Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperkecil Ukuran File Powerpoint (ppt) di Hp & Laptop

Bagaimana cara memperkecil ukuran file PowerPoint? Buat Kamu yang kebingungan untuk mengecilkan size file PPT secara online atau offline, Kamu dapat menyimak ulasan ini. Mengurangi atau mereduce ukuran file PowerPoint dapat meringankan dan mempercepat proses upload saat mengirimkan file PPT lewat email.

Saat kita mengupload file PPT kita ke email dengan ukuran yang besar pastinya akan sangat lama lebih lagi jika koneksi jaringan lemot. Oleh karena itu kita perlu mengkompres file PowerPoint tersebut sebelum mengirimkannya atau share ke teman secara daring.

Memperkecil ukuran file PowerPoint bisa Kamu lakukan dengan cara mengurangi kualitas gambar atau image, karena untuk tulisan atau teks sendiri masih belum bisa maksimal. Mengubah format gambar ke format lainnya yang lebih ringan dapat Kamu lakukan di Microsoft PowerPoint tersebut.

Langsung saja berikut tutorial mengecilkan file PowerPoint secara online dan offline.

Cara Memperkecil Ukuran File PowerPoint

Cara Memperkecil Ukuran File Powerpoint di Laptop
Dalam panduan ini Kamu dapat mengurangi ukuran file PowerPoint dengan mudah dan cepat, melalui beberapa tips sebagai berikut.

1. Memperkecil File PowerPoint Secara Online

Kamu dapat memanfaatkan layanan kompres file PPT melalui beberapa situs penyedia jasa kompres file tersebut untuk mengecilkan file PPT secara signifikan.

Langkah-langkah Mengecilkan File PPT Online

1. Silakan Kamu buka situs kompres file ppt online pada link berikut wecompress.com

2. Jika sudah, biasanya kita akan dihadapkan dengan laman utamanya, kurang lebih seperti gambar di bawah ini. Nah, untuk mulai mengkompres file PowerPoint Kamu seret dan tahan file dari komputer Kamu ke situs tersebut tepat di tanda plus.
cara mengecilkan ukuran file ppt online
Kamu juga bisa Klik Tanda Plus untuk membuka tempat penyimpanan file PPT tersebut dan mengunggahnya ke Wecompress.

3. Biasanya setelah selesai proses upload, file akan otomatis terkompres dengan sendirinya Kamu tinggal menunggu saja sampai selesai.
cara mengurangi size file powerpoint
Nah, untuk mengunduhnya Kamu dapat menekan tombol Download untuk menyimpannya ke laptop dan Hp Android Kamu.

Salah satu kelebihan dari situs kompres file ini yaitu hasilnya yang memuaskan, file jauh lebih berkurang hingga 50 persen lebih. Dalam gambar di atas dapat kita amati bersama bahwa ukuran file PPT yang semula 724 KB susut menjadi 253 KB saja.

Menurut saya ini adalah metode paling praktis yang bisa Kamu lakukan, karena kita dapat memperkecil ukuran file PowerPoint di Hp Android tanpa lagi harus repot-repot menggunakan laptop atau PC.

2. Memperkecil File PowerPoint Secara Offline

Alternatif lainnya untuk mengkompres file PPT tersebut yaitu dengan mengurangi ukuran gambar pendukung pada slide presentasi PowerPoint yang digunakan.

I. Kompres Gambar

Mengurangi ukuran gambar atau foto pada slide presentasi PowerPoint ternyata dapat mengecilkan size PPT tersebut adapun untuk langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Silakan Kamu klik gambar atau foto pada slide presentasi tersebut (Nomor 1), Jika sudah Kamu masuk ke tab Format untu membuka pengaturan gambar tersebut.
cara memperkecil ukuran file powerpoint 2016
2. Pilih pada bagian Compress Pictures untuk mengurangi ukuran gambar pada slide PowerPoint.
cara memperkecil ukuran file power point
3. Setelah itu biasanya akan muncul menu pop up Compress Pictures, pada bagian Compression Options: Kamu pilih saja keduanya dengan memberikan ceklist pada opsi Apply only to this picture dan Delete cropped areas of pictures.

4. Lanjut pada bagian Resolution: Kamu pilih Email (96 ppi): minimize document size for sharing lalu terakhir klik OK.

Hasil kompres file PowerPoint menggunakan metode ini cukup memuaskan dengan penurunan size file PPT yang besar.

II. Kecilkan Resolusi Bawaan Slide

Nah, ini adalah tahapan lanjutan dari metode di atas. Bedanya jika ini mengubah semua ukuran resolusi pada slide PPT tersebut.

