Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Layar Hp Bergerak Sendiri Naik Turun

Beragam masalah smartphone yang mungkin sering dialami penggunanya, salah satunya adalah layar sentuh hp Android yang sering bergerak-gerak sendiri. Alhasil kita sering salah mencet touchscreen karena layar hp bergerak naik turun tidak terkontrol.

Nah, untuk menghentikannya setidaknya kita harus tahu penyebabnya terlebih dahulu. Jika sudah ketemu akar permasalahnnya, pastinya akan lebih mudah untuk mengatasi layar hp yang bergerak sendiri tersebut.

Kebanyakan masalah terjadi karena suplay aliran listrik yang kurang stabil pada hp atau handphone, selain dari faktor layar LCD hp yang rusak misalnya saja mengalami keretakan atau kerusakan layar hp lainnya.

Mengapa layar hp bergerak sendiri?

Penyebab Layar Hp Bergerak Sendiri

Ada beberapa sebab utama kenapa layar hp suka bergerak sendiri, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Bug Firmware
  • Overheating atau Kepanasan
  • Baterai Rusak atau Lemah
  • Layar LCD Rusak
  • Screen Protector Kotor atau Berdebu

Dari semua yang telah disebutkan di atas kebanyakan layar hp bergerak sendiri atau Ghost Touch ini disebabkan oleh kerusakan layar LCD hp.

Buat yang penasaran dan ingin tahu tips memperbaiki layar hp bergerak sendiri, berikut penjelan singkatnya.

Cara Mengatasi Layar Hp Bergerak Sendiri

cara mengatasi layar hp bergerak sendiri
Jika dilihat dari kasus yang kebanyakan terjadi semua merk hp pasti pernah mengalaminya, oleh karena itu tutorial mengatasi layar layar hp yang bergerak sendiri ini dapat Kamu gunakan untuk beragam merk smartphone pasaran seperti Oppo, Vivo, Xiaomi, Samsung, Asus, Lenovo, Realme, Huawei, Advan, hingga iPhone pun juga bisa mengikutinya.

Langkah-langkah Mengatasi Layar Sentuh Hp Android Bergerak Sendiri


layar handphone bergerak sendiri

1. Matikan Hp

Mau tahu kenapa layar hp bisa bergerak-gerak sendiri? Salah satunya karena hp Kamu terlalu panas atau overheating.

Penyebabnya tidak lain dan bukan karena terlalu banyak aplikasi yang dibuka, terlebih aplikasi tersebut bekerja di latar belakang.

Artinya aplikasi tetap berjalan meskipun tidak digunakan oleh kita. Lebih lagi jika aplikasi yang dimainkan memiliki standard operasional minimun tinggi, misalnya saja untuk bermain game yang mempunyai grafik tinggi seperti pubg, gta, dan lainnya.

Aktivitas multitasking ini memang kerap sekali menimbulkan masalah, mulai dari baterai hp boros, ponsel lemot, hingga performa hp yang menurun karena kepanasan.

Beberapa komponen seperti CPU dan Chipset harus bekerja ekstra disaat kondisi hp sangat panas (overheating). Alhasil lama kelamaan kinerjanya juga menurun, salah satunya dapat Kamu rasakan yaitu layar hp bergerak sendiri dan susah diatur.

Nah, untuk mengatasi layar sentuh error tersebut Kamu bisa menghidupkan ulang hp atau restart.

Namun, sebaiknya Kamu matikan terlebih dahulu hingga beberapa menit sampai kondisi bodi hp mulai dingin atau normal.

Buat Kamu pengguna hp Samsung ini dia tips bagaimana cara screenshot hp Samsung J2 Prime tanpa tombol praktis.

mengapa layar hp bergerak sendiri

2. Ganti Baterai atau Charger Hp

Pernah mengalami touchscreen error karena masalah baterai sepele ini? Biasanya kita sadari ketika meminjam baterai teman dan ternyata hp kembali normal lagi.

Baterai hp yang sudah rusak atau soak memang menimbulkan masalah terutama dari suplay arus listrik yang sudah tidak bisa stabil lagi.

Arus listrik naik turun karena kemampuan baterai dalam menyimpan dan mengalirkan arus sudah mulai terganggu.

Masalah seperti hp restart sendiri adalah salah satu yang sering terjadi, selain layar hp yang sering bergerak-gerak.

Nah, untuk memperbaiki layar hp yang bergerak sendiri tersebut. Kamu bisa mengganti baterai hp yang lama dengan baterai hp yang baru.

Kalau pun Kamu masih nekat memakainya dengan cara dijumper juga sangat beresiko baterai hp meledak, hal ini lantaran kemampuan baterai yang sudah tidak optimal lagi dalam menyimpan arus listrik.

Kamu bisa membeli baterai hp original bawaan pabrikan di gerai resmi tempat penjualan spart part handphone. Karena jika menggunakan baterai KW juga hanya menambah masalah saja karena umur baterai yang pendek.

