Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Suara Headset Kecil Sebelah di Hp Android

Headshet atau Earphone mungkin sudah tidak asing lagi menempel di telinga kita, fungsinya yang beragam baik untuk bertelepon atau hanya sekedar mendengarkan musik (mp3) dari hp. Namun, bagaimana jadinya jika speaker eksternal ini mengalami kerusakan? Misalnya saja suara headset kecil dan tidak jelas.

Pastinya hal tersebut sangat mengganggu bukan, apalagi kita tahu bahwa tadinya headphone atau headset tersebut masih normal (nyaring). Kebanyakan masalahnya seperti suara headset kecil sebelah kiri atau kanan hingga hilang dan tidak keluar bunyi sama sekali (mati) memang sering terjadi pada hp Android.

Suara headset yang mengecil dengan sendirinya, bisa disebabkan dari banyak faktor mulai dari sistem pengaturan audio hp yang tidak tepat dan mengakibatkan salah satu jenis suara menghilang seperti vokal, bass, dan treble.

Hingga faktor kerusakan dari hardware atau komponen headset tersebut, seperti kabel putus atau konektor yang kurang kencang.

Adapun cara untuk memperbesar suara headset yang kecil tersebut, kita bisa memperbaikinya dengan beberapa langkah mudah di bawah ini.

Namun, sebelumnya ada beberapa hal yang menyebabkan suara headset hp kecil atau kurang jelas.

Kenapa suara headset tidak jelas alias kecil?

Penyebab Suara Headset Kecil

Sebab-sebab kerusakan pada headset datang dari hal-hal berikut.

  1. Kabel dalam headset putus.
  2. Konektor dan port headset rusak karena kotor atau longgar.
  3. Pengaturan atau setelan audio speaker hp yang kurang pas.

Nah, buat yang penasaran bagaimana cara untuk mengatasinya berikut ulasannya.

Cara Mengatasi Suara Headset Kecil

cara mengatasi suara headset kecil
Suara headset kecil ini bukan disebabkan karena kita lupa memperbesar volume speaker di hp ya, melainkan memang diakibatkan dari kerusakan atau kesalahan pengaturan sistem audio.

Metode ini bisa Kamu gunakan untuk semua merk hp Android seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, Realme, Advan, Lenovo, dan lainnya. Nah, untuk iPhone sendiri juga bisa mengikutinya.

Langkah-langkah Mengatasi Suara Headset Hp Kecil


bunyi suara headset hp kecil

1. Putar Konektor Headset

Pemasalahan ini adalah yang paling banyak dialami karena terkadang saat kita memasang jack ke port audio hp ada beberapa hal aneh seperti suara naik turun sendiri.

Adapun untuk mengatasinya kita biasanya memutar jack tersebut secara perlahan, selain itu kita juga menekan sedikit ke dalam agar suara yang dihasilkan keras.

Dari hal tersebut memang secara teknis bisa memperbaiki masalah suara headset yang kurang keras.

Hal ini dikarenakan jalur kabel konektor hampir putus, alhasil ketika kita memutar konektor pada posisi tertentu suara yang dihasilkan begitu jelas lantaran ada kabel yang tersambung lagi.

Nah, ini dia solusi yang dapat Kamu baca juga dalam cara memperbaiki port headset hp rusak dengan beberapa trik sederhana yang bisa Kamu ikuti secara mudah.

penyebab suara headset kecil

2. Sambung Kabel Headset

Masalah berikutnya mungkin jarang terjadi tapi bisa menurunkan kualitas suara yang dihasilkan oleh headset.

Headset berjenis kabel patut diakui memang sedikit merepotkan atau ribet, hal ini lantaran kabel headset yang sering mengganggu.

Oleh karena itu tidak heran jika kabel sering kertarik-tarik yang membuat kabel dalaman headset putus atau sobek.

Alhasil suara headset menjadi kecil, bukan hanya sebelah kiri atau kanan saja terkadang malah keduanya.

Selain itu resiko kabel headset tertekuk juga dapat memutuskan tembaga kabel yang notabennya memiliki ukuran yang kecil.

Namun, semuanya dapat Kamu perbaiki dengan cara menyambungkan kembali tembaga kabel berwarna tersebut sesuai dengan jenis dan warnanya.

Kamu bisa mengencangkannya dengan menggunakan selotip atau perekat lainnya.

