Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Modem dan Fungsinya Pada Jaringan Komputer (+Contoh)

Modem adalah salah salah satu perangkat keras komputer yang sering digunakan untuk mengakses jaringan internet baik untuk browsing atau lainnya.

Apa yang dimaksud dengan modem?

Pengertian Modem

pengertian modem dan fungsinya
Modem adalah singkatan dari Modulator dan Demodulator yang mana mempunyai pengertian dan fungsinya masing-masing.

Peranan dan fungsi Modulator yang bertindak sebagai penghantar sinyal informasi dari pusat ke pengguna (user). Proses ini lebih dikenal sebagai modulasi yaitu peralihan sinyal digital ke analog.

Terlepas dari itu tugas dan fungsi Demodulator yaitu sebagai penerima sinyal yang merupakan data informasi dari pengirim. Adapun proses ini merupakan pengalihan dari sinyal analog ke digital agar bisa terbaca sempurna di perangkat komputer.

Jika dilihat dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian dari modem adalah salah satu hardware yang berperan sebagai media penghubung jaringan LAN (Local Area Network) ke jaringan internet.

Apa fungsi modem?

Fungsi Modem

fungsi modem pada jaringan komputer
Modem berfungsi sebagai pengubah komunikasi dua arah yaitu dari sinyal digital ke analog atau sebaliknya.

Secara sederhana fungsi dari modem adalah untuk menghubungkan jaringan lokal ke internet.

Adapun fungsi modem secara umum terbagi dalam beberapa poin.
  • Media penghubung komputer atau laptop ke sebuah jaringan internet.
  • Media pengubah sinyal dari digital ke analog atau sebaliknya.
  • Media komunikasi baik lewat sms atau telepon biasa.

Itulah beberapa poin penjelasan terkait fungsi-fungsi modem pada komputer (PC).

Setelah selesai membahas pengertian modem dan fungsinya kita lanjut untuk membahas apa saja jenis-jenis modem pada komputer atau laptop tersebut.

Baca juga ulasan tentang pengertian fup paket internet unlimited beserta trik cara mengatasinya.

Jenis-jenis Modem

jenis-jenis modem komputer
Terdapat beragam macam modem yang beredar secara umumnya, terbagi dalam beberapa jenis berdasarkan media yang digunakannya.

1. Berdasarkan Letak Pemasangannya

pengertian modem internal dan eksternal

Modem Internal

Modem internal adalah modem yang dipasangkan ke dalam komputer berbentuk kartu yang dibenamkan pada slot motherboard. Jenis ini juga lebih dikenal sebagai modem Dial Up dengan akses kecepatannya mencapai 12 - 20 Kbps.

Modem Eksternal

Modem eksternal adalah modem yang penggunaannya secara terpisah atau di luar komputer. Biasanya dalam bentuk perangkat keras yang bisa dihubungkan ke port USB.

Sekilas pengertian modem internal dan eksternal memang tidak jauh berbeda hanya tempat pemasangannya saja yaitu di dalam dan luar komputer.

Kupas apa saja perbedaan bit dan Byte pada komputer beserta penjelasan dan contohnya.

2. Berdasarkan Jaringannya

Modem Kabel

Modem kabel adalah modem yang media utamanya menggunakan sebuah kabel sebagai akses ke jaringan utamanya. Bisa kita temukan dalam bentuk jaringan telepon dan TV kabel. Akses kecepatannya sendiri mencapai 27 Mbps untuk kecepatan download dan 2.5 Mbps kecepatan upload. Produk yang cukup dikenal seperti Indihome untuk akses jaringan WiFi lebih optimal.

Modem Nirkabel

Modem nirkabel atau modem tanpa kabel adalah modem yang tidak memerlukan kabel sebagai media perantaranya. Modem seperti ini terbagi dalam beberapa jenis contohnya seperti modem GSM, CDMA, dan lainnya.

i. Modem CDMA

Modem Wireless (Nirkabel) yang dapat beroperasi di jaringan CDMA dengan lebih dari satu sinyal dalam saluran transmisi tunggal yang sama. Alhasil penggunaan bandwith jadi lebih maksimal.

Akses jaringan modem CDMA lebih optimal karena penggunaan spektrum yang penuh, selain itu tidak adanya patokan frekuensi terhadap setiap penggunanya menjadikan lebih maksimal. Di sisi lainnya untuk akses data dan jalur komunikasi seluler juga terpisah yang membuat sambungan jaringan lebih stabil. Produk modem CDMA seperti Modem Smartfren adalah salah satu contohnya.

ii. Modem GSM

Modem GSM ini menggunakan saluran TDMA dengan bantuan kartu sim GSM yang sudah banyak tersebar. Pemakaiannya cukup mudah pengguna tinggal mengisi pulsa untuk membeli paket data agar dapat terhubung ke internet. Modem jenis ini banyak dipakai karena memiliki jaringan yang luas.

Beberapa jenis produk modem GSM seperti Modem Telkomsel, Modem Huawei, Modem Bolt. Perkembangan jaringan seluler yang semakin pesat memungkinkan akses kecepatan modem lebih cepat dan stabil dengan jaringan 3G, 4G LTE, dan 5G.

Beberapa jenis lainya seperti Modem HSDPA dan HSUPA adalah modem dengan spesifikasi yang sama, modem jenis-jenis ini sangat rentan terhadap perubahan cuaca.

Modem ADSL

symetric Digital Subscribe Line merupakan salah satu modem yang menggunakan telepon sebagai akses internetnya. Biasanya modem ini sudah dilengkapi dengan splitter guna mendukung jaringan internet dan telepon secara bersamaan.

Jenis lainnya seperti Modem SSL (Symmetric Digital Subscriber Line) yang memiliki kecepatan upload dan download yang sama. Tentunya hal tersebut berbeda dari ADSL yang mempunyai kecepatan download file lebih kencang dari uploadnya.

Modem ISDN

Integrated Services Digital Network salah satu modem yang sudah terintegrasi terpisah dengan cakupan jaringan yang lebih luas dengan berbagai layanan data, gambar, dan suara.

Selesai sudah pembahasan tentang pengertian modem dan jenis-jenisnya, selanjutnya kita ulas untuk cara kerja modem komputer tersebut.

Bagaimana cara kerja dari modem?

Cara Kerja Modem

cara kerja perangkat modem
Prinsip kerja modem secara garis besar yaitu mengubah data digital komputer menjadi sinyal analog yang akan dikirim ke jaringan lainnya seperti radio atau telepon, setelah itu data tersebut akan diolah kembali oleh modem menjadi data digital agar komputer bisa terhubung ke jaringan internet.

Artikel menarik lainnya tentang pengertian wireless dan cara kerjanya hingga kelebihan dan kekurangannya lengkap.

Jika dilihat cara kerja perangkat modem pada komputer memang sangat simpel dan pastinya dengan perangkat ini kita bisa terhubung secara online antara komputer satu dengan yang lainnya.

Bedasarkan uraian di atas pengertian dan fungsi modem pada jaringan komputer memang cukup kompleks sebagai penunjang utama untuk akses internet.

Penjelasan tentang pengertian modem dan fungsi modem serta cara kerja modem pada jaringan komputer tersebut dapat menjadi refrensi Kamu dalam memilih jenis-jenis modem yang ada di pasaran dengan segala kelebihan atau kekurangannya.
semutimut.com Hello my friends