Selebihnya Kamu juga bisa mengecek charger baterai hp, apa masih baik atau sudah rusak. Biasanya charger baterai yang sudah rusak seperti jack yang sudah longgar hanya akan menghambat arus listrik yang masuk ke baterai hp.

Alhasil suplay arus juga terganggu karena arus listrik yang masuk begitu kecil. Solusinya adalah mengganti charger atau kabel yang bermasalah tersebut.

Ini dia trik cara mengatasi kecerahan layar hp yang tidak berfungsi atau susah diatur, wajib Kamu coba untuk menjaga kesehatan mata Kamu dari kontras layar sentuh yang terlalu terang.

penyebab layar hp bergerak sendiri

3. Bersihkan Bug Sistem

Ketika sistem operasi hp Android Kamu terganggu karena terdapat bug, pastinya hal tersebut program yang bekerja tidak berjalan semustinya.

Hal ini biasanya disebabkan karena adanya aplikasi pihak ketiga yang bentrok dengan kinerja sistem hp.

Alhasil hp menjadi bermasalah dan menimbulkan bug atau crash yang mempengaruhi performa sistem operasi hp.

Kebanyakan masalah ini diakibatkan karena aktivitas root hp Android, jadi jangan heran jika hp layar hp Kamu tiba-tiba error dan sulit digerakan.

Adapun untuk mengatasinya Kamu dapat melakukan beberapa langkah mudah di bawah ini.

Restart Hp

Kamu bisa menghidupkan ulang hp Android Kamu, solusi ini bekerja jika disebabkan karena masalah temporary atau sementara saja.

Unroot Hp

Pemberian izin akses khusus memang dapat membuka banyak fitur tersembunyi di hp. Namun, ada konsekuensinya salah satunya sistem hp menjadi tidak stabil.

Silakan Kamu unroot hp Android Kamu untuk mengembalikan kinerja hp seperti semula.

Artikel lainnya tentang cara root hp Asus dengan aplikasi dan tanpa aplikasi sangat mudah dan cepat.

Factory Reset

Factory Reset ini memungkinkan kita memiliki kembali performa hp seperti baru lagi. Jadi lakukan hal ini jika sistem hp sudah mengalami banyak penurunan kinerja.

Nah, sebagai gambarannya berikut tutorial cara reset hp Oppo terbaru untuk semua tipe keluarannya.

Lebih dari itu juga terkadang bug juga datang dari ROM hp, salah satu masalah yang dapat menyebabkan layar hp bergerak sendiri.

Jadi kita memang perlu mengecek satu persatu akar masalahnya karena saling terkait satu dengan lainnya.

cara menghentikan layar hp bergerak sendiri

4. Bersihkan Pelindung Layar

Memasang pelindung layar sentuh pada hp Android Kamu memang dapat menjaga layar tetap mulus dengan proteksi anti gores.

Namun, yang patut diperhatikan adalah cara pemasangan dari Screen Protektor tersebut apakah sudah benar atau asal-asalan.

Sebaiknya sebelum memasang pelindung tersebut, ada baiknya dilakukan pembersihan terlebih dahulu pada area kaca layar.

Hal ini karena layar hp yang kotor dapat menyebabkan layar sentuh hp bergerak-gerak sendiri.

Kamu bisa membersihkannya dengan cairan pembersih khusus perangkat elektronik yang dapat Kamu beli secara online atau di toko terdekat.

Nah, bagaimana jika sudah terlanjur dipasang? Kamu bisa melepasnya dan mengganti pelindung layar hp tersebut dengan yang baru.

Masih ada hubungannya dengan touchscreen ini dia tutorial cara mengatasi layar hp berubah warna kuning dijamin cerah kembali.

cara memperbaiki layar hp bergerak sendiri

5. Bawa ke Tempat Servis Hp

Ini adalah jalan terakhir untuk mengatasi layar hp bergerak atau error yang disebabkan masalah serius seperti kerusakan komponen layar LCD.

Kamu bisa membawa ke tempat servis perbaikan handphone di daerah Kamu, atau jika Kamu bisa mengganti layar LCD hp sendiri akan lebih baik.

Touchscreen rusak dapat disebabkan karena beberapa hal, seperti hp terkena air atau jatuh yang menyebabkan layar hp retak.

Selebihnya masih banyak kerusakan lainnya yang sering menimpa pengguna ponsel pintar terutama pada bagian touchscreen seperti layar hp bergaris, layar berkedip, layar retak, layar hitam atau blank dan lainnya.

Artikel menarik lainnya tentang cara mengatasi layar hp bergaris horizontal dan vertikal warna-warni di smartphone Android lengkap.

Peranan layar sentuh dalam hp Android memang sangat vital, hal ini lantaran operasionalnya sudah tidak menggunakan tombol fisik atau keypad. Alhasil ketika layar hp rusak jadi terganggu dan sangat merepotkan.

Tips singkat seputar cara mengatasi layar hp bergerak sendiri di atas semoga dapat membantu Kamu dalam memperbaiki layar hp Kamu yang rusak atau error.