukan Air

cara memperbaiki speaker hp yang terkena air
Komponen speaker hp yang terkena air biasanya akan mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan, biasanya bunyi speaker kresek-kresek tidak begitu jelas seperti radio rusak.

Hal ini bisa saja terjadi jika sewaktu speaker hp kerendam air tidak langsung ditangani, akibatnya komponen speaker jadi basah dan rusak.

Nah, untuk itu berikut ada tips sedikit cara memperbaiki speaker hp yang rusak terkena air atau minyak.

cara membersihkan speaker hp yang terkena air

1. Bersihkan Speaker

Speaker yang kemasukan air biasanya akan kotor yang mengakibatkan bunyi speaker kemresek atau lirih, Kamu dapat mencoba membersihkan komponen speaker hp tersebut dengan kapas.

Silakan Kamu buka penutup belakang atau casing hp jika pengeras suaranya terdapat di belakang. Namun, jika smartphone Kamu menggunakan baterai tanam dan tidak memungkinkan untuk melepas casing hp Kamu dapat mencobanya dengan alternatif lainnya seperti di bawah ini.

Kamu dapat menggunakan media berukuran kecil seperti jarum atau peniti, selanjutnya Kamu lilitkan kapas pada ujung jarum tersebut. Setelah itu Kamu padatkan atau keraskan kapas untuk mengencangkannya.

Masukkan jarum yang sudah terlilit kapas ke dalam sela-sela lubang speaker hp untuk membersihkan dan mengeringkan speaker yang basah karena kemasukan air.

Setidaknya dengan teknik sederhana ini, speaker hp yang terkena air tersebut dapat kembali kering seperti semula.

2. Keringkan Speaker

Nah, metode lainnya untuk mengatasi speaker hp yang basah kemasukan air yaitu cara diangin-anginkan.

Ada banyak alat yang dapat kita manfaatkan untuk mengeringkan embun yang masih menempel di speaker hp, berikut diantaranya.

cara mengeringkan speaker hp yang kemasukan air

Kipas Angin

Salah satu alat yang dapat menghasilkan hembusan angin yang cukup kencang, Kamu dapat menggunakan kipas angin untuk mengeluarkan air yang berada di dalam speaker.

Caranya cukup mudah silakan Kamu gantung hp tersebut tepat di depan kipas angin dengan mengkaitkannya terhadap tangkai kipas.

Atau Kamu juga bisa dengan hanya meletakannya di atas meja dengan arah kipas angin yang sudah di atur agar hembusan angin fokus mengeringkan speaker hp tersebut.

Biasanya speaker benar-benar kering dalam kurun waktu sekitar 6 jam, jadi Kamu bisa meninggalkannya untuk sementara waktu sampai selesai.

cara memperbaiki speaker hp yang rusak terkena air

Hairdryer

Kamu juga bisa memakai hairdryer atau pengering rambut ini untuk menghilangkan embun yang masih melekat di speaker.

Adapun cara mengeringkan speaker hp dengan hairdryer ini cukup mudah dan cepat, Kamu cukup menghembuskan udara panas hairdyer ke lubang speaker hp.

Jika memungkinkan lepas semua komponen casing hp Kamu untuk proses pengeringan lebih cepat. Namun, jika menggunakan hp dengan model baterai tanam cukup arahkan hairdryer ke lubang speaker saja.

Silakan Kamu lakukan hal seperti itu berulangkali hingga permukaan speaker benar-benar kering, untuk menghindari panas berlebihan Kamu dapat mengeringkan speaker hp tersebut maksimal selama 12 detik saja. Selanjutnya Kamu diamkan sebentar hingga kondisi hp dingin, lalu panaskan lagi dengan hairdryer.

Proses ini biasanya cenderung lebih cepat untuk membuang uap air yang terdapat di dalam speaker hp tersebut.

cara membenarkan speaker hp yang kemasukan air

Beras

Beras juga bisa kita gunakan untuk memperbaiki speaker hp yang terkena air, hal ini karena kemampuan unik beras yang ternyata dapat menyerap molekul air.

Silakan Kamu lepas semua komponen hp, jika tidak bisa juga tidak masalah.