Saran saja sih sebaiknya kabel headset diatur panjangnya dengan cara menggulung kabel tersebut agar tidak mengganggu saat digunakan.

suara headset kecil sebelah

3. Ganti Headset Baru

Ini adalah opsi terakhir yang bisa Kamu pilih, terutama jika kerusakan headset tersebut sudah tidak bisa diperbaiki.

Silakan Kamu periksa terlebih dahulu sebelum membeli headset baru, dengan cara mencoba headset lainnya. Coba Kamu test apakah headset bunyi atau tidak, jika bunyi berarti kerusakan memang ada pada headset tersebut.

Adapun hal yang harus diperhatikan ketika membeli headset baru adalah ukuran jack headset tersebut, silakan Kamu cari yang sesuai dengan port audio hp atau smartphone Kamu.

Usahakan pilih yang pas, karena kalau terlalu kecil konektor akan longgar dan suara headset tidak maksimal.

Namun, buat Kamu yang tidak mau ribet Kamu bisa memakai headset bluetooth. Headset tanpa kabel ini sangat nyaman digunakan dan tidak mengganggu seperti halnya headset kabel.

Beragam fungsi tombol Alt di keyboard PC atau laptop yang dapat membantu Kamu mengerjakan tugas atau hanya sekedar pemakaian rutin harian saja.

4. Aplikasi Pengaturan Audio

Alternatif lainnya untuk memperbesar suara headset hp yang kecil, Kamu bisa mencoba mengunduh dan menginstal aplikasi audio di smartphone Android Kamu melalui layanan Google Play Store.

Beberapa apk audio yang dapat Kamu coba gunakan sebagai berikut.

suara headset hp kecil

MX Player

Bukan hanya untuk mendengarkan musik saja, suara atau audio juga dibutuhkan dalam sebuah file video.

Maka dari itu Kamu perlu memakai aplikasi video player untuk mengatasi suara headset yang kurang jelas. Pasalnya untuk aplikasi bawaan hp terkadang kurang lengkap fiturnya.

Nah, pada aplikasi MX Player ini terdapat fitur Dekoder SW yang memungkinka Kamu mengatur volume suara audio hp lebih kencang atau keras dari biasanya.

Adapun tutorialnya Kamu buka aplikasi MX Player kemudian masuk ke menu Pengaturan dan aktifkan Dekoder. Terakhir Kamu gulir ke bawah pilih Audio SW dan jangan lupa untuk ceklis atau memberi tanda centang pada opsi tersebut.

Adapun untuk mengetahui hasilnya Kamu dapat melakukan test langsung dengan memutar file video dan atur volumenya. Sekarang Kamu besarkan maka hasilnya suaranya akan lebih keras dari biasanya atau normalnya.

Bacaan menarik lainnya tentang cara mengatasi layar hp yang bergerak sendiri naik turun yang dapat Kamu coba sekarang.

suara headset kecil di android

Equalizer

Aplikasi pengatur audio hp yang bisa Kamu gunakan untuk membantu memperbesar suara headset hp yang mengecil yaitu apk Equalizer.

Aplikasi ini memiliki kelengkapan fitur pengaturan audio yang memadai dan dapat diandalkan untuk membuat suara headset hp lebih keras.

Hal ini cukup membantu ketika di hp Android Kamu tidak tersedia fitur penyetelan audio lanjutan, seperti setelan audio balance.

Audio balance ini berguna buat menyeimbangkan suara headset sebelah kanan atau kiri agar sama (stereo).

Adapun aplikasi untuk memperbesar suara headset hp Android Kamu lainnya yaitu seperti Volume Booster GODEV dan Bass Booster.

Solusi untuk aplikasi tidak terpasang di hp Android dijamin dapat Kamu instal dan buka segera.

Dari beberapa metode di atas untuk memperbaiki masalah volume headset kecil sebelah kiri atau kanan hingga kedua sisinya semoga dapat membantu Kamu mengembalikan lagi suara headset tersebut.

Terlepas dari itu semua sebaiknya headset juga dirawat dengan cara menyimpannya di tempat yang kering, agar kualitas suara headset tetap terjaga.

Artikel menarik lainnya seputar cara mengatasi speaker hp terkena air agar bunyi kembali tanpa kemresek.

Karena jika headset kemasukan air terutama pada bagian speakernya akan mengurangi kualitas suara yang dihasilkan.

Satu lagi headset sebaiknya jangan sampai jatuh atau kebentur, pasalnya terkadang ada beberapa komponen yang terlepas dan menyebabkan headset rusak atau mati.