Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Fungsi Adobe Reader di Laptop / Hp Android

Adobe Reader salah satu dari sekian banyak aplikasi file PDF (Portable Document Format) yang biasa kita temukan di perangkat komputer (PC) atau laptop hingga hp Android dan iPhone.

Kegunaan atau fungsi Adobe Reader pada Android atau laptop dapat membantu kita dalam membuka file dokumen, khususnya untuk membaca file berformat pdf. Lebih dari itu juga terdapat beragam fungsi dari Adobe Reader lainnya yang akan kita bahas secara lengkap.

Program Adobe Reader pertama kali diluncurkan khusus untuk pengguna komputer atau laptop. Namun, seiringnya berkembangnya geliat ponsel pintar. Adobe Reader sudah bisa Kamu unduh dan instal di Google Play Store dan App Store.

Sampai sekarang aplikasi ini sudah diperbarui dalam beberapa versi terbaik seperti Adobe Reader 7, 8, 9 (IX), 10 (X), 11 (XI). Hingga versi terbarunya Adobe Reader DC yang membawa penyempurnaan dari aplikasi sebelumnya.

Apakah Adobe Reader penting untuk kita instal diperangkat hp atau komputer kita?

Adobe Reader merupakan pelopor dari file jenis pdf, maka tidak heran jika kita membuka dokumen pdf di Adobe Reader serasa lebih nyaman dengan segala fitur yang diberikannya.

Satu hal lagi yang penting untuk kita ketahui bahwa aplikasi Adobe Reader ini gratis (free) Kamu download dan instal di komputer atau hp Kamu.

Dari penjelasan singkat di atas dapat kita simpulkan bahwa apa itu Adobe Reader beserta uraiannya sebagai berikut.

Pengertian Adobe Reader

pengertian adobe reader pdf
Adobe Reader adalah aplikasi yang digunakan untuk membuka dan membaca file berformat pdf. Program ini masih di bawah naungan Adobe Systems, untuk melakukan editing file pdf Kamu dapat menggunakan Adobe Acrobat.

Aplikasi ini dapat Kamu pakai di sistem operasi komputer Windows 32 bit dan 64 bit. Selain itu untuk operating system lainnya seperti Mac OS X, Linux, Android, iOS, BlackBerry Tablet OS, serta Windows Phone juga sudah bisa menjalankannya.

Lantas apa fungsi aplikasi Adobe Reader ini, berikut rinciannya.

Fungsi Adobe Reader

pengertian adobe reader dan fungsinya
Banyak sekali kegunaan atau fungsi dari aplikasi Adobe Reader di laptop dan hp Android Kamu.

Fungsi-fungsi dari Adobe Reader

1. Membuat File PDF

Kamu dapat menulis teks dan menyisipkan gambar untuk membuat ebook atau lainnya di aplikasi Adobe Reader ini secara offline dan online.

2. Membuka dan Membaca Dokumen Format PDF

Salah satu fungsi utama dari Adobe Reader yaitu untuk membuka serta membaca file dokumen jenis pdf. Kita dapat membuka format file ini secara mudah menggunakan aplikasi atau software Adobe Reader ini.

3. Mengamankan File PDF

Lebih dari itu aplikasi pdf Adobe Reader juga dapat dimanfaatkan untuk melindungi file atau dokumen kita dari tindakan pembajakan. Melalui fitur pengamanan data dengan memberikan password dan label dapat meminimalisir tindakan pencurian hak cipta.

Sebenarnya masih banyak lagi kegunaan Adobe Reader ini, selain yang sudah disebutkan di atas. Nah, buat yang penasaran dengan kekurangan dan kelebihan aplikasi Adobe Reader berikut penjelasannya.

Kelebihan dan Kekurangan Adobe Reader

fungsi adobe reader di laptop
Banyak sudah kemudahan yang dirasakan setelah Adobe System merilis format file pdf hingga melepasnya di pasaran secara gratis untuk lisensi format file pdf tersebut.

Kelebihan Adobe Reader

1. Mudah Digunakan

Salah satu kelebihan dari aplikasi Adobe Reader yang pastinya banyak dari kita yang setuju, yaitu tentang kenyaman dalam operasionalnya yang sangat mudah.

Tampilan interface yang sederhana membuat banyak pengguna baru cepat bisa beradaptasi dengan tool-tool yang ada.

2. Kaya Fitur

Adobe Reader adalah salah satu software atau aplikasi file pdf yang mempunyai fitur unggulan guna mempermudah dan mengoptimalkan kinerja pemakainya.

Kamu dapat memakai beragam fitur menarik untuk mempermudah dalam mencari informasi penting pada dokumen dengan sangat cepat.

3. Freeware (Gratis)

Aplikasi file pdf Adobe Reader ini gratis dengan sensasi premium. Melalui beberapa fitur terbaiknya kita dapat membaca dan mencari informasi tanpa takut kelelahan mata.

4. Selalu Diperbarui

Adobe Reader merupakan aplikasi file pdf yang sering sekali melakukan update dengan melakukan perbaikan-perbaikan kecil baik dari segi tampilan dan tool pendukung.

fungsi aplikasi adobe reader

5. Online atau Offline

Aplikasi Adobe Reader dapat dipakai secara offline atau online, ini memudahkan kita dalam hal operasionalnya.

Terlebih buat Kamu yang sering upload file, fitur ini dapat memaksimalkan kinerja Kamu.

Simak juga ulasan tentang pengertian bit dan byte pada komputer secara lengkap.

fungsi adobe reader pada android

Kekurangan Adobe Reader

1. Memori Besar

Kelemahan dari aplikasi Adobe Reader yang patut kita akui bersama yaitu terkait pemakaian memori yang cukup besar untuk sekelas program pengolah dokumen saja.

Jika saja penggunaan memori bisa dikecilkan pastinya akan lebih responsif untuk kinerjanya.

2. Aplikasi Berat

Kekurangan Adobe Reader yang sering kita rasakan yaitu ketika kita membuka file yang berukuran cukup besar biasanya membutuhkan waktu yang lama.

Hal ini tentu saja membuat komputer atau hp lemot, terutama untuk spesifikasi perangkat standar. Biasanya ini juga dipengaruhi dari dokumen yang kita buka, apakah menggunakan banyak gambar atau tidak.

Daftar fungsi tombol Alt pada keyboard komputer lengkap beserta penjelasannya.

3. Kemampuan Terbatas

Adobe Reader memang sangat nyaman dibuka untuk membaca dokumen pdf. Namun, untuk dapat menyunting atau mengedit file pdf kita diharuskan menginstal program lainnya seperti Adobe Acrobat.

Terlepas dari hal tersebut banyak sudah alternatif software file pdf seperti Foxit Reader, NitroPDF, hingga Microsoft Word yang sekarang sudah bisa membuka format dokumen pdf.

Pembahasan tentang pengertian dan fungsi dari aplikasi Adobe Reader pada perangkat laptop dan hp Android beserta kelebihan dan kekurangannya yang dapat membantu Kamu dalam hal evaluasi penggunaan sebuah software file pdf.