Selanjutnya Kamu sediakan beras beserta tempatnya, Kamu masukan beras hingga setengahnya lalu Kamu letakan hp tepat di atas beras tersebut untuk kemudian dikubur dengan beras hingga tertutup rapat.

Setelah itu Kamu tunggu saja selama semalaman, biasanya cara mengatasi speaker hp yang kemasukan air menggunakan media ini cukup terbukti ampuh.

Hal ini lantaran tidak jarang juga dari kita yang mengubur ponsel miliknya ke dalam beras setelah basah kuyub kecemplung air dengan harapan agar hp dapat hidup kembali setelah mengalami mati total.

3. Test Suara Hp

Setelah menempuh beberapa kali percobaan di atas, kini saatnya Kamu melakukan test suara speaker hp.

cara memperbaiki speaker hp yang mati terkena air

Menu Pengaturan

Silakan Kamu putar lagu di ponsel Kamu, setelah itu Kamu setel volume speaker sebesar mungkin atau maksimal.

Biasanya dapat Kamu setel di menu Pengaturan atau Setting, lalu pilih suara dan volumenya.

Selain itu Kamu juga bisa mengaksesnya melalui notification bar yang biasanya lebih cepat dan praktis.

Silakan Kamu dengarkan dan perhatikan kualitas dari speaker hp tersebut, jika sudah kembali normal biasanya memiliki suara yang jelas dan keras.

Tutorial lainnya tentang cara mengatasi aplikasi tidak terpasang pada hp Android yang dapat Kamu coba sekarang juga.

cara mengembalikan speaker hp yang kemasukan air

Kode Test

Selain melalui menu pengaturan volume Kamu juga bisa menggunakan alat test suara speaker yang sudah disediakan vendor resmi hp tersebut.

Pada setiap hp yang kita beli tersimpan semacam kode rahasia yang dapat digunakan untuk mengaktifkan fitur-fitur tersembunyi, misalnya saja untuk melakukan test suara speaker.

Silakan Kamu masukan kode test speaker melalui menu dial up, jika sudah terakhir Kamu tekan Panggil untuk menjalankannya.

Nah, untuk mengetahui kode tersebut laman SemutImut sudah menyediakannya di kumpulan kode rahasia hp yang dapat Kamu baca untuk dicobanya.

Kode ini memungkinkan kita dapat melakukan uji coba langsung terhadap kinerja hardware hp, jadi jika speaker hp tidak berbunyi kemungkinan mengalami kerusakan.

cara mengatasi speaker hp yang terkena air

4. Reparasi Hp

Ini adalah langkah terakhir jika semua cara perbaikan speaker hp di atas belum juga berhasil, silakan Kamu bawa hp Kamu ke tempat servis hp terbaik di kota Kamu.

Biasanya tukang servis akan melakukan penggantian komponen speaker hp yang sudah tidak berfungsi tersebut dengan yang masih baru.

Hal ini untuk mengembalikan lagi performa suara speaker hp yang telah mati atau tidak berbunyi sama sekali.

Nah, sedikit tips untuk Kamu yang masih memiliki garansi hp. Silakan Kamu bawa ke tempat Service Center dari ponsel tersebut, biasanya akan mendapatkan keringanan biaya perbaikan.

Adapun besaran biaya servis speaker hp yang rusak biasanya di patok pada kisaran ratusan ribu rupiah.

Artikel menarik lainnya tentang cara reset hp Oppo untuk mengembalikan performa ponsel seperti semula.

Sound atau speaker merupakan alat pengeras suara yang banyak dibenamkan pada setiap produk elektronik tidak terkecuali pada ponsel. Memiliki peranan yang cukup vital sebagai notifikasi atau pemberitahuan segala aktivitas pada smartphone.

Oleh karena itu ketika speaker hp mengalami kerusakan karena kemasukan air, tidak heran kita sedikit kesusahan dalam merespon setiap pesan atau panggilan yang masuk ke telepon.

Kurang lebih cara untuk memperbaiki speaker hp yang terkena air atau minyak sudah kita bahas bersama di atas, adapun untuk mengembalikan suara speaker seperti baru lagi tergantung dari tingkat kerusakannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel