Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Akun Wattpad Secara Permanen / Sementara (Work)

Banyak pengguna yang ingin menutup akun Wattpad miliknya, hal ini didasari oleh beberapa alasan salah satunya karena lupa password (kata sandi). Oleh sebab itu menghapus akun Wattpad secara permanen menjadi pilihan terbaik untuk dilakukan.

Lebih dari itu banyaknya aksi pembajakan novel di Wattpad membuat penulis geram yang akhirnya banyak yang melakukan report untuk menghapus akun Wattpad orang lain khususnya oknum tersebut.

Tindakan penghapusan akun Wattpad secara permanen atau selamanya tentu saja bisa dilakukan baik untuk akun baru atau akun Wattpad yang lama.

Selain karena hal di atas banyak dari pengguna yang kehilangan akses ke Google Smart Lock. Masalah tersebut membuat kita sebagai pengguna berniat untuk mengamankan akun milik kita dengan cara menonaktifkan akun Wattpad sendiri selamanya.

Cara Menghapus Akun Wattpad Secara Permanen untuk Selamanya

cara menghapus akun wattpad secara permanen

Kamu bisa mematikan akun Wattpad di hp Android melalui aplikasi Wattpad atau bisa juga lewat komputer (PC) melalui situs resminya.

Terlepas dari itu semua tindakan ini akan menghapus data akun Wattpad pengguna secara keseluruhan, oleh karena itu sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum menghapus akun Wattpad tersebut.

Beberapa Data Akun Wattpad yang Dihapus

  • Nama pengguna (username)
  • Daftar baca novel (Perpustakaan).
  • Komentar pengguna.
  • Pesan pribadi atau publik.
  • Cerita atau novel yang sudah Kamu tulis artinya Kamu tidak bisa lagi membaca cerita Wattpad yang sudah dihapus akunnya.

Adapun tahapan sebelum menghapus akun Wattpad tersebut, Kamu harus mencatat username Wattpad Kamu terlebih dahulu berikut panduannya.

cara menghapus akun wattpad sendiri

Cara Melihat Username Akun Wattpad

  1. Silakan Kamu login ke akun Wattpad melalui gmail atau facebook.
  2. Klik logo profile Wattpad Kamu lalu buka dropdown menunya.
  3. Pilih opsi My Profile untuk membuka halaman pengguna saya.
  4. Tunggu beberapa saat sampai laman profile selesai dimuat.
  5. Terakhir Kamu arahkan kursor ke kolom url browser yang mana itu adalah alamat profile Wattpad Kamu. Kurang lebih seperti ini alamatnya: https://www.wattpad.com/user/dewaardiansyah
  6. Salin link akun Wattpad Kamu ke notepad atau lainnya.

Langkah ini wajib Kamu lakukan untuk mengecek keberadaan akun Wattpad Kamu sudah terhapus atau belum di Wattpad.

Langkah-langkah Menghapus Akun Wattpad di Hp atau PC

cara menghapus akun wattpad lupa password

1. Silakan Kamu masuk ke akun Wattpad Kamu terlebih darhulu melalui laman login Wattpad di https://www.wattpad.com/login

Langsung saja Kamu masukkan username atau alamat email beserta password atau Kamu juga bisa login menggunakan akun Google milik Kamu.

2. Setelah berhasil masuk ke akun Wattpad tersebut, silakan Kamu buka link berikut hapus akun Wattpad.

3. Pada laman tersebut biasanya kita diharuskan mengisi beberapa opsi dan alasan kenapa akun Wattpad Kamu mau dihapus baik secara permanen atau sementara.

Berikut beberapa opsi yang harus Kamu penuhi.

  • Tell us why you're leaving: Pilih salah satu opsi sesuai alasan Kamu. Di sini saya memilih I have a problem with my account.
  • What could we have done to make your Wattpad experience better? Di kolom ini Kamu dapat memasukkan saran atau masukkan agar layanan Wattpad menjadi lebih baik lagi ke depannya.

4. Jangan lupa centang opsi Yes, I'm sure. Please close my account.

5. Masukkan kembali password atau kata sandi akun Wattpad Kamu untuk konfirmasinya di kolom Confirm your password.

6. Terakhir Kamu tekan tombol Close Account untuk menutup akun Wattpad Kamu.

Kamu bisa menghapus akun Wattpad di hp Android atau iOS iPhone dengan cara yang sama, karena kita mengaksesnya melalui aplikasi browser.

Tahapan selanjutnya Kamu harus mengecek keberadaan akun Wattpad tersebut, apakah sudah dihapus atau dinonaktifkan apa belum.

Tips lainnya terkait cara menghapus akun Facebook sendiri secara permanen atau sementara itu mudah.

Cara Mengecek Akun Wattpad Masih Aktif atau Nonaktif

cara menghapus akun wattpad orang lain

1. Silakan Kamu buka kembali url alamat profile akun Wattpad tersebut yang sebelumnya sudah Kamu catat sebelumnya.

2. Masukkan saja ke kolom url browser lalu tekan tombol Enter untuk membuka halaman profile pengguna Wattpad.

3. Jika akun Wattpad sudah dihapus biasanya akan keluar notifikasi Wattpad yang memberitahukan bahwa profile atau pengguna sudah tidak ditemukan lagi (User not found. This user no longer exists, or is only visible to a selected audience).

4. Pemberitahuan tersebut menandakan bahwa akun Wattpad sudah tidak aktif lagi.

Sampai di sini Kamu sudah berhasil menutup akun Wattpad Kamu untuk selamanya, tetapi jika Kamu ingin membukanya lagi dikemudian hari juga bisa.

Artikel lainnya tentang cara membuka akun Facebook yang lupa password dengan mudah.

Hal ini sangat memungkinkan karena pihak Wattpad sendiri telah memberitahukannya. Kamu bisa menghapus akun Wattpad sementara waktu atau secara permanen selamanya dengan cara tidak login kembali ke akun tersebut.

Peraturan tersebut memang sudah banyak diterapkan di media sosial seperti Facebook atau lainnya yang menerapkan hal yang sama.

Melalui metode ini juga Kamu dapat menghilangkan notifikasi Wattpad di hp Android yang sering muncul dengan sangat mudah.

Adapun untuk menghapus akun Wattpad orang lain hanya bisa dilakukan jika akun tersebut terbukti melanggar peraturan dan kebijakan dari Wattpad.

Khusus buat yang belum memiliki akun Wattpad ini dia trik cara daftar Wattpad tanpa email yang bisa Kamu coba.

Laman dukungan Wattpad adalah bukti bahwa Wattpad memperhatikan penggunanya, Kamu bisa melaporkan akun yang diduga menjiplak karya tulis Kamu atau terkait pelanggaran lainnya. Melalui laman dukungan ini juga Kamu dapat meminta pihak Wattpad untuk menghapus akun Wattpad lupa password yang sulit untuk dinonaktifkan.

Biasanya hukuman atau sanksi diberikan adalah penghapusan konten atau cerita novel hingga akun Wattpad yang diblokir oleh Wattpad.

Tutorial cara menghapus akun Wattpad secara permanen atau sementara di hp android dan pc windows tersebut semoga dapat membantu Kamu dalam menutup akun Wattpad untuk selamanya.