1. Buka tab menu File pada Microsoft PowerPoint Kamu.
cara memperkecil ukuran file pppt 2013
2. Jika sudah terbuka silakan Kamu pilih pada bagian Options di bagian paling bawah.
cara mengecilkan ukuran file power point
3. Pada bagian PowerPoint Options buka tab Advanced untuk membuka pengaturan lanjutan slide PowerPoint.
cara memperkecil ukuran file powerpoint 2007
4. Nah, Kamu cari pada kategori Image Size and Quality khususnya pada bagian Default resolution ubah dari High fidelity ke 96 ppi untuk resolusi paling rendah. Terakhir Kamu simpan pengaturan dengan klik tombol OK.

Dengan pengaturan default ini Kamu dapat menghemat size file PowerPoint, lantaran untuk resolusi tiap slide sudah diminimalisirkan. Pada pengaturan ini Kamu juga dapat mengubah font default Microsoft PowerPoint.

III. Kurangi Resolusi Gambar

Nah, ini ada lagi alternatif memperkecil ukuran gambar di slide PowerPoint lainnya yang bisa Kamu ikuti. Metode ini sangat mudah dilakukan, hanya membutuhkan beberapa klik saja.

1. Kamu buka lagi tab menu File untuk menyimpan file PPT tersebut.
cara memperkecil ukuran file powerpoint
2. Masuk pada bagian Save As lalu klik Browse untuk membuka berkas tempat penyimpanan file.
cara memperkecil ukuran file powerpoint 2010
Nah, pada bagian pop up Save As Kamu klik menu dropdown Tools lalu pilih Compress Pictures.

3. Setelah itu akan muncul lagi pop up tentang pengaturan kompres gambar tersebut, Kamu centang saja Delete Cropped areas of pictures pada bagian Compression options.
cara memperkecil ukuran file ppt online
Nah, untuk bagian Resolution: Kamu pilih E-mail (96 ppi): minimize document size for sharing lalu OK. Jangan lupa untuk menyimpan file kompres PPT tersebut dengan klik tombol Save.

IV. Buat Link File

Salah satu cara menurunkan ukuran file PowerPoint yang sangat baik yaitu dengan membuat sebuah link ke luar atau tautan eksternal ke ke website atau file yang berukuran besar. Misalnya saja jika kita ingin menyematkan atau memasukkan video di slide presentasi PowerPoint, pastinya untuk ukuran file PPT tersebut akan membengkak atau besar.

cara memperkecil ukuran file powerpoint dengan winrar

Oleh karena itu kita bisa menyiasatinya dengan cara membuat hyperlink di slide PowerPoint, link aktif ini dapat membantu kita dalam menghemat size file PPT agar lebih kecil dan ringan untuk dibagikan secara online.

Nah, untuk jenis file Kamu dapat menautkannya dengan cara membuat tempat penyimpanannya file terlebih dahulu. Kamu dapat menaruh file di cloud storage menggunakan Google Drive dan Mega. Silakan Kamu upload file tersebut kemudian salin link file dan Kamu tempelkan ke slide PowerPoint.

Nah, untuk menjalankan kita memang harus selalu terhubung ke internet untuk membuka video atau file yang sudah kita hubungkan di slide presentasi tersebut.

V. Kompres File PPT dengan WinRAR

Cara mengkompres file PowerPoint menggunakan WinRAR ternyata dapat membantu mengurangi ukuran file PPT, Kamu dapat mengecilkannya hanya dengan beberapa langkah sederhana berikut.

Langkah-langkah Kompres File PowerPoint dengan WinRAR

1. Kamu pilih file PPT yang ingin dikurangi ukurannya, dengan cara Klik Kanan kemudian pilih Add to Archive untuk memasukkan file tersebut ke dalam program WinRAR.
cara memperkecil ukuran file powerpoint 2013
2. Pada pop up Archive name and parameters Kamu pilih tab General, kemudian masuk ke kategori Compression method pilih saja Best.
cara kompres file powerpoint
Nah, untuk menentukan lokasi penyimpanannya Kamu buka Browse lalu tentukan di mana file hasil kompresan akan disimpan, terakhir Kamu tekan tombol Save untuk menyimpannya.

Baca Juga: Cara Kompres File PDF Menjadi 200kb

Hasil menggunakan teknik ini cukup memuaskan, file PPT berkurang ukurannya dengan selisih yang lumayan besar.

Baca Juga: Cara Mengubah Ukuran Inchi ke CM di Microsoft Word

Tutorial cara mengecilkan ukuran file PPT online atau offline menggunakan WinRAR yang dapat kita lakukan di laptop dan Hp Android. Kompres file PowerPoint ini sering dilakukan untuk memperkecil size PPT agar mudah saat mengirim file PPT lewat gmail atau WA.